invisible hit counter

Follow US

Panduan Memilih Buah untuk Ibu Hamil Muda

buah kurmaPada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit informasi kepada Anda mengenai beberapa jenis buah untuk ibu hamil muda, baik yang boleh dikonsumsi ataupun yang menjadi pantangannya. Secara umum semua orang disarankan untuk mengonsumsi buah secara rutin. Tak terkecuali bagi ibu hamil, karena ibu hamil akan membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak ketimbang hari-hari biasanya. Hal ini dikarenakan asupan nutrisi dan gizi yang masuk ke tubuh sang ibu, bukan hanya berperan untuk menjaga kesehatan ibu hamil saja.

Akan tetapi bayi yang ada di dalam kandungan juga harus selalu mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang cukup. Nutrisi dan gizi yang diterima oleh bayi di dalam kandungan sangat memengaruhi tumbuh kembang bayi. Oleh karena itu Anda tidak boleh menyepelekan masalah ini. Buah merupakan salah satu sumber nutrisi dan gizi yang cukup lengkap. Lalu jenis buah apa saja yang cocok dikonsumsi oleh ibu hamil? Berikut ini akan kami jelaskan jenis buah apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil.

Buah untuk Ibu Hamil Muda yang Boleh Dikonsumsi

Secara umum semua buah memang sehat dan boleh dikonsumsi. Akan tetapi ternyata untuk ibu hamil, ada beberapa jenis buah yang tidak disarankan untuk dikonsumsi. Apalagi bagi ibu hamil yang usia kehamilannya masih muda. Oleh karena itu buah untuk ibu hamil trimester pertama harus dipilih dengan tepat dan benar. Buah kurma, alpukat dan manggis dinilai sebagai jenis buah terbaik yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Dan berikut ini adalah penjelasan mengapa kurma, alpukat dan manggis sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil muda.

  1. Kurma

Buah kurma mungkin sangat identik dengan negara Arab Saudi. Selain itu kurma juga menjadi salah satu jenis buah yang sangat identik dengan bulan Ramadhan. Anda juga harus tahu bahwa ternyata buah kurma juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Pasalnya buah yang satu ini memang diketahui banyak mengandung serat, kalium, mangan, besi, fosfor, kalsium, magnesium, dan belerang. Kandungan-kandungan tersebut memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil.

Manfaat buah kurma untuk ibu hamil diantaranya adalah untuk meningkatkan kadar hemoglobin di dalam tubuh. Pasalnya selama hamil, biasanya seorang ibu sangat rentan mengalami anemia. Oleh karena itu selama masa kehamilan seorang ibu hamil wajib mendapatkan asupan kalium yang cukup. Di mana buah kurma memang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Bukan hanya itu, namun apabila ibu hamil mengonsumsi kurma sampai menjelang masa persalinan, buah ini juga dinilai bisa membantu menguatkan dinding rahim menjelang masa persalinan.

  1. Alpukat

Jenis buah utnuk ibu hamil muda yang selanjutnya adalah alpukat. Alasannya adalah karena buah asal Meksiko ini memiliki banyak kandungan kalium dan vitamin B kompleks. Di mana kandungan-kandungan tersebut memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk tumbuh kembang janin dan juga untuk menjaga kondisi ibu selama kehamilan. Jenis buah untuk ibu hamil yang satu ini juga diketahui mengandung asam folat yang tinggi. Asam folat sendiri memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Peranan asam folat selama masa kehamilan adalah untuk membantu tumbuh kembang otak dan tulang janin. Oleh karena itu untuk memenuhi asupan asam folat, ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi buah alpukat terutama pada periode pertama kehamilan. Bukan hanya bermanfaat untuk janin di dalam kandungan, namun buah untuk ibu hamil trimester pertama ini juga bermanfaat untuk mengatasi gejala mual dan muntah atau morning sickness selama kehamilan trimester pertama.

  1. Manggis

Buah untuk ibu hamil muda yang selanjutnya adalah buah manggis, buah yang memang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Untuk ibu hamil, manggis juga berperan sangat penting untuk membantu daya tahan tubuh ibu selama kehamilan. Bukan hanya itu, namun kandungan vitamin C yang terkandung dalam jenis buah untuk ibu hamil yang satu ini juga berkhasiat untuk menjaga elastisitas kulit selama kehamilan. Pasalnya pertumbuhan janin di dalam kandungan tentu juga akan sangat memengaruhi ukuran perut.

Selain buah alpukat, manggis juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Asupan asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil muda karena salah satu khasiatnya adalah untuk meminimalisir terjadinya bayi lahir prematur atau cacat pada bayi. Buah untuk ibu hamil muda yang satu ini juga mengandung mangan yang berfungsi sebagai pelindung janin dari radikal bebas. Mangan juga bisa membantu ibu hamil dalam proses pembentukan tulang rawan dan juga kerangka janin.

Jenis Buah yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil Muda

Selain beberapa macam buah untuk ibu hamil muda yang barusan sudah kami jelaskan, ada juga beberapa jenis buah yang memang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan-kandungan pada buah tersebut yang berbahaya apabila dikonsumsi oleh ibu hamil. Umumnya ada tiga jenis buah untuk ibu hamil yang menjadi pantangan, yaitu durian, pepaya mentah dan nanas.

Buah durian memang banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh, karena durian mengandung mineral dan vitamin yang tinggi. Namun demikian bagi ibu hamil, durian menjadi pantangan. Hal ini dikarenakan buah durian memiliki sifat panas saat berada di dalam perut. Kandungan alkohol ada dalam durian juga membuat buah yang satu ini cukup berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil. Menghindari durian juga bisa meminimalisir ibu hamil mengalami kelahiran prematur.

Selain durian, buah pepaya mentah atau pepaya muda juga cukup berbahaya bagi ibu hamil muda. Bahkan jika seorang ibu hamil memaksakan untuk mengonsumsi buah pepaya mentah secara berlebihan, risikonya bisa sampai menyebabkan keguguran. Paslanya buah pepaya mentah masih banyak mengandung getah, dan getah bisa mengakibatkan terjadinya kontraksi rahim. Itu dia yang membuat pepaya muda tidak baik menjadi buah utnuk ibu hamil muda. Lebih baik seorang ibu hamil mengonsumsi pepaya matang, karena kandungan seratnya sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan selama kehamilan.

Jenis buah terakhir yang menjadi pantangan bagi ibu hamil muda adalah nanas. Pasalnya nanas memiliki kandungan zat yang memang bisa melunakkan leher rahim. Kondisi tersebut bisa membuat bayi atau janin lahir secara prematur. Oleh karena itu ibu hamil sebaiknya mengonsumsi nanas sewajarnya saja, karena jika dikonsumsi secara berlebihan bisa memicu dampak negatif.

Itu tadi adalah penjelasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai berbagai macam buah untuk ibu hamil muda yang boleh dikonsumsi dan yang menjadi pantangan. Oleh karena itu bagi Anda yang sedang hamil, sebaiknya lebih berhati-hati dan selektif dalam memilih buah-buahan untuk dikonsumsi. Sekian artikel kali ini, semoga bisa menambah wawasan Anda dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *