invisible hit counter

Follow US

Selalu Berikan Makanan Sehat untuk Bayi 6 Bulan yang Bergizi Tinggi

Selalu Berikan Makanan Sehat untuk Bayi 6 Bulan yang Bergizi TinggiBagi Anda para orang tua, sebaiknya selalu sediakan berikan makanan sehat untuk bayi 6 bulan kepada buah hati Anda. Pasalnya asupan nutrisi dan gizi yang masuk ke dalam tubuh anak melalui makanan, sangat memengaruhi tumbuh kembang si anak. Banyak sekali bahan-bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat makanan sehat bagi bayi. Namun tidak sedikit juga orang tua yang lebih memilih produk-produk makanan instan yang dijual di supermarket. Mengingat pada kemasan produk tersebut biasanya sudah dituliskan kandungan-kandungan gizinya.

Ketika bayi usianya sudah 6 bulan atau lebih, para orang tua diperbolehkan mulai mengenalkan makanan-makanan sehat pendamping ASI. Jadi selain harus mengenalkan berbagai macam rasa kepada si anak, orang tua juga harus memerhatikan jumlah nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh si anak. Bagi beberapa orang tua yang sudah pernah punya anak sebelumnya, mungkin hal ini tidak akan menjadi kesulitan yang berarti. Namun bagi ibu muda yang baru punya satu anak, pengetahuan mengenai cara menyajikan makanan sehat untuk bayi berusia 6 bulan tentu sangat penting.

Contoh Makanan Sehat untuk Bayi 6 Bulan yang Bergizi Tinggi

Ada banyak sekali makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh orang dewasa. Namun bagi bayi yang usianya baru 6 bulan, tentu tidak semua makanan cocok dikonsumsi oleh si kecil. Pasalnya terkadang ada bayi yang alergi dengan makanan-makanan tertentu. Selain itu Anda perlu mempertimbangkan kandungan gizinya. Dan berikut ini kami berikan contoh beberapa makanan sehat yang bisa Anda berikan kepada si kecil.

  1. Labu

Labu tidak hanya baik untuk kesehatan orang dewasa saja. Pasalnya kandungan vitamin A dan C yang tinggi pada labu ternyata juga cukup baik untuk tumbuh kembang bayi. Secara alami rasa labu juga manis dan teksturnya lembut, sehingga bayi usia 6 bulan pasti sangat menyukai labu. Namun saat membuat makanan anak dengan labu, jangan campurkan terlalu banyak bumbu apalagi penyebab. Biarkan anak Anda merasakan rasa-rasa yang alami saja.

  1. Lentil

Makanan sehat untuk bayi 6 bulan lainnya adalah lentil. Bagi sebagian besar ibu, lentil mungkin masih cukup asing. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa lentil ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan banyak manfaatnya untuk bayi. Lentil mengandung protein dan serat yang tinggi. Apalagi harganya juga cukup murah dan Anda bisa mendapatkannya dengan mudah di pasar-pasar tradisional. Untuk mengolahnya, Anda bisa mengombinasikan lentil dengan sayuran, bubur, dan sedikit bumbu.

  1. Bayam

Bayam merupakan sayur yang sangat identik dengan kandungan zat besinya yang tinggi. Selain itu, bagi bayi usia 6 bulan asam folat yang terkandung pada bayam juga banyak sekali manfaatnya. Namun untuk memasak bayam, Anda harus memerhatikan tingkat kematangannya. Bayam merupakan salah satu sayuran berdaun hijau yang cukup disarankan untuk bayi. Selain bayam, kale, lobak atau collard hijau juga dinilai sebagai makanan sehat untuk bayi 6 bulan. Untuk mengolahnya, Anda bisa mencampurkan bayam dengan sereal.

  1. Brokoli

Sama seperti bayam, brokoli juga memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Bukan hanya folat, namun brokoli juga mengandung serat dan kalsium. Jenis sayuran yang satu ini juga dikenal bisa membantu memerangi kanker. Selain itu rasa brokoli juga cukup unik sehingga bisa membantu bayi Anda mengenal lebih banyak rasa lagi. Untuk anak usia 6 bulan, biasanya brokoli dikukus hingga sangat lembut atau bisa juga diblender.

  1. Blueberry

Buah berwarna biru ini juga dinilai sebagai salah satu makanan sehat untuk bayi 6 bulan. Pasalnya blueberry yang mengandung zat flavonoid atau anthocyanin ternyata baik untuk mata bayi dan tumbuh kembang otak bayi. Kandungan tersebut juga bisa membantu menyempurnakanan saluran kemih bayi. Bagi Anda para orang tua, Anda bisa coba membuat sup blueberry.

  1. Alpukat

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa ternyata buah alpukat ini komposisi lemaknya mirip dengan ASI. Di mana alpukat adalah salah satu buah yang memiliki kandungan lemak tidak jenuh tinggi. Lemak tidak jenuh sendiri sangat diperlukan bayi untuk pertumbuhannya dan terutama untuk perkembangan otak. Cara memberikan alpukat kepada bayi 6 bulan adalah dengan ditumbuk dan bisa juga dicampurkan dengan cream keju atau apel. Rasanya pasti sangat unik dan disukai oleh bayi.

Tips Menentukan Makanan Sehat untuk Bayi Usia 6 Bulan

Setelah mengetahui beberapa jenis makanan sehat untuk bayi 6 bulan seperti yang barusan kami sampaikan, Anda juga harus tahu bagaimana cara mengatur dan menyiapkannya. Yang kami maksudkan di sini adalah mengenai bagaimana cara mengolah makanannya dan mengatur kandungan gizi pada makanan yang dikonsumsi bayi.

Sebelum berusia 6 bulan, bayi umumnya hanya diperbolehkan mengonsumsi ASI. Barulah saat usianya sudah menginjak 6 bulan atau lebih bayi mulai boleh diberikan makanan pendamping ASI. Itu pun para orang tua disarankan untuk memberikan variasi makanan yang lembut atau semi padat. Contohnya seperti bubur atau buah pisang. Barulah setelah usianya lebih dari satu tahun, Anda mulai bisa memberikan variasi makanan yang lebih banyak lagi. Jadi jenis-jenis makanan sehat untuk bayi 6 bulan yang tadi kami sebutkan pun Anda harus olah lagi menjadi makanan yang lembut.

Selain itu yang perlu diperhatikan lebih mendetail oleh para orang tua saat menyediakan makanan untuk bayi adalah masalah higienitas atau kebersihan. Pilihlah makanan yang bersih dan sebelum diolah jangan lupa cuci terlebih dahulu bahan bakunya. Misalnya Anda ingin memberikan ikan kepada si anak, pilihlah yang masih segar dan warnanya merah. Sama halnya dengan sayuran, pilihlah yang masih segar dan warnanya cerah. Saat memasak pun Anda disarankan untuk memasaknya secara matang supaya segala macam bakteri yang menempel akan mati. Namun jangan juga dimasak terlalu lama karena justru nutrisinya akan rusak.

Dan yang tidak kalah pentingnya saat Anda menyediakan makanan sehat untuk bayi 6 bulan adalah jangan pernah menambahkan MSG atau bumbu penyedap. Meskipun bumbu tersebut akan memberikan rasa yang lebih nikmat, namun bukan dengan memberikan penyedap. Justru zat-zat kimia seperti itu bisa menghambat pertumbuhan otak buah hati Anda bahkan bisa sampai merusak fungsi otak. Berbahaya sekali, bukan? Bahkan untuk hal yang sepele pun harus Anda perhatikan saat memberikan makanan kepada buah hati Anda. Misalnya saat makanan panas, lebih baik tunggu sampai tidak panas.

Itulah tadi bagaimana tata cara menyajikan makanan sehat untuk bayi 6 bulan yang pada dasarnya perlu diketahui oleh semua orang tua. Pasalnya nutrisi yang masuk ke tubuh bayi akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si anak. Semoga apa yang kami sampaikan kali ini bisa memberikan pengetahuan baru bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *