invisible hit counter

Follow US

Olahraga untuk Mengecilkan Perut secara Cepat dan Aman

Olahraga untuk Mengecilkan Perut secara Cepat dan AmanPerut yang besar atau buncit pastilah membuat tidak nyaman, tidak sehat, dan tidak indah, sehingga Anda perlu tahu tentang olahraga untuk mengecilkan perut dengan cepat dan aman. Perut yang besar merupakan salah satu tanda orang yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas. Memiliki perut yang besar dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang karena memiliki penampilan yang kurang oke. Anda pun akan kesulitan dalam memilih ukuran baju akibat berat badan yang semakin bertambah. Perut yang besar juga membuat rasa tidak nyaman, seperti badan terasa berat, mudah capek, duduk kurang nyaman karena terganjal perut, dan sebagainya.

Dan yang lebih bahaya adalah bahwa memiliki perut yang besar akan berisiko menderita berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, maupun diabetes melitus. Perut yang besar dapat dialami oleh siapa saja baik laki-laki maupun perempuan. Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang memiliki perut yang besar, seperti karena faktor genetik, konsumsi lemak yang berlebih, kurangnya aktifitas fisik, dan sebagainya. Untuk solusinya, olahraga merupakan salah satu pilihan untuk mengecilkan perut karena dipandang lebih efektif, aman, dan lebih murah.

Berbagai Pilihan Olahraga untuk Mengecilkan Perut

Berikut ini merupakan berbagai pilihan olahraga untuk mengecilkan perut secara cepat dan aman, serta dapat Anda lakukan sendiri di rumah tanpa memakan banyak biaya.

1. Gerakan Sit Up

Sit Up merupakan olahraga untuk mengecilkan perut yang cukup efektif. Caranya yaitu Anda tidur terlentang di lantai dengan posisi tangan di belakang, kedua lutut ditekuk. Kemudian angkat kepala sampai mencium lutut dan ulangi berkali-kali. Rasakan setiap gerakannya, dan fokuskan pada kekuatan otot perut. Jika mengalami kesulitan dalam mengangkat kepala agar dapat sampai ke lutut, mintalah bantuan teman untuk memegangi lutut Anda. Lakukan olehraga ini secara teratur setiap hari kurang lebih sebanyak 2 kali 10 hitungan. Lebih bagus dilakukan setelah jogging atau jalan pagi.

2. Gerakan Back Up

Gerakan back up merupakan kebalikan dari sit up, di mana Anda tidur tengkurap di lantai, dengan posisi tangan di belakang kepala dan kedua kaki lurus. Angkat kepala setinggi mungkin, dengan tumpuan terletak pada otot perut. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang. Jika dilakukan secara rutin maka otot perut akan terasa lebih kencang, dan lemak di dalamnya menjadi lebih mudah terbakar.

3. Gerakan Vertical Leg Crunch Fitness

Vertical leg cruch fitness merupakan olahraga untuk mengecilkan perut yaitu dengan cara berbaring terlentang di lantai, posisi tangan di belakang kepala. Gerakannya hampir sama dengan sit up tetapi bedanya pada waktu mengangkat kepala, diikuti dengan mengangkat kaki tegak lurus dengan lantai. Ulangi gerakan tersebut berkali-kali dan rasakan perut Anda berangsur-angsur akan mengecil.

4. Metode ball crunch fitness

Olahraga untuk mengecilkan perut berikutnya yaitu dengan melakukan metode ball crunch fitness. Metode ini adalah dengan menggunakan bantuan bola besar yang lentur. Bola ini dapat Anda beli di toko olahraga atau menggunakannya ketika datang di tempat fitness. Caranya, Anda berbaring di bola besar dengan ditopang kedua telapak kaki yang menyentuh lantai. Letakkan kedua tangan d belakang kepala, lalu angkat kepala dan lakukan gerakan naik turun seperti sit up.

5. Gerakan sikap lilin

Sikap lilin merupakan olahraga untuk mengecilkan perut dengan gerakan badan yang membentuk posisi seperti lilin. Caranya yaitu Anda tidur terlentang di lantai, kemudian angkat kedua kaki ke atas setinggi-tingginya diikuti dengan mengangkat perut. Gunakan kedua tangan Anda untuk mempertahankan posisi badan yang tegak lurus dengan lantai ini beberapa saat, dengan cara menopang di antara bagian perut dan pinggul. Tahan beberapa saat lalu turunkan pelan-pelan. Lakukan gerakan ini secara berulang dan frekuensi yang rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

6. Rajin jalan kaki

Jalan kaki adalah olahraga sederhana yang multi fungsi. Aktifitas ini merupakan olahraga untuk mengecilkan perut yang sangat ekonomis dan mudah dilakukan. Untuk memperoleh hasil yang memuaskan, lakukanlah secara teratur setiap hari terutama setelah bangun tidur. Agar lemak dalam perut terbakar lebih banyak, maka berjalan kaki lah secara agak cepat sehingga keringat Anda akan cepat keluar. Olahraga ini jika dilakukan secara rutin juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

7. Bersepeda

Jika Anda memiliki sepeda, maka menaiki dan mengayuhnya juga merupakan olahraga untuk mengecilkan perut. Anda dapat melakukan olahraga ini bersama keluarga sambil berefreshing menikmati keindahan alam. Tentunya Anda harus melakukannya di suatu tempat atau jalur yang tidak ramai lalu lintasnya, sehingga lebih leluasa dalam bersepeda terutama dalam hal mengatur laju kecepatannya agar memperoleh pembakaran kalori yang efektif.

8. Berenang

Berenang juga merupakan olahraga untuk mengecilkan perut buncit yang sangat baik. Sebab dengan melakukan olahraga ini semua badan akan ikut bergerak sehingga pembakaran kalori lebih merata dan semua otot anggota tubuh juga ikut terlatih. Terlebih lagi otot perut akan lebih kencang, dan lemak-lemaknya pun akan mudah terbakar.  Dengan melakukan olahraga ini secara rutin perut Anda pun lama kelamaan akan berbentuk sixpack.

9. Jogging

Jogging atau lari-lari kecil adalah aktifitas yang sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus merupakan olahraga untuk mengecilkan perut dan paha. Seperti halnya jalan kaki, olahraga ini juga sangat murah dan praktis untuk dilakukan. Anda dapat melakukannya pada pagi hari setelah bangun tidur sebelum memulai aktifitas. Dengan melakukan jogging secara teratur, lemak dalam tubuh khususnya di perut secara bertahap akan berkurang, dan kolesterol dalam darah pun juga dapat terkontrol dengan baik.

10. Latihan gerakan Bycicle

Gerakan bycicle merupakan olahraga meyerupai bersepeda tetapi tanpa menggunakan sepeda. Sehingga olahraga ini cocok bagi Anda yang memang tidak memiliki sepeda tetapi ingin melakukan gerakan yang menyenangkan untuk memperoleh bentuk perut yang ideal. Caranya cukup gampang, yaitu Anda cukup berbaring di lantai, dengan posisi kedua tangan di belakang kepala. Kemudian angkat salah satu lutut bersamaan dengan mengangkat kepala secara maksimal. Sentuhkan lutut kanan Anda dengan siku kiri tangan Anda, lalu bergantian menyentuhkan lutut kiri Anda dengan siku kanan. Jika gerakan ini dilakukan secara berulang-ulang maka seperti mengayuh sebuah sepeda.

11. Metode Elliptical trainer

Elliptical trainer adalah sebuah alat yang dapat Anda gunakan sebagai olahraga untuk mengecilkan perut yang biasanya disediakan di tempat-tempat fitness. Cara menggunakan alat ini cukup mudah, yaitu Anda cukup berdiri pada pijakan kaki yang telah disediakan, dan kedua tangan memegang pada handle di atasnya. Kemudian lakukan gerakan seperti berjalan, jika kaki kanan ke depan maka tangan kiri di tarik ke belakang, dan jika kaki kiri ke depan maka tangan kanan di tarik ke belakang. Ulangi gerakan tersebut secara simultan. Olahraga ini selain dapat mengecilkan perut, juga dapat membentuk otot pinggul dan paha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *