invisible hit counter

Follow US

Tips Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat yang Efektif

Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat dengan Mudah dan CepatMengetahui apa saja cara menghilangkan hidung tersumbat yang efektif pastinya akan sangat membantu, karena gangguan hidung tersumbat ini dapat muncul sewaktu-waktu. Semua orang dapat berisiko menderita hidung tersumbat, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, maupun lansia. Hidung tersumbat dapat terjadi pada salah satu saluran hidung maupun dapat juga kedua-keduanya sehingga dapat mengganggu pernafasan. Kondisi ini dapat disertai dengan gejala lain seperti pusing, demam, tidak enak badan, maupun batuk. Walaupun terlihat sepele, menderita hidung tersumbat sangatlah tidak nyaman, aktifitas kerja pun bisa terhambat karenanya. Sebab orang yang mengalami hidung tersumbat biasanya kondisi tubuhnya menjadi kurang fit.

Pada umumnya, hidung tersumbat disebabkan oleh peradangan di dalam rongga hidung yang disebabkan oleh flu, common cold, atau infeksi pada sinus. Peradangan pada lapisan rongga hidung akan menyebabkan pembuluh darah menjadi melebar dan menimbulkan pembengkakan dan timbullah hidung tersumbat. Namun selain hal di atas, hidung tersumbat juga dapat disebabkan oleh kondisi lainnya seperti alergi, polip, paparan zat kimia, iritasi asap atau debu, sinusitis, adanya benda asing di dalam rongga hidung, sekat hidung (septum) yang menyimpang, dan adanya tumor jinak di bagian rongga hidung. Pada suatu kondisi, hidung tersumbat juga dapat disebabkan karena faktor hormonal, misalnya saja yang terjadi pada wanita hamil.

Beberapa Cara Menghilangkan Hidung Tersumbat

Untuk menghilangkan hidung tersumbat, Anda dapat menggunakan cara-cara alami yang aman bagi kesehatan dan terbukti efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Cara menghilangkan hidung tersumbat dengan mudah dan cepat antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Mengeluarkan lendir/ingus

Hidung tersumbat biasanya disebabkan karena lendir yang agak kental yang meghambat saluran rongga hidung. Oleh karena itu cara menghilangkan hidung tersumbat dengan mudah adalah dengan mengeluarkan lendirnya. Yang harus diperhatikan adalah jangan mengeluarkan lendir terlalu kuat, karena dapat menyebabkan iritasi pada selaput dinding rongga hidung. Keluarkanlah secara perlahan dan gunakan tisu yang bersih untuk membuang lendir dan membersihkan hidung kemudian buanglah ke tempat sampah.

  1. Perbanyak asupan cairan

Untuk menghilangkan hidung tersumbat, Anda dapat melakukannya dengan menambah asupan cairan di dalam tubuh. Cara ini dapat melancarkan peredaran darah termasuk melebarkan pembuluh darah di rongga hidung sehingga dapat mengatasi hidung tersumbat. Dengan banyak minum air putih juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat mengusir kuman dengan cepat. Untuk mendapatkan hasil yang optimal minumlah air putih hangat karena dapat lebih cepat melegakan rongga hidung yang tersumbat.

  1. Meninggikan posisi kepala ketika tidur

Bagi Anda yang sedang mengalami hidung tersumbat, ketika istirahat atau tidur sebaiknya tinggikan posisi kepala Anda ketika tidur dengan meletakkan beberapa bantal agar lebih tinggi dari biasanya. Hal ini akan menyebabkan saluran hidung menjadi lebih lancar dan hidung tersumbat cepat mereda. Posisi ini juga menjadikan tubuh menjadi rileks dan nyaman, sehingga istirahat Anda menjadi lebih optimal. Istirahat yang optimal akan mempercepat pemulihan kondisi badan Anda.

  1. Makan makanan yang pedas

Jika lendir di dalam rongga hidung Anda cukup kental dan sulit dikeluarkan, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang pedas sebagai cara menghilangkan hidung tersumbat. Dengan mengkonsumsi makanan yang pedas akan melebarkan pembuluh darah di hidung dan mengencerkan lendir di dalamnya. Badan Anda pun juga akan mengeluarkan keringat yang menandakan metabolisme tubuh menjadi meningkat sehingga badan menjadi lebih segar dan akan mempercepat proses kesembuhan.

Makanan pedas yang cocok dikonsumsi ketika mengalami hidung tersumbat adalah jenis makanan berkuah seperti sup ayam, bakso, atau soto. Makanan tersebut sebaiknya dikonsumsi selagi hangat/agak panas. Namun jika Anda menderita sakit maag, maka sebaiknya jangan menambahkan sambel terlalu banyak, sedikit saja yang penting dapat menimbulkan sensasi hangat dalam tubuh.

  1. Minum ninuman jeruk hangat

Cara menghilangkan hidung tersumbat yang berikutnya yaitu dengan cara minum minuman jeruk hangat. Anda dapat menggunakan jeruk lemon maupun jeruk nipis. Kedua jeruk ini dikenal memiliki kandungan vitamin C dosis tinggi. Dengan konsumsi vitamin C, maka akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga hidung tersumbat dapat cepat menghilang. Sensasi hangatnya juga turut melegakan saluran hidung dengan cepat. Cara membuatnya cukup mudah, jeruk lemon atau jeruk nipis di peras lalu diambil airnya dan campurkan pada segelas minuman hangat. Tambahkan madu sebagai pemanis dan minuman jeruk hangat pun siap dikonsumsi untuk menyembuhkan hidung tersumbat.

  1. Menggunakan uap air dan minyak kayu putih

Anda juga dapat menggunakan uap air panas sebagai cara menghilangkan hidung tersumbat. Caranya yaitu masak air sampai mendidih kemudian taruh pada suatu wadah atau baskom. Campurkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam wadah berisi air panas tersebut. Lalu dekatkan wadah tersebut ke wajah Anda dan hirup uapnya agar masuk ke rongga hidung. Cara ini akan dengan mudah mengeluarkan lendir di rongga hindung Anda dengan sendirinya dan hidung pun akan terasa lega.

  1. Kompres air hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat menggunakan kompres air hangat yaitu dengan membasahi handuk kecil dengan air panas/hangat. Kemudian tempelkan pada batang hidung secara melebar dan menyeluruh ke pipi depan. Pada waktu melakukan terapi ini, sebaiknya berbaringlah dengan santai posisi kepala agak ditinggikan atau dengan posisi setengah duduk. Jika handuk yang digunakan untuk mengompres sudah dingin, maka basahi lagi dengan air hangat dan kompres lagi hidung dengan prosedur yang sama.

  1. Menghirup inhaler atau minyak angin

Menghirup inhaler atau minyak angin merupakan cara mengobati hidung tersumbat yang sangat efektif. Caranya cukup mudah yaitu dengan mendekatkan inhaler, minyak angin, atau balsem ke dekat rongga hidung lalu menghirupnya. Anda juga dapat mengoleskan secara tipis bahan tersebut di bawah lubang hidung dan di sekitar leher. Inhaler, minyak angin, atau balsem biasanya mengandung zat mentol, kamper, dan eucalyptus yang dapat melegakan hidung tersumbat.

  1. Menggunakan pijatan

Cara menghilangkan hidung tersumbat dapat juga dilakukan dengan melakukan pijatan di daerah sekitar hidung. Caranya yaitu tekan dan tekankanlah lidah Anda ke langit-langit, jangan menekan pada satu titik, tetapi lakukan pada bidang yang luas. Lalu gunakan jari Anda memijat/menekan bagian atas hidung (daerah di antara kedua alis mata), tahan selama kurang lebih 20 detik kemudian lepaskan. Saat Anda melepaskan tekanan pada langit-langit mutut dan bagian atas hidung Anda, akan terasa cairan mengalir di tenggorokan Anda, dan hidung pun akan kembali lega.

Agar terhindar dari hidung tersumbat, maka sebaiknya tingkatkan daya tahan tubuh Anda dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan terutama yang mengandung vitamin C, minum air putih minimal 8 gelas per hari, dan melakukan olahraga secara teratur. Jika Anda mengalami hidung tersumbat yang berlangsung lama dan susah sembuh, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter agar diketahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *