invisible hit counter

Follow US

Penyebab Kaki Bengkak saat Hamil 9 Bulan dan Tips Mudah Mengatasinya

Penyebab Kaki Bengkak saat Hamil 9 Bulan dan Tips Mudah MengatasinyaKita pasti pernah mengamati seorang wanita yang mengalami kaki bengkak saat hamil 9 bulan maupun mengalaminya sendiri. Kaki bengkak saat sedang hamil memang merupakan masalah yang sering dikeluhkan oleh seorang wanita hamil selain mual muntah dan nyeri pinggang. Bengkak pada kedua kaki seorang wanita biasanya timbul pada awal kehamilan trimester ketiga hingga akhir kehamilan. Bengkak pada kedua kaki seorang wanita hamil biasanya akan semakin terasa pada akhir kehamilan dan dapat mengganggu aktivitas wanita tersebut.

Bengkak pada kaki yang dikenal dengan istilah edema selama masa kehamilan sebenarnya merupakan hal yang normal dan wajar terjadi. Hal ini disebabkan karena saat seorang wanita hamil, tubuhnya akan memproduksi 50% lebih banyak cairan dan darah untuk memenuhi kebutuhan sang bayi. Lalu apakah bengkak pada kaki ini berbahaya? Apa saja penyebab kaki bengkak saat hamil? Dan bagaimana cara mengatasi kaki bengkak saat hamil? Simak ulasan di bawah ini.

Penyebab Umum Kaki Bengkak saat Hamil 9 Bulan

Bagi para wanita atau suami yang melihat istrinya mengalami kaki bengkak saat hamil 9 bulan, jangan panik! Seperti sudah dibicarakan sebelumnya bengkak pada kaki seorang wanita hamil yang terjadi pada usia akhir kehamilan bukan merupakan hal yang perlu ditakutkan karena akan hilang dengan sendirinya. Mari kita bahas satu per satu penyebabnya.

  • Kelebihan cairan

Sudah tidak asing lagi bahwa wanita hamil akan bertambah berat badannya saat hamil, hal sederhana ini disebabkan oleh proses hormonal. Dalam tubuh seorang ibu hamil, terjadi pengeluaran hormon kortisol dan aldosteron yang akan menahan air di dalam tubuh ibu hamil. Selain itu, proses metabolisme di dalam tubuh ibu hamil juga meningkat dimana semua hal ini terjadi untuk menyediakan kebutuhan sang bayi terutama dalam tumbuh dan kembangnya di dalam rahim.

Cairan yang tertahan di dalam tubuh ini awalnya akan memenuhi pembuluh darah dan karena proses ini berlangsung dalam waktu yang tidak singkat (selama 9 bulan) maka cairan ini akan merembes ke jaringan sekitar dan menyebabkan bengkak terutama di kaki. Ini merupakan salah satu alasan mengapa bengkak pada kedua kaki wanita hamil disebut normal dan dalam dunia medis disebut dengan edema fisiologis.

  • Malas bergerak

Mungkinkah kurang gerak menjadi salah satu penyebab kaki bengkak saat hamil 9 bulan? Jawabannya, mungkin! Hal ini selain disebabkan oleh kelebihan cairan yang memang akan terjadi dalam tubuh setiap wanita hamil dan tentu saja hal ini tidak bisa dihindari, ditambah lagi kebiasaan seorang wanita hamil jika malas bergerak.

Darah dari pembuluh darah yang berada di bagian bawah tubuh kita seperti kedua kaki membutuhkan pergerakan aktif dari otot-otot kaki kita untuk memompa darah ke atas. Untuk itu para wanita hamil pasti bertanya mengapa hanya kedua kaki yang mengalami bengkak? Hal ini disebabkan oleh faktor gaya gravitasi yang tinggi pada anggota tubuh bagian bawah kita seperti kedua tungkai dan kaki.

  • Aliran darah kurang lancar

Penyebab kaki bengkak saat hamil 9 bulan yang ketiga ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari 2 poin di atas, kelebihan cairan yang diperberat dengan kurangnya aktivitas fisik seorang wanita hamil pada akhirnya akan menyebabkan aliran darah balik ke jantung akan terhambat. Sayangnya aliran darah yang tidak lancar ini juga akan diperberat karena membesarnya rahim pada usia kandungan yang sudah tua. Ukuran rahim yang semakin membesar akan menekan dan menghambat aliran darah yang dibawa oleh pembuluh darah dari kaki.

Tips Mudah Cara Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

Setelah kita mengetahui penyebab-penyebab mengapa wanita hamil kebanyakan mengalami keluhan kaki yang bengkak pada usia kehamilan tua, maka kita perlu membahas penanganannya. Di bawah ini kami anjurkan beberapa tips mudah yang bisa ibu lakukan sendiri di rumah guna mengurangi bengkak pada kedua kaki.

  • Kurangi waktu berdiri yang terlalu lama, seperti yang sudah kita ketahui bersama faktor gravitasi yang disertai kurangnya pergerakan otot-otot kedua kaki akan menyebabkan bengkak yang semakin parah. Untuk itu bagi wanita hamil pada trimester terakhir, kurangi aktivitas yang menyebabkan anda berdiri terlalu lama.
  • Gerakan kaki anda! Tips mudah selanjutnya adalah bergerak. Ingat, dengan bergerak anda melancarkan aliran darah balik dari kedua kaki ke jantung. Gerakan yang perlu anda lakukan seperti dengan memutar pergelangan kedua kaki atau anda bisa melakukan pemijatan di daerah betis, cukup dengan pemijatan ringan ke arah atas sudah sangat membantu.
  • Hindari penggunaan sendal atau sepatu yang sesak. Bagi wanita hamil yang mengalami bengkak pada kedua kakinya lebih dianjurkan untuk menggunakan alas kaki yang longgar karena tidak akan terlalu mengikat dan meningkatkan perembesan cairan ke jaringan sekitar pada kaki anda.
  • Duduk dan berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi. Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil berikut ini juga sangat mudah dilakukan oleh ibu di rumah. Jika sedang duduk atau tidur, anda bisa menambah bantal atau sanggahan lainnya di bawah kedua kaki sehingga bisa membantu memperlancar aliran balik darah.
  • Atur pola makan dan berolahraga. Kedua hal ini juga sangat penting bagi wanita hamil dengan keluhan bengkak pada kedua kakinya. Pola makan yang dimaksudkan adalah konsumsi garam secukupnya karena dengan konsumsi berlebihan bisa menahan banyak cairan dalam tubuh kita. Cobalah olahraga ringan seperti jalan pagi memutari kompleks rumah atau berjalan di dalam kolam renang untuk mengurangi bengkak pada kedua kaki anda.

Setelah membahas mengenai kemungkinan-kemungkinan penyebab yang normal terjadi pada wanita hamil dan beberapa cara mudah menanganinya, setiap wanita hamil harus tetap mengingat bahwa bengkak ini bisa menjadi tanda adanya bahaya yang membayangi kehamilan anda. Terdapat beberapa tanda yang harus anda waspadai jika saat hamil anda sering mengalami bengkak pada kaki.

Tekanan darah yang tinggi saat hamil, terutama jika anda memiliki tekanan darah 140/90 mmHg atau lebih. Untuk itulah setiap wanita hamil harus rajin mengukur tekanan darahnya pada tenaga kesehatan dan dipantau terus hingga saat melahirkan. Selain tekanan darah yang tinggi, jika ibu mengalami bengkak yang makin terasa pada seluruh tubuh terutama pada kedua tangan dan secara tiba-tiba meningkat hebat pada kedua kaki atau jika bengkak ini hanya dirrasakan pada salah satu kaki dan disertai dengan nyeri hebat, rasa panas dan kemerahan pada kaki tersebut.

Perhatikan juga jika ibu hamil yang mengalami bengkak pada kedua kaki secara tiba-tiba mengalami sesak nafas dan kesulitan bernafas, kehilangan kesadaran, sakit kepala hebat, gemetar bahkan kejang. Jika anda menemukan salah satu gejala di atas, segera hubungi dokter atau bidan anda guna mendapat penanganan yang tepat.

Demikianlah artikel mengenai beberapa penyebab kaki bengkak saat hamil 9 bulan dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *