invisible hit counter

Follow US

Tips Supaya Bisa Melahirkan Normal Tanpa Jahitan dan Berkurang Rasa Sakitnya

melahirkan normal tanpa jahitanMelahirkan normal tanpa jahitan mungkin menjadi impian bagi semua wanita hamil. Pasalnya ketimbang melahirkan secara caesar atau dengan jalan operasi, proses melahirkan normal dinilai lebih memuaskan secara batin. Oleh karena itu berbagai cara dilakukan oleh para wanita hamil supaya kandungannya tetap sehat sampai hari H tiba, dan melahirkan secara normal. Namun demikian yang biasanya menjadi masalah dalam proses lahiran normal adalah rasa sakit dan jahitan. Tapi mungkin di zaman yang teknologi medisnya semakin modern ini, rasa sakit saat melahirkan sudah bisa diminimalisir.

Bagi Anda yang ingin melahirkan secara normal, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebelum hari H tiba. Mulai dari persiapan secara mental dan secara fisik. Biasanya seorang ibu hamil yang sudah hampir lahiran disarankan untuk mengonsumsi makanan-makanan tertentu. Atau ada juga yang justru melakukan senam yang dikenal dengan senam kegel. Di mana gerakan-gerakan senam tersebut bertujuan untuk melenturkan otot-otot yang nantinya digunakan selama melahirkan, dan mendorong bayi supaya berada di jalan lahir. Bahkan saat ini ada juga hypnobirthing atau melahirkan dengan metode hipnosis yang katanya bisa mengurangi rasa sakit. Supaya tidak banyak timbul pertanyaan di benak Anda, simak penjelasan kami berikut ini.

Hal-Hal yang Perlu Dilakukan Supaya Bisa Melahirkan Normal Tanpa Jahitan

Sebelum mendekati proses persalinan, ada baiknya Anda menyiapkan semuanya secara matang. Jadi ketika hari H datang secara tiba-tiba, Anda sudah tidak perlu repot lagi. Pasalnya banyak kejadian di mana ada seorang ibu yang sudah ingin “brojol”, tapi belum ada pihak yang menangani karena kurangnya persiapan. Lalu hal-hal apa saja yang sebenarnya perlu dipersiapkan? Mungkin beberapa tips berikut ini bisa Anda lakukan supaya bisa melahirkan secara normal.

  1. Persiapkan Mental

Mental adalah yang paling penting saat seorang ibu hamil sudah mendekati hari H persalinan. Pasalnya jika mentalnya tidak kuat, maka banyak hal yang berkecamuk dalam pikiran. Mulai dari memikirkan bagaimana rasa sakitnya, bagaimana nasib si bayi, atau mungkin bagaimana biaya persalinannya. Selama masa kehamilan, usahakan jangan sampai stres atau bahkan depresi. Tetap kendalikan mental Anda supaya lebih siap dan bisa melahirkan normal tanpa jahitan. Caranya mungkin bisa dengan lebih banyak berkumpul dan berbicara dengan suami dan keluarga, serta melakukan senam kegel.

  1. Jaga Kondisi Fisik

Satu hal yang juga tidak kalah pentingnya adalah menjaga kondisi fisik. Selain mental, fisik juga harus dipersiapkan karena proses melahirkan tentu membutuhkan kondisi fisik yang prima. Salah satu penyebab melahirkan dengan pengguntikan atau episiotomi adalah karena aktivitas yang berlebihan sehingga kondisi fisik kurang terjaga. Oleh karena itu ketika usia kehamilan sudah mendekati 9 bulan, lebih baik perbanyak waktu istirahat di rumah. Kalau perlu Anda ambil cuti dari kantor sampai Anda selesai melahirkan dan sampai kondisi fisik pulih. Jangan lupa juga selalu penuhi asupan nutrisi yang cukup setiap harinya.

  1. Melatih Otot-Otot

Supaya bisa melahirkan normal tanpa jahitan, Anda juga perlu melakukan olahraga ringan untuk melatih otot-otot di bagian bawah. Pasalnya menjelang persalinan, terkadang ada bayi yang posisinya masih belum tepat. Ada beberapa gerakan ringan yang bisa Anda lakukan secara rutin pada trimester terakhir kehamilan. Anda juga disarankan untuk tetap beraktivitas meskipun hanya di rumah. Tapi usahakan tetap berhati-hati dan tidak memaksakan kemampuan.

  1. Gunakan Aromaterapi untuk Relaksasi

Seperti yang tadi sudah sempat kami singgung, salah satu persiapan yang bisa dilakukan supaya melahirkan normal tanpa jahitan adalah dengan pemijatan perineum. Untuk proses yang satu ini dibutuhkan minyak zaitun atau aromaterapi yang berguna untuk meregangkan otot dan memberikan efek ketenangan menjelang proses melahirkan. Dengan pemijatan perineum dan aromaterapi, pikiran dan otot-otot tubuh Anda bisa lebih rileks dan santai. Sehingga kondisi tersebut membuat para ibu hamil lebih tenang dan siap menghadapi proses persalinan yang normal.

  1. Mengonsumsi Alpukat dan Minyak Zaitun

Tips supaya bisa melahirkan secara normal yang kelima adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bernutrisi tinggi. Bagi ibu yang proses persalinannya sudah sangat dekat, lebih baik perbanyak mengonsumsi alpukat dan minyak zaitun. Khasiat dari keduanya adalah untuk melenturkan dan meregangkan kulit dari dalam. Selain alpukat dan minyak zaitun mungkin Anda juga bisa mengonsumsi teh daun raspberry. Minum teh tersebut dua cangkir setiap harinya selama trimester terakhir kehamilan. Tujuannya adalah supaya bisa membantu adanya kontraksi yang lebih produktif.

Melahirkan Secara Normal dengan Bantuan Hypnobirthing

Meskipun metode yang satu ini masih banyak menimbulkan pro dan kontra, namun metode hypnobirthing ini terbilang cukup efektif. Pasalnya hypnobirthing sendiri bukanlah cara baru yang digunakan untuk membantu melancarkan proses melahirkan normal. Metode ini sudah dipakai sejak puluhan tahun yang lalu. Bagaimana cara kerja metode yang satu ini?

Secara garis besar, hypnobirthing dilakukan dengan cara menanamkan pikiran-pikiran positif di pikiran bawah sadar dalam kondisi yang santai dan rileks. Bisa juga dibilang proses hypnobirthing adalah cara melahirkan normal tanpa jahitan dengan bantuan hipnosis. Meskipun sebenarnya robekan saat melahirkan itu sangat wajar terjadi. Jadi ketika seseorang melahirkan dengan bantuan hypnobirthing, orang tersebut akan merasa lebih tenang dan bisa melahirkan secara lancar, sehingga rasa sakit pun bisa diminimalkan.

Proses melahirkan dengan hypnobirthing ini dilakukan dengan bertahap dan tidak bisai instan. Bahkan bisa dibilang seorang ibu hamil juga harus dilatih terlebih dahulu supaya mendapatkan kondisi yang paling rileks dan paling nyaman. Mulai dari relaksasi pikiran hingga cara mengatur napas, sehingga saat melahirkan ibu hamil bisa lebih mudah mendapatkan emosi yang stabil dan perasaan yang tenang. Bahka keuntungan lain yang bisa didapatkan dengan metode hypnobirthing ini adalah, bisa meminimalkan penggunaan obat-obatan kimia.

Apalagi hypnobirthing juga tidak berbahaya dan bisa dilakukan oleh siapapun, misalnya oleh dokter, bidan, tenaga medis, hipnoterapis, bahkan oleh suami sendiri. Tapi untuk bisa melakukan hypnobirthing, memang dibutuhkan pengetahuan mendasar dan teknik-teknik yang digunakan. Dan untuk bisa melahirkan normal tanpa jahitan, Anda disarankan untuk melakukan hypnobirthing sejak memasuki trimester perama. Atau Anda juga bisa melakukannya saat usia kehamilan memasuki bulan ke-7. Lakukan secara rutin sampai mendekati detik-detik persalinan.

Itu tadi adalah penjelasan mengenai bagaimana tips supaya Anda bisa melahirkan secara normal tanpa jahitan atau operasi caesar. Pada dasarnya robekan pada area kewanitaan saat persalinan memang wajar terjadi. Tapi hal itu bisa dilatih supaya tidak terjadi, dan dimulai sejak kehamilan trimester pertama. Baik dengan hypnobirthing atau beberapa cara yang tadi sudah kami jelaskan. Sekian artikel mengenai tips melahirkan normal tanpa jahitan. Semoga bisa Anda coba di rumah dan semoga proses kelahiran Anda bisa lancar tanpa hambatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *