invisible hit counter

Follow US

Penyebab Terjadinya Perut Kembung Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Penyebab Terjadinya Perut Kembung Saat Hamil dan Cara MengatasinyaBanyak ibu-ibu muda yang baru pertama kali hamil mengeluhkan kondisi perut kembung saat hamil. Bahkan banyak diantara mereka yang panik dan takut terjadi suatu hal yang tidak diinginkan pada kandungan mereka. Padahal sebenarnya kondisi seperti itu cukup wajar dialami oleh semua ibu yang sedang hamil. Selain perut kembung, biasanya ibu hamil muda juga akan mengalami dorongan untuk buang angin yang lebih sering dari biasanya. Penyebabnya cukup alamiah, yakni karena kinerja usus lebih lambat selama masa kehamilan. Lambatnya kinerja usus disebabkan oleh adanya pertukaran hormon progesteron di dalam tubuh ibu hamil.

Jika Anda mengalami perut kembung ketika hamil, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah jangan panik. Namun hal tersebut juga dipengaruhi dengan pengetahuan sang ibu sebelum hamil. Biasanya ada ibu-ibu hamil yang sudah mencari berbagai informasi mengenai kondisi saat hamil, sehingga ketika mengalami suatu gejala mereka tidak lagi panik dan bisa mengatasinya dengan baik. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit informasi mengenai apa saja penyebab perut kembung yang dialami oleh ibu hamil. Kami juga akan berikan kiat-kiat untuk mengatasi rasa mual tersebut. Berikut ulasan selengkapnya.

Penyebab Perut Kembung Saat Hamil yang Perlu Diketahui

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi perut kembung selama masa kehamilan, Anda harus tahu dulu apa penyebabnya dan mengapa hal itu bisa erjadi. Seperti yang tadi sudah kami sampaikan, penyebab kembung saat hamil adalah karena kinerja usus yang lambat. Tapi ternyata selain itu ada beberapa faktor penyebab yang perlu Anda ketahui, supaya di waktu-waktu mendatang Anda tidak perlu lagi panik saat mengalami perut kembung ketika hamil.

Masalah pertama yang bisa menyebabkan perut kembung saat Anda hamil adalah masalah pada rahim. Pada awal masa kehamilan akan terjadi kondisi yang sama dengan saat masa haid atau datang bulan. Akan ada endometrium yang tumbuh dan mengental. Tapi ketika hamil, endometrium bisa lebih kental dan lebih tebal dari biasanya. Kondisi ini membuat kinerja jantung lebih cepat. Akibatnya aliran darah di dalam tubuh akan inggi. Itu dia penjelasan mengapa rahim bisa menjadi salah satu penyebab perut kembung saat hamil.

Selain kondisi rahim, Anda juga perlu menjaga kesehatan pencernaan Anda. Pasalnya sembelit juga bisa menyebabkan kondisi perut kembung ketika Anda hamil. Anda juga perlu menjaga berat badan Anda selama hamil, karena biasanya selama hamil porsi makan akan lebih banyak dari biasanya. Apalagi ketika Anda hamil kegiatan pasti akan berkurang dan menyebabkan kegemukan. Saat gemuk itulah biasanya para ibu akan mengalami perut kembung saat hamil.

Seperti yang tadi sudah kami sampaikan, hormon progesteron bisa menyebabkan perut kembung bahkan bisa sampai terjadi mual dan muntah. Tapi di satu sisi ada juga manfaat positif dari peningkatan jumlah hormon progesteron, yakni untuk meregangkan panggul yang nantinya akan dilewati bayi pada proses persalinan. Tapi dalam kondisi hormon progesteron yang sedang meningkat, Anda perlu mewaspadai beberapa makanan yang bisa mengakibatkan perut kembung saa hamil. Diantaranya adalah makanan yang terlalu pedas, berlemak dan mengandung kafein. Lebih spesifik lagi, ada beberapa makanan yang memang dinilai bisa membuat perut kembung ketika sedang hamil. Diantaranya buah apel, kubis, kacang, lobak, softdrink, mentimun, keju, kentang, dan jagung.

Cara Mengatasi Perut Kembung Ketika Hamil

Lalu bagiamana cara mengatasi kondisi perut kembung saat sedang hamil? Jika memahami beberapa penyebab terjadinya perut kembung tadi, seharusnya sudah tidak ada lagi pertanyaan, “perut kembung saat hamil muda wajarkah?” Semuanya wajar-wajar saja, karena mual, muntah ataupun perut kembung adalah gejala kehamilan yang normal. Kecuali kalau gejala-gejala tersebut terjadi tidak normal. Mungkin ada masalah kesehatan lain yang perlu disembuhkan. Tapi jika Anda mengalami kondisi perut kembung ketika sedang hamil, coba lakukan beberapa cara berikut ini.

  1. Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi perut kembung saat hamil adalah dengan memperbanyak jadwal makan. Ingat, hanya jadwal makannya saja yang diperbanyak, bukan porsi makannya. Jadi Anda disarankan untuk lebih sering makan, misalnya lima sampai enam kali per hari. Tapi untuk porsinya lebih baik dikurangi atau lebih sedikit dari biasanya. Dengan demikian, Anda tidak akan lagi merasa sering kembung.
  2. Seperti yang tadi sudah kami sampaikan, ada beberapa makanan yang memang bisa memicu perut kembung saat hamil. Terutama Anda disarankan untuk menghindari jenis-jenis makanan ataupun minuman yang mengandung banyak gas. Misalnya seperti softdrink yang bersoda, tape atau buah durian. Lalu apakah tidak boleh mengonsumsi makanan atau minuman tersebut? Lebih baik hindari atau minimal jangan terlalu sering.
  3. Secara fisik, Anda juga perlu menjaga kondisi tubuh Anda supaya tidak terjadi perut kembung ketika hamil. Kenakanlah pakaian yang longgar dan membuat Anda merasa nyaman. Meskipun ukuran perut yang besar dan sulit memilih pakaian yang cocok, usahakan tidak memaksakan pakian yang ketat atau membuat perut sesak. Ini justru bisa memicu timbulnya perut kembung.
  4. Untuk menjaga kondisi tubuh supaya tetap fit, ibu hamil juga disarankan untuk melakukan latihan-latihan fisik ringan untuk menjaga kesehatan. Misalnya olahraga seperti yoga atau olahraga-olahraga khusus untuk ibu hamil. Lakukan kegiatan yang bisa membantu relaksasi pernapasan. Ketika Anda nyaman saat bernapas, maka jumlah udara yang masuk ke dalam tubuh pun bisa lebih teratur sehingga tidak menyebabkan perut kembung saat hamil.
  5. Seperti yang barusan sudah kami sampaikan, meskipun ibu hamil disarankan untuk lebih banyak beristirahat, tapi bukan berarti tidak ada aktivitas fisik yang dilakukan. Minimal lakukan olahraga sederhana secara rutin. Salah satunya adalah jalan pagi. Selain bisa membantu relaksasi tubuh dan pikiran melalui pernapasan, olahraga secara rutin juga bisa melancarkan pencernaan.
  6. Gizi dan nutrisi menjadi sangat penting bagi ibu hamil, terlebih karena di dalam tubuh ada makhluk hidup lain yang perlu diperhatikan kondisi kesehatannya. Oleh karena itu Anda perlu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi dan gizi. Tapi ketika sedang makan, usahakan kunyah makanannya secara halus dan jangan berbicara ketika makan. Udara yang terlalu banyak masuk ketika makan bisa membuat perut Anda kembung. Selain itu usahakan juga jangan minum terlalu banyak ketika makan.

Itu dia penjelasan singkat mengenai apa saja penyebab perut kembung saat hamil. Jadi setelah ini Anda tidak perlu lagi panik ketika mengalami perut kembung selama masa kehamilan. Itu adalah hal yang sangat wajar dan dialami oleh semua ibu hamil. Tapi kalau Anda ragu dan merasa ada gejala yang tidak wajar, lebih baik Anda periksakan ke dokter kandungan. Barang kali ada masalah kesehatan lain yang berbahaya untuk kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *