invisible hit counter

Follow US

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat Menelan

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Saat MenelanSakit tenggorokan saat menelan adalah keluhan yang seringkali dialami oleh banyak orang. Banyak hal yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan saat menelan yang dirasakan bisa dari bagian atas leher atau bagian bawah tenggorokan bahkan dapat dirasakan hingga di bagian bawah di area belakang tulang dada. Rasa sakit tersebut pastilah tidak nyaman karena dapat disertai dengan sensasi terbakar atau terasa seperti tekanan kuat pada tenggorokan. Lantas, apa saja penyebab sakit tenggorokan dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Sakit Tenggorokan Saat Menelan

Biasanya, sakit tenggorokan disebabkan karena mengalami batuk pilek, radang tenggorokan, dan berbagai penyakit lain yang berhubungan langsung dengan tenggorokan, namun sebenarnya banyak juga penyebab-penyebab lain yg tidak berhubungan langsung dengan tenggorokan yang dapat menyebabkan sakit ini. Inilah bermacam hal yang bisa menjadi penyebab sakit tenggorokan saat menelan:

  1. Radang Tenggorokan

Penyebab sakit tenggorokan dapat disebabkan karena infeksi virus, infeksi bakteri atau sebagai bentuk reaksi alregi terhadap lingkungan. Rasa sakit yang muncul pada tenggorokan ketika sedang menelan khususnya ditimbulkan oleh bakteri streptococcal pada tenggorokan dan amandel. Tidak hanya bakteri, kondisi tersebut juga dapat disebabkan karena virus. Baik virus atau bakteri tersebut kan mengakibatkan inflamasi dan juga iritasi pada area dinding tenggorokan. Salah satu tanda atau gejala dari radang tenggorokan adalah rasa sakit tenggorokan ketika menelan.

  1. Penyakit Asam Lambung

Bagi penderita asam lambung yang cukup parah, besar kemungkinan untuk mengalami sakit tenggorokan saat menelan sehingga akan kesulitan ketika menelan. Hal tersebut terjadi karena asam lambung yang mengalir naik kembali menuju ke kerongkongan. Karena cairan asam lambung memiliki sifat asam aka dampaknya adalah mengiritasi dinding kerongkongan. Kondisi tersebut yang menjadi penyebab rasa nyeri saat menelan. Bahkan asam lambung dapat menyebabkan gangguan pernapasan.

  1. Radang Amandel

Amandel seharusnya membantu pencegahan masuknya infeksi ke dalam tubuh. Tetapi ketika terjadi infeksi pada amandel, akan menyebabkan radang amandel. Radang amandel terjadi karena bakteri dan virus yang menular. Apabila tidak segera diobati maka penyakit ini akan mengakibatkan komplikasi yang serius. Salah satu gejala dari radang amandel adalah rasa sakit tenggorokan saat menelan.

  1. Difteri

Sakit tenggorokan saat menelan juga dapat berpotensi sebagai gejala penyakit difteri. Difteri disebabkan karena infeksi bakteri Corynbebacterium diphteriae. Racun dari bakteri tersebut mempengaruhi tenggorokan dan selaput lendir pada hidung dengan cara membentuk selaput putih yang lebih tebal di atas permukaan pada hidung, lidah, tenggorokan, serta saluran pernapasan lainnya.

  1. Luka Karena Duri Ikan

Sakit tenggorokan saat menelan dapat diakibatkan karena terdapat luka pada bagian tenggorokan dimana salah satu penyebabnya adalah karena duri ikan yang melukai bagian dalam tenggorokan tersebut atau masih ada duri ikan yang tersangkut di dalam tenggorokan. Oleh karena itu, berhati-hatilah ketika memakan ikan.

  1. Alergi

Alergi juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya rasa sakit pada tenggorokan. Awalnya alergi tersaring pada hidung sehinga akan menjadi pilek. Hal itu membuat lendir masuk ke bagian tenggorokan. Itu dapat menjadi penyebab munculnya rasa sakit pada tenggorokan.

Beberapa penyebab lain sakit tenggorokan saat menelan:

  1. Terjadinya pembesaran kelenjar adenoid dan juga kelenjar getah bening yang dapat disertai dengan sakit kepala, demam, dan juga nyeri otot.
  2. Terjadinya batuk pilek atau flu yang disertai dengan hidung yang tersumbat, bersin, demam dan terkadang juga dengan sakit kepala.
  3. Iritasi tenggorokan yang biasanya terjadi karena memakan makanan yang mengiritasi seperti kerupuk, keripik, gorengan dan makanan pengiritasi lainnya.
  4. Sakit tenggorokan saat menelan juga dapat disebabkan karena sariawan pada tenggorokan.
  5. Terjadinya peradangan pada tenggorokan.
  6. Infeksi pada telinga yang disertai sakit pada telinga hingga keluarnya cairan dari telinga.
  7. Terjadinya infeksi pada gigi serta gusi terutama gusi pada bagian belakang.

Cara Mengatasi Rasa Sakit Pada Tenggorokan Ketika Menelan

Pada dasarnya, mengobati sakit tenggorokan saat menelan tergantung dari penyebab rasa sakit itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

  1. Berkumur Menggunakan Air Garam

Berdasarkan beberapa penelitian yang sudah dilakukan, berkumur dengan air garam dapat mengatasi pembengkakan pada bagian tenggorokan karena kuman-kuman yang menyebabkan pembengkakan tersebut akan terbunuh. Selain itu, berkumur air garam dapat pula membantu menghilangkan lendir serta mengurangi bakteri dan iritasi.

  1. Mengkonsumsi Banyak Air Putih

Mengkonsumsi banyak air putih memang sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama dalam menghindari terjadinya dehidrasi, mulailah untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak apalagi jika sedang sakit tenggorokan. Dengan mengkonsumsi air putih, selaput lendir dapat tetap terjaga kelembabannya. Apabila tidak kekurangan cairan maka tubuh dapat memerangi bakteri dan juga iritasi yang dapat terjadi di dalam tubuh.

  1. Minum Teh

Mengkonsumsi teh pada pagi hari akan memberikan efek relaksasi saat mengalami sakit tenggorokan. Teh non-herbal dari daun the yang berwarna hijau, hitam ataupun putih dapat membuat tubuh mampu melawan infeksi serta dapat meningkatkan sistem imun tubuh dikarenakan kandungan oksidan yang tinggi pada the tersebut.

  1. Meminum Campuran Madu dan Lemon

Madu berkhasiat untuk mengurangi peradangan dan lemon yang mengandung vitamin C tinggi berkhasiat untuk memperkuat sistem imun tubuh dan membunuh kuman yang menyerang tubuh. Oleh karena itu, kombinasi antara madu dan lemon adalah salah satu cara yang efektif untuk meringankan sakit saat menelan.

  1. Berkonsultasi Pada Dokter

Apabila rasa sakit tenggorokan saat menelan sudah cukup parah, tentu saja berkonsultasi pada dokter menjadi jalan keluar terbaik. Setelah berkonsultasi dengan dokter, dokter akan memberi antibiotik untuk mengobati infeksi pada tenggorokan, infeksi tenggorokan, infeksi amandel dan juga infeksi dalam mulut.

Selain cara-cara diatas, terdapat cara-cara lain berikut yang dapat mengatasi sakit tenggorokan saat menelan.

  1. Tidak hanya antibiotik tetapi obat-obatan pereda demam dan rasa nyeri juga perlu untuk dikonsumsi, contohnya ibuprofen dan parasetamol.
  2. Obat antasida yang berguna untuk mengurangi terjadinya peradangan pada kerongkongan karena peningkatan asam lambung. Tetapi, untuk penderita asam lambung kronis atau penyakit gastroesophageal reflux (GERD) akan diberlakukan obat khusus untuk menyembuhkannya.
  3. Rasa sakit tenggorokan saat menelan yang sering kambuh biasanya terjadi karena sakit amandel. Apabila obat tidak mampu mengobatinya maka satu-satunya jalan untuk menyembuhkannya adalah dengan operasi amandel.
  4. Istirahat yang cukup dan juga makan secara teratur khususnya bagi yang memiliki masalah pada asam lambung.
  5. Mengkonsumsi makanan yang berkuah atau yang lunak yang tidak sulit untuk ditelan sehingga tidak memperparah kondisi.

Kondisi sakit pada tenggorokan tentunya sangatlah membuat tidak nyaman terutama karena tenggorokan akan mempengaruhi proses pencernaan dan juga proses pernapasan. Terdapat banyak hal yang mampu menyebabkan munculnya rasa sakit pada tenggorokan. Tetapi, rasa sakit tenggorokan saat menelan bukanlah hal yang perlu terlalu dikhawatirkan karena kemungkinannya kecil sebagai indikasi penyakit yang lebih parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *