invisible hit counter

Follow US

Panduan Memilih Buah yang Bagus untuk Diet Anda

Panduan Memilih Buah yang Bagus untuk Diet AndaMemilih buah yang bagus untuk diet sangat penting untuk membantu mensukseskan program diet. Buah merupakan salah satu jenis makanan yang terkenal untuk diselipkan di menu sehari – hari, bahkan tidak jarang yang mengganti menu makanan mereka dengan buah untuk diet. Buah banyak menjadi alternatif makanan untuk mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan atau untuk menjaga berat badan yang ideal. Hal tersebut tidaklah heran karena buah, begitu juga dengan sayuran memiliki reputasi rendah kalori dan rendah lemak. Selain itu kedua jenis makanan ini juga terkenal memiliki banyak nutrisi, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Namun apakah semua buah cocok dijadikan sebagai pengganti makanan untuk diet? Terkadang banyak mitos yang berseliweran mengenai buah, ada buah yang bagus untuk diet, ada pula buah yang justru dihindari sebagai menu diet.

Fakta Mengenai Buah dan Sayuran

Mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari merupakan hal yang penting untuk kesehatan tubuh serta dapat membantu kita menurunkan berat badan yang berlebih. Hampir semua buah dan sayuran mempunyai kandungan kalori, karbohidrat dan lemak yang sedikit, namun memiliki serat dalam jumlah yang tinggi. Serat merupakan bagian dari tumbuh – tumbuhan yang dapat membantu pergerakan usus, melarutkan lemak dalam darah serta dapat melancarkan saluran pencernaan. Hal menarik lainnya mengenai serat ialah dapat memenuhi rongga lambung dengan cepat sehingga membuat kita cepat merasa kenyang. Buah dan sayuran juga mengandung banyak sekali jenis vitamin, mineral dan antioksidan yang berguna bagi tubuh. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan agar tubuh tetap sehat terlindung dari penyakit.

Para ahli mengatakan bahwa manusia cenderung makan makanan dalam volume yang sama setiap harinya, bukan dalam jumlah kalori yang sama. Buah dan sayuran merupakan makanan yang banyak mengandung serat yang artinya bervolume besar. Jadi, bila kita ingin menurunkan berat badan sangatlah penting untuk makan makanan yang berkalori rendah namun memiliki volume yang besar seperti buah dan sayuran.

Beberapa Kategori Buah yang bagus untuk diet

Buah yang bagus untuk diet dapat dibagi menjadi lima macam kategori :

  • Buah tinggi karbohidrat

Buah – buahan yang kaya akan karbohidrat, seperti pisang, pear, apel, kiwi, nanas, mangga, cherry, kismis dan anggur sangat cocok dimakan untuk sarapan. Kategori ini memberikan kalori yang tinggi untuk memulai hari dan sangat cocok untuk berbuka dari ‘puasa’ semalam.

  • Buah rendah karbohidrat

Melon, pepaya dan jambu batu merupakan buah – buahan yang rendah kalori. Buah – buahan ini mempunyai kandungan air yang tinggi. Buah pada kategori ini tidak memberi beban kalori yang tinggi pada tubuh, malahan dapat membantu proses penurunan berat badan.

  • Buah yang asam dan beri.

Buah yang asam mengandung kalori yang rendah. Buah – buahan tipe ini termasuk rasberi, blackberry, cranberry, strawberry, blueberry, lemon dan jeruk nipis. Buah – buahan ini memperlancar pencernaan dan detoksifikasi. Makanan yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh tubuh dapat dibantu dibersihkan dengan buah – buahan ini. Buah blackberry juga mengandung banyak antioksidan yang dapat mencegah penyakit kanker dan penuaan dini. Selain itu, buah – buahan ini juga dapat membantu fungsi jantung dan peredaran darah.

  • Buah yang mengandung banyak air

Buah seperti melon, semangka dan jeruk mempunyai kandungan air yang tinggi serta karbohidrat yang tinggi pula. Buah – buahan ini baik untuk mereka yang kurang minum dan menjaga agar tubuh tetap mengandung air yang cukup. Buah ini juga dapat membantu detoksifikasi sistem pencernaan.

  • Buah kering

Termasuk di kategori ini ada kismis dan korma. Buah kering mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Kombinasikan buah ini dengan buah lain demi mendapatkan vitamin dan mineral yang optimal untuk tubuh. Buah ini juga membantu mengoptimalkan sistem imunitas tubuh dan membantu detoksifikasi. Namun hati – hati karena buah ini mengandung kalori yang tinggi.

Apakah Boleh Makan Buah Sebanyak yang Saya Mau?

Seperti yang telah dipaparkan di atas, ternyata tidak semua buah mengandung kalori yang sedikit. Bahkan buah dengan kalori yang sedikit pun tetap memiliki kalori dan karbohidrat. Pernyataan bahwa ‘makan buah sebanyak – banyaknya tidak akan menaikkan berat badan’, sayangnya merupakan pernyataan yang salah. Orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan tidak disarankan mengkonsumsi buah sebanyak – banyaknya untuk menahan lapar, karena semua buah tetap memiliki kandungan kalori. Terutama jangan mengkonsumsi buah yang tinggi karbohidrat, yang artinya mengandung banyak gula seperti jeruk, anggur, mangga sebagai penahan rasa lapar Anda. Gula yang terdapat pada buah juga merupakan gula yang sederhana, yang artinya mudah diserap oleh tubuh. Jenis gula yang dikandung buah adalah fruktosa, yang harus diubah oleh hati untuk dapat dipakai sebagai bahan energi tubuh kita. Berita buruknya ialah bila gula dalam darah sudah cukup tinggi, kelebihan fruktosa dapat diubah oleh hati menjadi lemak sebagai cadangan makanan. Hal ini malah dapat menaikkan berat badan kita. Jadi, buah yang bagus untuk diet adalah buah yang rendah kalori dan rendah karbohidrat, serta tidak boleh dimakan dalam jumlah yang sangat besar pula.

Perlunya Mengonsumsi Sayuran Untuk Diet

Sayuran merupakan saudara buah – buahan. Berita baiknya, sayuran juga merupakan makanan yang ideal untuk menunjang program diet Anda. Sama seperti buah, sayuran juga mengandung banyak serat yang akan membantu Anda merasa kenyang. Sayuran juga memiliki banyak vitamin, mineral dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk dapat berfungsi dengan baik. Sayuran seperti tomat, wortel dan paprika mengandung serat yang larut dalam darah yang membantu tubuh Anda menurunkan kadar kolesterol. Sayur – sayuran hijau seperti brokoli, selada air, kangkung dan bayam mengandung serat yang tidak larut dalam darah sehingga dapat membantu kelancaran proses pencernaan Anda dan bila dikonsumsi setiap hari terbukti dapat mencegah penyakit kanker usus besar. Sayuran juga terhitung mempunyi kalori yang lebih rendah dibandingkan buah – buahan, sehingga sangat ideal untuk dimasukkan ke dalam menu diet Anda.

Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat, buah dan sayur untuk diet merupakan pilihan yang baik. Jadi, buah yang bagus untuk diet itu apa saja? Jawabannya ialah semua buah adalah pilihan yang bagus, karena setiap jenis buah memiliki kandungan vitamin yang berbeda dan baik untuk tubuh. Cobalah makan berbagai macam buah setiap harinya. Perlu diingat untuk tidak mengkonsumsi buah kering dalam jumlah banyak karena kurang mengenyangkan namun memiliki kandungan kalori yang tinggi. Sajikan buah dan sayuran dalam lima kali sajian, dapat dimasukkan ke dalam menu makanan berat dan sebagai makanan selingan antar waktu makan. Pilihlah warna buah dan sayuran yang berbeda – beda agar tubuh mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *