invisible hit counter

Follow US

Pilihlah Obat Batuk Anak 2 Tahun dari Bahan Alami yang Aman

obat batuk anak 2 tahunObat batuk anak 2 tahun yang terbuat dari bahan-bahan alami seharusnya menjadi pilihan utama bagi para orang tua ketika anaknya sedang mengalami batuk. Pasalnya ketimbang mengonsumsi obat-obatan kimia yang mungkin bisa dikonsumsi dalam jumlah banyak karena batuknya tidak kunjung sembuh, cara-cara alami dan tradisional dinilai lebih aman. Meskipun tak bisa dipungkiri bahwa ramuan-ramuan tradisional dan cara-cara yang alami membutuhkan waktu lama untuk bisa menyembuhkan penyakit.

Anak-anak terutama yang usianya masih balita memang sangat rentan terserang berbagai macam penyakit. Hal itu sangatlah wajar karena anak-anak memang masih belum memiliki sistem imunitas yang sempurna layaknya orang dewasa. Virus dan bakteri penyebab penyakit bisa dengan mudah masuk dan menimbulkan masalah kesehatan di dalam tubuh si anak. Tak terkecuali virus dan bakteri yang bisa menyebabkan batuk pada anak. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit tips kepada Anda mengenai bagaimana cara menyembuhkan batuk anak dengan metode tradisional yang aman dan alami.

Ramuan Obat Batuk Anak 2 Tahun yang Aman Dikonsumsi

Membuat sendiri obat-obatan tradisional sebenarnya bisa memberikan beberapa keuntungan untuk Anda. Salah satunya adalah Anda bisa lebih menghemat pengeluaran untuk membeli obat batuk di pasaran yang harganya juga tidak murah. Selain itu ramuan tradisional yang terbuat dari bahan-bahan alami terbukti lebih aman dan tidak akan memberikan efek samping negatif untuk tubuh si anak. Berbeda dengan obat-obatan kimia yang justru terkadang bisa menimbulkan masalah kesehatan baru apabila dikonsumsi secara berlebihan. Lalu ramuan tradisional apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk obat batuk anak 2 tahun tradisional? Simak tips selengkapnya berikut ini.

  1. Jeruk Nipis dan Madu

Obat batuk anak 2 tahun yang pertama adalah ramuan tradisional yang bisa Anda buat dari bahan jeruk nipis dan madu. Di mana pada dasarnya madu memang mengandung nutrisi yang lengkap dan banyak khasiatnya untuk kesehatan. Sedangkan jeruk nipis memiliki sifat mengatasi infeksi dan radang. Untuk menyembuhkan batuk anak, yang harus Anda siapkan adalah 1,5 sendok makan perasan jeruk nipis dan 4 sendok makan madu murni. Setelah itu campurkan kedua bahan tersebut dengan 5 sendok makan air matang. Berikan ramuan ini minimal 3 kali sehari dengan dosis 1 sendok makan. Akan tetapi obat batuk anak 2 tahun tradisional ini tidak disarankan untuk balita berusia di bawah 1 tahun.

  1. Bunga Belimbing Wuluh

Resep obat batuk anak 2 tahun yang selanjutnya terbuat dari bahan dasar bunga belimbing wuluh. Bagi Anda yang tidak tahu belimbing wuluh, bentuknya kecil dan mirip dengan ketimun. Yang sangat khas adalah rasanya, karena belimbing wuluh ini rasanya sangat asam. Akan tetapi kali ini yang akan dimanfaatkan sebagai obat untuk menyembuhkan batuk anak adalah bunganya. Yang perlu Anda siapkan adalah satu genggam bunga belimbing wuluh, 1 sendok gula batu, 1 siung bawang merah, dan setengah gelas air matang. Cara pembuatannya juga cukup mudah, perama potong bawang merahnya menjadi empat bagian. Campurkan semua bahan yang tadi sudah Anda siapkan, lalu campurkan dengan sebutir buah pala yang sudah dihancurkan. Rebus semuanya sampai kurang lebihs atu jam, lalu saring airnya untuk mengobati batuk anak.

Mengobati Batuk Anak 2 Tahun dengan Cara yang Alami

Barusan adalah dua resep obat batuk anak 2 tahun tradisional yang bisa Anda buat dengan mudah. Akan tetapi saran kami, jangan gunakan obat tradisional tersebut untuk balita yang usianya masih di bawah 1 tahun. Selain dengan membuat ramuan tradisional, ada juga beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan sebagai obat batuk anak 2 tahun.

Pertama, Anda bisa memberikan minum dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Mengonsumsi air bisa bisa membantu si anak mengencerkan lendir yang ada di dalam tenggorokannya apabila batuk yang dialami adalah batuk berdahak. Selanjutnya, buat si anak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Selalu luangkan waktu Anda untuk menemani si kecil supaya dia mau diajak untuk tidur siang, terutama ketika sedang dalam kondisi kurang sehat.

Jika terpaksa harus mengonsumsi obat-obatan kimia dengan tujuan supaya bisa sembuh dalam waktu yang lebih cepat, usahakan Anda tidak memberikan obat bebas tanpa ada resep dari dokter. Pasalnya untuk mendapatkan obat batuk anak 2 tahun yang cocok tentu tidak semudah mendapatkan obat batuk untuk orang dewasa. Carilah obat yang benar-benar sesuai dengan gejala yang dialami oleh si anak. Tidak ada istilah coba-coba, karena jika obatnya salah justru kesehatan anak Anda lah yang akan terancam.

Anda juga bisa mengombinasikan obat-obatan yang disarankan oleh dokter dengan beberapa resep ramuan obat batuk anak 2 tahun tradisional yang tadi kami sampaikan. Kalau memungkinkan Anda bisa juga mengonsultasikan tentang obat-obatan tradisional tersebut kepada dokter anak terlebih dahulu. Tanyakan apakah obat itu cocok atau tidak untuk dikonsumsi oleh anak Anda.

Apabila cara menyembuhkan batuk anak secara tradisional seperti yang tadi sudah kami jelaskan masih belum bisa membuat batuk si kecil mereda, segera lihat gejala-gejala yang ditunjukkan oleh si anak. Beberapa gejala yang harus Anda waspadai dan membuat si anak harus segera dibawa ke dokter dan mendapatkan obat batuk anak 2 tahun yang lebih manjur adalah ketika si anak terlihat lebih lesu dari biasanya dan merasa kesakitan. Jika sudah parah, si anak biasanya juga akan mengalami demam tinggi dan kesulitan bernapas. Atau justru sebaliknya, si kecil bisa juga bernapas lebih cepat dari biasanya.

Tips Mencegah Batuk pada Anak 2 Tahun

Supaya buah hati Anda tidak terserang batuk dan pilek, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Sebagai orang tua, pastikan anak Anda selalu mendapatkan asupan susu dan vitamin yang cukup. Atur dan perhatikan juga pola makan si anak supaya daya tahan tubuhnya tetap terjaga dan meningkat. Jika si anak masih minum ASI, maka gunakan ASI supaya si anak tidak rentan terhadap infeksi virus ataupun bakteri dari luar penyebab berbagai macam penyakit.

Itu tadi adalah penjelasan mengenai cara menyembuhkan batuk anak menggunakan obat batuk anak 2 tahun yang alami dan tradisional. Semoga dengan beberapa tips yang barusan kami sampaikan Anda bisa lebih waspada dan bisa menjaga kesehatan buah hati Anda dengan baik. Pasalnya penyakit seperti batuk dan pilek bisa terjadi kapan saja dan penyebabnya pun tidak bisa diprediksi. Namun sebagai orang tua, tentu saja Anda harus selalu siap sedia menjaga buah hati Anda dan paling tidak Anda tahu resep obat batuk anak 2 tahun tradisional sebagai langkah pertolongan pertama. Demikian artikel kali ini, semoga bisa memberikan pengetahuan baru bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *