invisible hit counter

Follow US

Tips Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Secara Alami

Tips Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Secara AlamiPada artikel kali ini kami akan menyampaikan beberapa tips mengenai cara mengatasi mual saat hamil. Bukan dengan menggunakan obat-obatan kimia atau sejenisnya, melainkan dengan metode yang aman dan alami. Mengingat mengonsumsi obat-obatan kimia terlalu berlebihan saat hamil bisa berisiko membahayakan kandungan. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, mual saat hamil atau yang juga disebut dengan morning sickness adalah kondisi yang sangat wajar terjadi pada wanita hamil. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seorang wanita hamil mengalami hal ini. Diantaranya adalah karena peningkatan jumlah hormon estrogen, hormon HCG, perubahan metabolisme glikogen hati, dan faktor psikologis.

Mungkin memang ada beberapa jenis obat yang bisa mengatasi mual dan pusing saat hamil atau morning sickness. Tapi terkadang gejala ini tidak terjadi seperti namanya. Meskipun namanya “morning sickness”, namun gejala ini tidak hanya bisa terjadi di pagi hari saja. Bahkan bisa terjadi sepanjang hari, sehingga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Yang lebih mengganggu lagi apabila gejala mual dan muntah ini juga disertai dengan pusing atau sakit kepala. Biasanya hal ini disebabkan oleh meningkatnya aliran darah atau melebarnya pembuluh darah. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan.

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil dengan Pola Hidup Sehat

Morning sicnkess adalah kondisi yang wajar dialami oleh semua wanita hamil, meskipun terkadang memang cukup mengganggu keseharian. Yang perlu Anda lakukan adalah mengatasi atau meminimalisir kondisi ini supaya Anda tetap bisa beraktivitas seperti biasanya. Morning sickness ini adalah gejala awal kehamilan, meskipun bisa juga terjadi selama beberapa bulan masa kehamilan atau bahkan sepanjang masa kehamilan. Namun Anda juga perlu mewaspadai morning sickness yang abnormal. Untuk itu, segera atasi morning sickness dengan cara-cara berikut ini.

  1. Makan dengan Porsi Kecil

Banyak wanita yang mengeluhkan selalu merasa mual saat makan ketika sedang mengalami gejala morning sickness. Hal ini tentu berbahaya, karena asupan nutrisi untuk tubuh ibu hamil dan janin sulit terpenuhi. Cara mengatasi mual saat hamil yang pertama adalah makan dengan porsi kecil. Tapi Anda juga harus menambah jadwal makan Anda. Misal dalam sehari Anda bisa makan empat sampai enam kali dalam porsi makanan yang kecil.

  1. Jangan Langsung Bangkit dari Tempat Tidur

Cara mengatasi mual saat hamil lainnya adalah dengan tidak langsung beranjang dari tempat tidur saat bangun pagi. Anda juga bisa menyediakan makanan pencegah mual saat hamil di dekat tempat tidur, misalnya seperti biskuit. Jadi saat bangun pagi, Anda duduk dulu di tempat tidur sambil makan biskuit dan minum-minuman hangat atau minum air putih. Atau bagi Anda yang tidak terbiasa langsung makan setelah bangun tidur, Anda bisa berdiam diri beberapa saat setelah bangun pagi.

  1. Jangan Makan Pedas dan Berlemak

Mengonsumsi makanan pedas dan berlemak ternyata juga bisa menjadi penyebab mual dan pusing saat hamil. Mungkin di pagi hari morning sickness sudah tidak akan Anda rasakan lagi. Namun kalau di siang harinya makanan Anda tidak terkontrol, rasa mual dan pusing bisa kembali Anda rasakan. Cara mengatasi mual saat hamil selanjutnya adalah dengan menghindari jenis makanan pedas dan berlemak. Selain menyebabkan morning sickness, namun dua jenis makanan tersebut juga bisa mengganggu sistem pencernaan Anda.

  1. Mengonsumsi Gizi yang Seimbang

Untuk bisa mengatasi mual dan pusing saat hamil, Anda juga perlu memenuhi asupan gizi yang cukup dan seimbang setiap harinya. Konsumsilah makanan-makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, seperti roti, biskuit, kentang, ubi, singkong, dan sebagainya. Atau Anda juga bisa mulai membiasakan diri lebih banyak mengonsumsi sayur-sayuran. Misal Anda bisa membuat menu sup, sayur bening, dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk lebih rutin mengonsumsi buah-buahan segar setiap hari.

  1. Istirahat yang Cukup

Seorang ibu hamil wajib menjaga kondisi fisiknya dengan beristirahat yang cukup. Beristirahat yang cukup akan membuat tubuh dan pikiran Anda lebih rileks dan nyaman. Kondisi ini bisa mengurangi risiko gejala mual dan muntah yang biasa dialami oleh wanita hamil. Usahakan juga jangan sampai stres meskipun sedang banyak masalah. Anda bisa melakukan refreshing dan relaksasi dengan bersantai, mendengarkan musik, membaca buku, dan sebagianya. Atau bagi Anda wanita karir, lebih baik ambil cuti selama beberapa hari untuk menenangkan pikiran.

  1. Mengonsumsi Minuman Jahe

Cara mengatasi mual saat hamil selanjutnya adalah dengan jahe. Di mana jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Dan ternyata menurut sebuah penelitian di Australia, jahe juga cukup efektif menjadi makanan pencegah mual saat hamil. Bagi ibu hamil yang sering mengalami morning sickness dan dianggap cukup mengganggu aktivitas sehari-hari, konsumsilah segelas rebusan jahe dengan takaran 250-300 mg sekali minum.

Mual adalah Pertanda Janin yang Mulai Tumbuh

Banyak wanita yang baru pertama kali hamil menganggap kondisi morning sickness sebagai gejala yang tidak wajar dan berbahaya. Namun ternyata, di balik rasa mual dan muntah yang dialami oleh kebanyakan wanita hamil adalah tanda bahwa janin mulai tumbuh. Bahkan ketika seorang wanita hamil tidak mengalami gejala mual dan muntah, justru risiko keguguran bisa naik tiga kali lipat. Berbahaya sekali, bukan?

Jadi meskipun morning sickness Anda sudah hilang karena melakukan beberapa cara mual saat hamil seperti yang sudah kami jelaskan tadi, yang penting sebelumnya Anda sudah pernah mengalami morning sickness. Rasa mual dan muntah yang terkadang juga disertai pusing ini adalah upaya dari sang janin untuk mencegah pengguguran dirinya. Janin akan memproduksi HCG (Hormon Chorionic Gonadotropin) yang akan merangsang indung telur memproduksi hormon progesteron. Hormon tersebutlah yang akan membantu ibu menjaga kesehatan kandungannya.

Selanjutnya janin akan mulai tumbuh dan memproduksi banyak hormon lainnya. Efeknya untuk ibu hamil juga beragam. Mulai dari yang bisa membuat ibu menjadi lebih mudah lapar, menyiapkan ASI dan sebagainya. Jadi bisa disimpulkan bahwa morning sickness tidak berbahaya. Justru kalau ada seorang wanita hamil yang tidak mengalami morning sickness sama sekali, ada kemungkinan kehamilannya berisiko keguguran.

Ketika hamil Anda dituntut untuk bisa menjaga kondisi kesehatan fisik dan mental supaya tidak mengalami gejala-gejala kehamilan yang mengganggu, termasuk morning sickness. Itu tadi penjelasan mengenai bagaimana tips mengatasi mual dan pusing saat hamil. Anda bisa melakukan cara mengatasi mual saat hamil dengan cara mengonsumsi makanan pencegah mual saat hamil atau dengan cara-cara lain seperti yang tadi sudah kami sampaikan. Dengan demikian semoga Anda bisa memahami informasi singkat yang bisa kami sampaikan. Sekian artikel kali ini, semoga bisa memberikan wawasan baru kepada para wanita yang baru pertama kali hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *