invisible hit counter

Follow US

Penyebab Migrain Sebelah Kiri yang Mengganggu Aktivitas Anda

Penyebab Migrain Sebelah Kiri yang Mengganggu Aktivitas AndaBagi Anda yang perna atau bahkan sering mengalami migrain sebelah kiri, maka simaklah artikel berikut ini yang akan membahas tentang apa saja penyebab migrain sebelah kiri. Migrain atau sakit pada salah satu sisi kepala (sakit kepala sebelah) dapat terjadi pada sisi kanan maupun sisi kiri. Keluhan yang dirasakan biasanya berupa kepala berdenyut-denyut, seperti tertusuk, dan dapat disertai dengan gejala lain seperti penglihatan kabur, mual, maupun muntah. Migrain dapat berlangsung ringan maupun berat. Migrain ringan biasanya muncul hanya sebentar dan cepat hilang ketika beristirahat. Namun pada migrain berat dapat berlangsung lama dan sulit hilang walaupun sudah beristirahat dan minum obat.

Pada saat mengalami migrain tentunya sangat menggangu, aktivitas penting pun dapat terhenti karenanya. Migrain dapat menyerang siapa saja baik pria maupun wanita. Namun dari berbagai penelitian, wanita memiliki risiko lebih tinggi daripada pria untuk menderita migrain karena beberapa faktor misalnya akibat faktor hormonal maupun konsumsi obat tertentu yang berdampak pada perubahan hormon (misalnya konsumsi pil KB). Orang yang mengalami migrain biasanya dapat mengalami seringan berulang (kambuh) terutama jika faktor pemicu/penyebabnya datang atau pada waktu kondisi badannya kurang fit.

Berbagai Penyebab Migrain sebelah Kiri yang Penting untuk Anda Ketahui

Migrain seringkali menyerang secara mendadak, sehingga tentunya cukup mengkhawatirkan terutama jika penderitanya sedang menjalani aktivitas penting seperti pada saat ujian, presentasi, konsentrasi kerja, mengemudikan kendaraan, dan sebagainya. Oleh karena itu Anda jangan menganggap remeh migrain ini karena bisa jadi disebabkan karena ada yang tidak beres dalam organ tubuh Anda. Migrain sebelah kiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor baik faktor yang ringan maupun berat. Berbagai penyebab migrain sebelah kiri antara lain sebagai berikut:

1. Sinusitis

Sinusititis merupakan peradangan pada lapisan sinus di dalam tulang kepala. Ketika kondisi ini terjadi maka dapat menyebabkan migrain sebelah kiri. Selain sakit kepala, sinusitis biasanya disertai dengan gejala lain seperti hidung tersumbat, munculnya ingus dari hidung, batuk, ataupun sakit tenggorokan. Penyebab sinusitis bisa bermacam-macam, yang paling sering yaitu akibat alergi dan polusi udara.

2. Sakit kepala klaster

Sakit kepala klaster juga dapat menjadi penyebab migrain sebelah kiri. Sakit kepala klaster merupakan sakit kepala parah yang ditandai dengan keluhan sakit kepala sebelah kemudian menyebar ke daerah lain di area kepala maupun leher. Pada sakit kepala klaster bisanya juga disertai dengan gejala sakit/nyeri pada salah satu bagian mata, kelopak mata, pilek/hidung tersumbat, serta pembengkakan pada salah satu sisi wajah yang terkena. Selain itu dapat pula disertai dengan kepekaan terhadap cahaya, mual, maupun muntah.

3. Sakit kepala tegang

Sakit kepala tegang juga sering menjadi penyebab migrain sebelah kiri, yang biasanya ditandai dengan rasa tegang, nyeri tumpul, atau adanya tekanan lokal pada salah satu sisi kepala. Ketegangan biasanya juga terjadi pada daerah sekitarnya yaitu pada leher dan bahu. Sakit kepala tegang ini biasanya disebabkan karena stres atau terlalu berkonsentrasi pada waktu yang lama.

4. Konsumsi makanan/minuman tertentu

Anda juga perlu memperhatikan makanan/minuman yang Anda konsumsi sehari-hari karena bisa jadi merupakan salah satu penyebab migrain sebelah kiri. Makanan/minuman tersebut jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat menimbulkan pusing karena mekanisme tertentu misalnya meningkatkan tekanan darah, mengiritasi organ tertentu yang berkaitan dengan syaraf, maupun berdampak pada metabolisme tubuh. Makanan/minuman tersebut antara lain makanan berbahan pengawet, makanan yang diasinkan, diasamkan, dan difermentasikan, coklat, keju, minuman yang mengandung kafein, dan minuman beralkohol.

5. Menstruasi

Faktor hormonal juga dapat menyebabkan terjadinya migrain sebelah kiri, salah satunya terjadi pada wanita yang sedang mengalami menstruasi. Migrain pada menstruasi ini terjadi akibat menurunnya hormon estrogen saat peluruhan dinding sel rahim. Migrain biasanya terjadi menjelang atau pada saat menstruasi. Migrain saat menstruasi juga sering dibarengi dengan gejala nyeri perut bagian bawah.

6. Aneurisma

Penyebab migrain sebelah kiri yang selanjutnya yaitu aneurisma. Aneurisma merupakan pembengkakan/penonjolan dinding arteri akibat kelemahan dinding pembuluh darah atau karena rusaknya struktur pembuluh darah arteri. Aneurisma yang menyebabkan migrain biasanya aneurisma yang terjadi pada arteri di otak. Terjadinya aneurisma dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain kelainan pembuluh darah arteri sejak lahir, hipertensi, arteriosklerosis, maupun degenerasi karena faktor usia.

7. Stroke

Stroke merupakan penyakit berbahaya yang terjadi dimana pembuluh darah menuju ke otak terjadi penyumbatan. Penyumbatan ini dapat terjadi akibat kolesterol maupun gumpalan darah yang pecah. Pada awal gejala stroke dapat ditandai dengan sakit kepala hebat yang salah satunya dapat terjadi migrain sebelah kiri yang disertai dengan gejala lain seperti pandangan ganda, mual/muntah, serta kelemahan otot pada salah satu sisi anggota tubuh. Jika seseorang terkena stroke maka harus cepat dibawa ke dokter atau fasilitas layanan kesehatan terdekat untuk menolong nyawanya atau menghindarkan dari kecacatan/kelumpuhan.

8. Tumor otak

Salah satu penyebab migrain sebelah kiri yang juga sangat berbahaya yaitu tumor otak. Tumor otak merupakan pertumbuhan sel liar dalam otak sehingga membentuk massa yang mengisi di bagian tertentu di otak. Jika massa di otak ini bertambah besar maka akan mendesak sel syaraf maupun jaringan-jaringan di sekitarnya sehingga dapat menimbulkan berbagai gejala, yang salah satu diantaranya yaitu sakit kepala.

Untuk mendeteksi penyebab migrain sebelah kiri secara pasti Anda dapat berkonsultasi ke dokter terutama jika dipengaruhi oleh gangguan pada organ tubuh. Pada umumnya migrain disebabkan oleh gangguan pada aktivitas otak yang mengganggu keseimbangan kimia dan pembuluh darah otak. Namun gangguan aktivitas otak ini tentunya faktor pemicunya bisa bermacam-macam, seperti yang telah dijelaskan di atas. Untuk pemicu yang berasal dari luar, misalkan faktor makanan atau lingkungan, maka Anda dapat melakukan deteksi dini secara mandiri penyebab migrain tersebut. Misalkan migrain Anda kambuh setelah mengkonsumsi makanan/minuman atau obat-obatan tertentu dan itu terjadi secara rutin maka kemungkinan besar faktor tersebut lah yang menjadi penyebabnya.

Agar terhindar dari gangguan migrain, maka sebaiknya Anda selalu menerapkan pola hidup sehat yang secara langsung maupun tak langsung berpengaruh terhadap kejadian migrain. Lakukan olahraga secara rutin, karena olahraga dapat menyehatkan jantung dan memperlancar aliran darah. Dengan aliran darah yang lancar maka menurunkan risiko terkena migrain. Hindari makanan yang banyak mengandung lemak, gula, dan garam. Lemak dan gula yang menumpuk dalam darah maka akan menjadi kolesterol yang bisa menghambat aliran darah terutama yang menuju ke darah sehingga memicu timbulnya migrain. Sedangkan terlalu banyak konsumsi garam juga dapat meningkatkan tekanan darah yang salah satunya efeknya dapat timbul migrain. Selain itu, luangkan waktu untuk beristirahat secara cukup dan menghindari stres. Kontrol selalu berat badan, tekanan darah, kolesterol darah, maupun gula darah secara berkala untuk memantau kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *