invisible hit counter

Follow US

Telat Datang Bulan tapi Tidak Hamil, Mengapa Bisa Terjadi?

Telat Datang Bulan tapi Tidak Hamil, Mengapa Dapat Terjadi?Pernahkah anda mengalami telat datang bulan tapi tidak hamil? Hal ini ternyata banyak dirasakan oleh sebagian perempuan. Periode datang bulan atau yang disebut juga menstruasi merupakan sebuah proses alami yang terjadi karena proses hormonal di dalam tubuh setiap wanita pada usia reproduksi. Proses ini sedikit banyak dapat dipengaruhi oleh berbagai kondisi di luar tubuh wanita walaupun sulit dipungkiri keluhan ini merupakan ciri-ciri wanita hamil yang dijadikan patokan oleh semua perempuan selama ini sebelum melakukan tes kehamilan. Wanita hamil tentu akan mengeluhkan keluhan lain di luar telat haid seperti mual muntah maupun nyeri pinggang, berbeda dengan wanita yang tidak hamil dimana gejala-gejala lain seperti di atas tidak akan dikeluhkan. Untuk itu di dalam artikel kita akan membahas mengenai beberapa penyebab mengapa wanita telat datang bulan tapi tidak hamil.

Mengapa Anda Bisa Mengalami Telat Datang Bulan tapi Tidak Hamil?

Telat datang bulan memang bukan merupakan keluhan yang baru bagi sejumlah wanita di usia muda yang disebabkan oleh kondisi hormonal maupun menopause yang normal terjadi pada wanita usia senja. Secara normal siklus menstruasi seorang wanita terjadi antara 21 hingga 35 hari dengan rata-rata siklus selama 28 hari. Jika siklus menstruasi anda tidak berada di dalam batasan ini, kondisi-kondisi di bawah ini mungkin bisa menjadi penyebabnya.

  • Stres

Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa datang bulan atau menstruasi adalah hasil dari sebuah proses hormonal yang terjadi di dalam tubuh seorang wanita. Akan tetapi beberapa proses dari luar ternyata bisa mempengaruhi kondisi hormonal ini, seperti halnya kondisi stres.

Keadaan stres secara psikis selain dapat menyebabkan perubahan mood dan juga kehidupan kita sehari-hari ternyata dapat mempengaruhi bagian dari otak anda yang mengontrol siklus menstruasi ini yakni hipotalamus. Selain itu, stres secara psikis diketahui dapat mempengaruhi pola makan yang bisa membuat anda mengalami perubahan berat badan yang juga akan berpengaruh pada siklus menstruasi anda dan menyebabkan anda telat datang bulan tapi tidak hamil.

Jika anda merasa bahwa siklus menstruasi anda menjadi kurang teratur saat sedang mengalami stres maka cara mengatasi telat datang bulan yang tepat bagi anda adalah dengan berusaha untuk mengurangi stres itu sendiri. Datangnya masalah memang tidak bisa kita hindari akan tetapi kita bisa menanganinya dengan merubah pola pikir kita menjadi lebih positif dan juga dengan berolahraga secara teratur guna mengatasi stres.

  • Berat badan kurang

Berat badan ternyata dapat mempengaruhi siklus menstruasi anda loh! Bagi beberapa wanita yang mengalami kelainan pola makan yang menyebabkan mereka memiliki berat badan yang kurang sangat mungkin mengalami telat datang bulan meskipun tidak sedang hamil. Hal ini disebabkan oleh bahan dasar pembentuk hormon estrogen yang merupakan salah satu hormon penting dalam siklus menstruasi setiap wanita merupakan sel lemak.

Wanita dengan jumlah lemak yang sangat sedikit pada tubuhnya dapat mengalami siklus menstruasi yang pendek atau bahkan tidak mengalami proses ovulasi (proses pelepasan sel telur dari indung telur seorang wanita). Selain itu kondisi berat badan yang rendah dapat mengganggu kerja hipotalamus anda dalam mengatur siklus menstruasi.

  • Berat badan berlebih

Selain berat badan yang kurang, kondisi overweight atau kelebihan berat badan bisa menyebabkan anda mengalami gangguan siklus datang bulan. Penyebabnya tidak lain adalah mekanisme hormonal yang tidak seimbang akibat terus diproduksinya hormon estrogen oleh sel lemak tubuh. Untuk itu sebagai seorang wanita anda perlu memperhatikan pola makan sehari-hari, selain untuk mendapat bentuk tubuh yang ideal anda juga dapat terhindar dari berbagai masalah kesehatan dengan memiliki berat badan yang ideal.

  • Penggunaan alat KB (Keluarga Berencana)

Penggunaan alat KB memang bisa jadi merupakan salah satu alasan mengapa anda mengalami telat datang bulan tapi tidak hamil. Alat KB yang dimaksudkan disini adalah beberapa teknik pengendalian kehamilan yang menggunakan bahan hormon di dalamnya. Karena menggunakan bahan hormon yang dimasukkan ke dalam tubuh, maka dengan sendirinya siklus menstruasi wanita menjadi terganggu karena kondisi ketidakseimbangan hormon itu sendiri.

Contoh beberapa teknik KB yang mengandung hormon adalah penggunaan pil KB maupun susuk KB (implant KB). Untuk menangani kondisi seperti ini, anda jangan langsung menghentikan penggunaan KB tersebut, melainkan berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter maupun bidan untuk mengganti metode KB yang saat ini anda gunakan dengan metode KB lain yang tidak mengganggu siklus menstruasi.

  • Kondisi medis tertentu

Selain melihat beberapa contoh penyebab mengapa seorang wanita menjadi telat datang bulan walaupun tidak sedang hamil, anda juga perlu mengetahui beberapa kondisi medis khusus yang bisa menyebabkan seorang wanita mengalami siklus yang tidak teratur guna mendapat terapi yang tepat.

Pertama, PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) sebuah kondisi kesehatan dimana terdapat kista di dalam indung telur seorang wanita yang akan memproduksi lebih banyak hormon androgen yang seharusnya lebih dominan pada pria. Kondisi ini menyebabakan kondisi hormon yang tidak seimbang dan akan menyebabkan wanita dengan PCOS akan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.

Selain PCOS, beberapa penyakit kronis seperti diabetes dan juga kelainan sistem imun tubuh yang merusak dinding usus halus dan menganggu kerja usus dalam menyerap nutrisi dapat menyebabkan anda mengalami gangguan siklus menstruasi. Untuk wanita dengan diabetes gangguan ini disebabkan oleh kondisi gula di dalam darah yang dapat menimbulkan gangguan hormonal lain di dalam tubuh termasuk salah satunya adalah hormon pengatur siklus menstruasi.

Penyakit kelenjar tiroid, penyakit yang satu ini juga dapat menyebabkan anda mengalami gangguan siklus menstruasi. Kelenjar yang terletak pada bagian depan leher anda ini memegang peranan penting dalam mengatur metabolisme tubuh, gangguan apapun pada kelenjar ini tentu akan menyebabkan gangguan metabolisme tubuh yang tentu akan mempengaruhi kadar hormon di dalam tubuh kita.

Setelah melihat berbagai alasan yang bisa menjadi penyebab seorang wanita mengalami telat datang bulan tapi tidak hamil seperti di atas, anda tentu ingin mengatasinya. Anda dapat menggunakan cara-cara sederhana seperti mengontrol stres, melakukan diet guna mendapat berat badan yang ideal dan juga mengganti metode KB bagi yang menggunakan metode KB dengan hormon.

Akan tetapi untuk beberapa kondisi medis seperti PCOS dan gangguan kelenjar tiroid, tidak bisa di terapi dengan menggunakan cara-cara sederhana seperti di atas. Untuk itu anda perlu membicarakan gangguan ini dengan dokter kandungan untuk menentukan terapi yang aman dan tepat. Selain itu anda juga membutuhkan pendapat  dan penanganan  dokter jika mengalami gangguan siklus menstruasi seperti telat datang bulan yang disertai dengan demam, nyeri perut hebat maupun perdarahan yang berlangsung lebih dari 7 hari. Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *