invisible hit counter

Follow US

Rekomendasi Obat Sakit Dada dari Bahan Alami maupun Obat Modern

Rekomendasi Obat Sakit Dada dari Bahan Alami maupun Obat ModernBagi para penderita nyeri pada dada, penting halnya untuk mengetahui obat sakit dada. Rasa nyeri atau sakit pada dada biasanya terjadi karena kurangnya aliran darah yang mengalir ke jantung. Sakit yang muncul pada dada juga dikenal dengan istilah angina atau angina pectoris. Siapa saja dapat mengalami rasa sakit tersebut tanpa terkecuali. Biasanya, seseorang yang merasakan sakit ini akan merasakan sesak pada bagian dada dan napas yang terasa berat. Oleh karena itu, berikut ini adalah rekomendasi obat untuk meredakan nyeri dada.

10 Obat Sakit Dada Alami yang Bisa Anda Coba

Untuk mengobati rasa sakit pada dada, lebih baik untuk mencoba mengobatinya dengan bahan alami terlebih dahulu. Bahan alami relatif aman dari efek samping dan juga mudah didapat dan murah. Berikut ini adalah 10 obat alami yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi rasa sakit di dada.

1. Bawang Putih

Bawang putih dipercaya sebagai obat sakit dada yang efektif. Menurut studi pada tahun 2006 yang diterbitkan melalui Journal of Nutrition, bawang putih yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu pencegahan serta penundaan penyakit kardiovaskular. Selain itu, bawang putih juga bermanfaat untuk menurunkan tingkat kolesterol dan mencegah terjadinya penumpukan plak pada dinding arteri. Dengan demikian, aliran darah serta oksigen dapat mengalir dengan lancar ke jantung sehingga mencegah rasa nyeri pada dada.

2. Kunyit

Obat sakit dada yang efektif selain bawang putih adalah kunyit. Kunyit mengandung bahan aktif yang dikenal dengan istilah curcumin yang dapat mengurangi terjadinya oksidasi kolesterol serta penumpukan plak dan mencegah terbentuknya bekuan. Selain curcumin, kunyit juga mengandung zat anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa sakit yang muncul di daerah dada. Mengonsumsi kunyit untuk meredakan sakit dada dapat dengan cara menambahkan setengah sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas susu lalu dimasak dan ditambahkan madu sebelum diminum.

3. Jahe

Tidak hanya kunyit, jahe juga ampuh untuk mengobati nyeri pada dada. Senyawa gingerol yang terkandung pada jahe mampu mengurangi kolesterol. Kandungan antioksidan yang terdapat pada jahe mampu melindungi kerusakan pembuluh darah yang diakibatkan karena kolesterol. Jahe juga bagus untuk meredakan gangguan asam lambung, yang termasuk salah satu penyebab sakit dada.

4. Kemangi

Kemangi dapat digunakan sebagai obat sakit dada terutama untuk mengurangi rasa nyeri pada dada. Kandungan magnesium pada kemangi dapat melancarkan aliran darah dengan cara membuat jantung dan pembuluh darah lebih rileks. Lebih jauh lagi, kandungan antioksidan dan juga vitamin A pada daun kemangi dapat mencegah terjadinya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah.

5. Cabe Rawit

Cabe rawat dapat berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan di daerah dada. Kandungan capsaicin pada cabe rawit bersifat anti-inflamasi. Ditambah lagi, kandungan tersebut berperan sebagai regulator darah yang membantu pemulihan aliran darah menuju jantung. Menggunakan cabe rawit sebagai obat sakit dada dapat dilakukan dengan cara mencampurkan setengah hingga satu sendok teh bubuk cabe rawit ke dalam segelas jus buah atau susu.

6. Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu obat sakit dada yang dapat dikonsumsi untuk menangani rasa nyeri akibat naiknya asam lambung. Rasa nyeri pada dada tidak selamanya terjadi karena aliran darah yang kurang lancar tetapi bisa juga terjadi karena kadar asam lambung yang meningkat. Apabila rasa sakit pada dada muncul karena asam lambung yang meningkat maka cuka apel dapat meningkatkan jumlah asam di dalam perut.

7. Kompresan Es

Sakit pada dada juga dapat disebabkan karena otot-otot pada bagian dada yang mengalami ketegangan. Otot yang menegang disebabkan karena membawa barang-barang yang berbobot berat tetapi juga dapat disebabkan karena terjadinya peradangan pada dinding dada. Jika dada terasa sangat nyeri karena ketegangan otot maka cobalah untuk mengompres dada menggunakan kompresan es. Ketika mengompres dengan es tunggulah selama beberapa waktu. Kompresan es dapat mengurangi otot tegang dan juga peradangan pada dada.

8. Mengonsumsi Minuman Hangat

Rasa nyeri yang muncul pada dada dapat terjadi karena tubuh mengandung gas dengan kadar yang berlebihan. Dengan meminum minuman hangat, gas di dalam tubuh dapat mereda dan berkurang sehingga rasa nyeri pada dada pun dapat berkurang. Sebaiknya minuman hangat yang dikonsumsi adalah susu hangat atau teh.

9. Kacang Almond

Kacang almond merupakan salah satu obat sakit dada yang efektif untuk meredakan rasa nyeri pada dada terutama jika rasa nyeri di dada diakibatkan karena asam lambung yang meningkat. Kandungan zat alkali yang terdapat pada almond mampu meringankan gejala meningkatnya asam lambung dan menetralkan asam lambung.

10. Asam Lemak Omega-3

Mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat mencegah terjadinya angina karena kandungan antioksidan dan juga merupakan zat anti-inflamasi. Oleh karena itu, dapat mengurangi nyeri yang muncul pada dada.

Mengobati Nyeri Dada secara Modern

Selain obat-obatan alami, nyeri pada dada juga dapat diobati dengan obat-obatan kimia atau jika sudah terlalu parah harus menjalani operasi. Obat-obatan kimia untuk mengobati rasa nyeri pada dada adalah sebagai berikut:

  1. Nitrogliserin. Obat ini dapat memperlebar pembuluh darah, sehingga dapat membantu mengatasi rasa sakit di dada yang disebabkan oleh tidak lancarnya aliran darah
  2. Aspirin. Obat yang bermanfaat untuk meredakan peradangan jantung.
  3. Obat penetralisir asam lambung. Obat ini ditujukan untuk pasien yang mengalami rasa nyeri dada akibat dari meningkatnya asam lambung.
  4. Obat pengecer darah. Merupakan obat yang dapat berfungsi untuk mengencerkan gumpalan darah yang terdapat di arteri jantung ataupun paru-paru.
  5. Obat antidepresan. Obat ini diberikan jika Anda sering mengalami serangan panik. Serangan panik seringkali turut menyebabkan munculnya rasa nyeri di dada.

Apabila pengobatan dengan menggunakan obat alami ataupun obat-obatan kimia tidak dapat menyembuhkan rasa nyeri pada bagian dada, maka satu-satunya jalan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan tindakan operasi. Berikut ini adalah beberapa tindakan operasi yang ditujukan untuk pasien sakit dada.

  1. Pemasangan balon atau stent. Operasi ini dilakukan apabila rasa sakit pada dada diakibatkan karena jantung yang tersumbat dan sudah cukup parah. Operasi dilakukan dengan cara melebarkan pembuluh darah sehingga nantinya aliran darah tidak terhambat ketika mengalir menuju jantung.
  2. Operasi bypass jantung. Rasa nyeri dada biasanya terjadi karena aliran darah yang terhambat menuju jantung. Operasi ini dilakukan dengan tujuan untuk melancarkan darah yang mengalir menuju ke jantung. Operasi dilakukan dengan cara mengalihkan satu pembuluh darah yang ada di tubuh untuk menggantikan pembuluh darah jantung yang tersumbat.
  3. Perbaikan diseksi aorta. Operasi ini dilakukan apabila rasa nyeri dada mengakibatkan hal yang fatal pada tubuh , yaitu pembuluh darah aorta yang pecah sehingga menghambat aliran darah. Tujuan dari operasi ini adalah untuk menutup diseksi atau memperbaiki pembuluh darah yang terpecah agar aliran darah menjadi lancar kembali.

Rasa nyeri pada dada dapat disebabkan karena banyak hal, baik karena aliran darah yang tidak lancar, asam lambung yang meningkat bahkan dapat juga sebagai gejala dari penyakit yang lebih parah. Oleh karena itu, ketika merasakan nyeri pada dada segeralah melakukan penanganan dengan menggunakan obat sakit dada alami atau dapat langsung berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *