invisible hit counter

Follow US

Waspadai Ciri Ciri Jantung Lemah dan Penyebabnya Sejak Dini

Waspadai Ciri Ciri Jantung Lemah dan Penyebabnya Sejak DiniMewaspadai ciri ciri jantung lemah sejak dini adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah terjadinya penyakit jantung yang lebih parah. Pasalnya jika Anda sudah mengetahui ciri-ciri penyakitnya sejak awal, Anda pasti bisa melakukan langkah pencegahan sejak dini. Misalnya dengan mengonsumsi obat dokter atau obat-obatan herbal yang bisa memulihkan kesehatan jantung Anda. Mengingat penyakit jantung adalah salah satu penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Tidak peduli apakah pria atau wanita, anak-anak atau dewasa, semuanya berisiko mengalami sakit jantung apabila tidak menjaga kesehatan dengan baik.

Secara umum lemah jantung ini adalah sebuah kondisi di mana fungsi jantung sudah tidak bekerja secara normal lagi. Jadi bisa dikatakan jantung sudah kehilangan kemampuan normalnya. Penyebab jantung lemah juga berbeda-beda dan terkadang tidak sama pada setiap individu. Yang jelas jika Anda tidak bisa mendeteksi ciri ciri penderita jantung lemah sejak awal, bisa saja penyakit ini menjadi semakin parah. Semakin lama sakit jantung Anda bisa menggerogoti kesehatan Anda dan bisa berisiko kematian.

Mari Mengenal Ciri Ciri Jantung Lemah Sejak Awal

Jantung memang diciptakan Tuhan dengan sebuah otot khusus yang bergantung pada kemampuan tekanan darah di dalam tubuh. Otot jantung ini berbeda dengan jenis otot lainnya di dalam tubuh, di mana biasanya semakin besar otot justru semakin bagus. Sedangkan untuk otot jantung sendiri, jika ukurannya semakin membesar kemampuan jantung justru akan menurun. Hal itu akan membuat jantung tidak bisa melakukan tugasnya secara normal, yaitu untuk memompa darah. Lalu apa saja ciri ciri penderita jantung lemah?

  1. Sering Merasa Sesak Napas

Jantung memang menjadi organ yang sangat vital di dalam tubuh. Oleh karena itu ketika fungsinya sudah tidak normal lagi, salah satu masalah berbahaya adalah darah yang memasok oksigen dari paru-paru ke jantung akan kembali lagi ke pembuluh darah. Itulah yang kemudian membuat penderita jantung lemah sering mengalami sesak napas. Ciri ciri jantung lemah ini biasanya akan muncul ketika seorang penderita sedang melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang melelahkan. Bahkan kondisi ini bisa memburuk ketika penderita sedang tidur. Akibat dari gejala yang satu ini adalah tubuh bisa terasa lemah dan perasaan tidak tenang.

  1. Lebih Mudah Lelah

Jika Anda merasa sangat mudah lelah saat melakukan aktivitas sehari-hari terutama aktivitas berat, mungkin ada masalah pada jantung Anda. Pasalnya saat jantung tidak lagi berfungsi secara normal, maka jantung tidak bisa lagi memompa darah secara cukup untuk menyuplai darah ke seluruh tubuh. Termasuk suplai darah ke otak dan anggota-anggota tubuh penting lainnya. Penyebab jantung lemah yang satu ini bahkan bisa terjadi saat seorang penderita melakukan aktivitas yang bisa dibilang normal-normal saja. Misalnya naik turun tangga atau membawa beban berat.

  1. Mengalami Batuk Kronis

Ciri ciri jantung lemah yang selanjutnya adalah penderita bisa mengalami batuk kronis. Batuk yang dialami oleh penderita jantung lemah biasanya lebih parah dari kondisi batuk biasa. Misalnya seperti saat sedang flu atau gejala-gejala penyakit ringan lainnya. Batuk kronis ini diakibatkan karena adanya penumpukan cairan di dalam paru-paru. Sehingga batuknya akan semakin sulit untuk disembuhkan. Batuk kronis pada penderita lemah jantung sering bercampur dahak yang terkadang juga bercampur darah.

  1. Denyut Jantung Tidak Teratur

Penderita jantung lemah biasanya juga mengalami denyut jantung yang tidak teratur. Jika diukur denyut jantungnya, pasti akan terasa perbedaan dengan orang normal. Jantung bisa mempercepat denyutannya untuk mengusahakan memompa darah ke seluruh tubuh. Hal itu dikarenakan dengan denyutan normal jantung sudah tidak mampu lagi memompa darah ke seluruh tubuh. Oleh karena itu ciri ciri penderita jantung lemah biasanya akan sering merasakan jantungnya berdebar-debar dan denyutnya tidak teratur.

  1. Napsu Makan Berkurang

Jika napsu makan Anda berkurang secara tiba-tiba, Anda harus mewaspadai hal tersebut dan mungkin Anda bisa langsung memeriksakan diri ke dokter. Jantung yang terganggu bisa menyebabkan suplai darah sehat ke sistem pencernaan dan hati terganggu. Oleh karena itu terkadang akan muncul rasa mual atau bahkan merasa kenyang ketika belum makan. Berkurangnya napsu makan ini bisa menimbulkan ciri ciri jantung lemah yang lain, yaitu berat badan yang menyusut.

  1. Penumpukan Cairan di Dalam Tubuh

Penumpukan cairan di dalam tubuh penderita lemah jantung bisa menimbulkan pembengkakkan. Hal ini dikarenakan aliran darah ke ginjal menjadi terganggu. Di mana fungsi utama ginjal adalah untuk memproduksi hormon untuk menyimpan garam dan air di dalam tubuh. Pembengakkan ini juga dikenal dengan edema. Biasanya jika kondisinya sudah mulai parah, penderita akan mengalami pembengkkakan di area kaki dan pergelangan tangan.

Penyebab Jantung Lemah yang Biasa Terjadi

Bukan hanya ciri ciri jantung lemah saja yang perlu Anda pahami, namun Anda juga harus tahu apa saja penyebab penyakit yang satu ini. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa menjadi lebih waspada dan bisa menjaga kesehatan supaya tidak terkena penyakit jantung. Secara umum jantung lemah bisa disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik. Biasanya ada salah seorang anggota keluarga seperti orang tua atau kakek-nenek yang punya riwayat penyakit jantung. Jika demikian, Anda cukup berisiko mengalami jantung lemah.

Kondisi jantung yang tidak prima juga bisa menjadi salah satu penyebab jantung lemah. Biasanya kondisi jantung yang terganggu itu disebabkan oleh kurangnya suplai oksigen akibat penyumbatan pembuluh darah. Hal ini sangat berbahaya karena bisa mematikan jaringan otot jantung. Proses pemompaan darah ke seluruh tubuh pun akan terganggu dan akhirnya akan muncul ciri ciri penderita jantung lemah seperti yang tadi sudah kami sebutkan. Darah juga sangat berpengaruh terhadap kinerja jantung. Oleh karena itu usahakan jangan sampai terkena masalah-masalah pada darah seperti hipertensi atau hipotensi. Gangguan tersebut bisa memengaruhi kualitas kerja jantung.

Lalu jika sudah terlanjur mengalami ciri ciri jantung lemah, hal apa yang harus dilakukan? Langkah pencegahan supaya jantung lemah tidak semakin parah atau supaya Anda tidak mengalami penyakit jantung lemah ini cukup mudah. Pertama, rutinlah melakukan olahraga meskipun hanya olahraga ringan. Contohnya seperti senam aerobik, berjalan kaki, lari santai, dan sebagainya. Hentikan juga kebiasaan merokok atau minimal kurangi porsi rokok Anda setiap hari atau setiap minggunya. Selain itu segera lakukan diet jika merasa berat badan Anda berlebihan dan kurang ideal. Kurangi konsumsi lemak dan atur pola makan dengan baik.

Dengan mengetahui berbagai macam ciri ciri jantung lemah, penyebabnya dan cara mencegahnya, Anda bisa lebih waspada terhadap penyakit tersebut. Kesimpulannya Anda harus bisa selalu menjaga kesehatan tubuh terutama kesehatan organ vital seperti jantung dan organ-organ lainnya. Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *