invisible hit counter

Follow US

Olahraga Mengecilkan Paha secara Mudah dan Aman

Olahraga Mengecilkan Paha secara Mudah dan AmanJika memiliki masalah dengan paha yang besar, maka Anda perlu mencoba melakukan olahraga mengecilkan paha agar mendapatkan bentuk paha yang ideal. Paha merupakan bagian tubuh yang sangat riskan menyimpan timbunan lemak. Banyak orang yang mengeluhkan pada bagian pahanya mudah menjadi besar dan sulit untuk membuatnya menjadi ramping. Pada orang dengan berat badan berlebih atau obesitas, biasanya bagian paha menjadi salah satu area favorit tempat bersarangnya lemak, selain perut, dada, lengan, pipi, dan betis. Bahkan ada beberapa kasus ketika bagian perut telah mampu dikecilkan melalui diet, namun bagian paha tetap saja membandel tidak mau mengecil.

Ada berbagai penyebab mengapa paha seseorang menjadi besar. Penyebabnya bisa karena faktor genetik/keturunan, gender, usia, pola makan, dan kurangnya aktifitas. Faktor genetik dapat mempengaruhi timbulnya paha yang besar sebab faktor ini ikut menentukan struktur dasar elemen pembentuk tubuh, termasuk lemak dan otot. Faktor gender juga berpengaruh, sebab umumnya wanita mempunyai sistem metabolisme tubuh yang cenderung mudah mengikat lemak pada bagian tertentu dibanding pria. Bagian tersebut adalah pada bagian paha dan lengan. Sedangkan usia yang menua juga dapat menyebabkan paha menjadi lebih besar karena metabolisme menurun sehingga timbunan lemak mudah bersarang di dalam beberapa jaringan tubuh, termasuk di bagian paha.

Pola makan yang salah juga memberikan andil yang besar sebagai penyebab terjadinya bentuk paha yang besar. Pola makan tersebut yaitu terlalu banyak dan sering mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan karbohidrat. Keadaan ini diperparah dengan jarangnya melakukan aktifitas fisik/olahraga, sehingga lemak dalam tubuh tidak dapat terbakar dengan optimal dan mengendap di jaringan tubuh. Oleh karena itu, sebagai solusinya Anda dapat melakukan olahraga mengecilkan paha untuk mendapatkan bentuk paha proporsional yang membuat tubuh Anda terasa nyaman sekaligus memperindah penampilan. Olahraga untuk mengecilkan paha biasanya menjadi satu paket dengan upaya mengecilkan betis untuk memperoleh bentuk kaki yang ideal.

Beberapa Pilihan Olahraga Mengecilkan Paha Beserta Betis

Untuk mendapatkan bentuk paha dan betis yang ramping, Anda tidak harus mengeluarkan banyak uang. Dengan cara olahraga, maka Anda akan mendapatkan hasil yang efektif namun sangat murah. Syaratnya tentu saja harus dilakukan secara rutin dan teratur. Anda pun juga dapat melakukannya sendiri di rumah tanpa perlu mengundang instruktur khusus. Berikut ini adalah beberapa pilihan olahraga mengecilkan paha dan betis secara mudah dan aman:

1. Rajin Berjalan Kaki

Berjalan kaki merupakan olahraga mengecilkan paha sekaligus betis yang paling praktis dan mudah. Anda hanya perlu menyempatkan waktu untuk berjalan-jalan ke luar rumah sambil menghirup udara segar setiap pagi hari sehabis bangun tidur selama kurang lebih 30 menit. Cara ini juga dapat membuat tubuh dan pikiran Anda selalu fresh. Selain itu Anda juga dapat memadukannya dengan aktifitas naik turun tangga. Jadi jika Anda bekerja atau berada di suatu gedung bertingkat, jika lantai yang Anda tuju cukup terjangkau maka cobalah untuk memilih berjalan menyusuri tangga manual daripada menggunakan lift.

2. Jogging

Jogging atau lari-lari kecil juga dapat Anda lakukan untuk mengecilkan paha dan betis. Anda dapat melakukannya secara teratur selama kurang lebih 30 menit dengan frekuensi minimal 3 kali dalam seminggu. Jogging merupakan cara ampuh untuk membakar kalori dalam tubuh termasuk yang tertimbun pada paha dan betis. Olahraga ini dapat Anda lakukan pada pagi hari setelah bangun tidur atau dapat juga dilakukan di sore hari.

3. Bersepeda

Aktifitas bersepeda juga dapat Anda pilih sebagai olahraga mengecilkan paha. Olahraga ini sekaligus dapat digunakan sebagai sarana refreshing bersama keluarga. Anda dapat meluangkan waktu untuk bersepeda di waktu pagi sebelum memulai aktifitas kerja rutin sehari-hari. Bahkan jika tempat kerja tidak terlalu jauh dari rumah, Anda dapat memilih sepeda sebagai sarana transportasi ke kantor. Dengan mengayuh sepeda, otot kaki menjadi sering bergerak sehingga lemak dapat berkurang secara signifikan. Selain dapat mengecilkan paha, betis Anda pun juga menjadi lebih ramping dan berisi.

4. Berenang

Berenang merupakan olahraga mengecilkan paha serta betis yang sangat baik dan menyenangkan. Kelebihan renang dibandingkan olahraga lain yaitu bahwa tubuh Anda yang berada di air akan mengurangi tumpuan berlebih pada kaki. Sehingga kaki akan menjadi lebih rileks, tidak mudah pegal-pegal, dan pembakaran lemak menjadi lebih merata pada seluruh bagian tubuh.

5. Skiping

Anda juga dapat memilih skiping atau lompat tali sebagai olahraga mengecilkan paha dan merampingkan betis. Anda hanya perlu menyiapkan alat skiping yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau di toko olahraga. Dengan menyempatkan waktu sekitar 30 menit sehari di kala senggang untuk bermain skiping, maka bentuk paha dan betis Anda akan menjadi lebih proporsional.

6. Gerakan calf raises

Olahraga mengecilkan paha yang berikutnya yaitu dengan melakukan gerakan calf raises. Gerakan ini dilakukan dengan cara berdiri tegak dengan kaki rapat sambil tangan membawa sebuah beban/barble kecil. Kemudian angkat badan dengan tumpuan pada tumit selama beberapa detik lalu diturunkan. Lakukanlah gerakan tersebut secara berulang-ulang. Gerakan ini juga dapat mempercantik betis serta melatih otot lengan.

7. Squat split jump

Gerakan squat split jump merupakan olahraga mengecilkan paha beserta betis yang dapat Anda lakukan di rumah dengan mudah. Caranya yaitu Anda berdiri kemudian salah satu kaki ditarik ke depan dan kaki lainnya ditarik ke belakang dengan posisi lutut menyentuh lantai. Lalu Anda melompat dan ketika mendarat posisi kaki bergantian. Lakukanlah gerakan ini secara teratur dan berulang-ulang.

Kombinasi Gaya Hidup untuk Mengecilkan Paha dan Betis

Selain melakukan olahraga mengecilkan paha dan betis yang telah diterangkan di atas, Anda juga dapat mengkombinasikan gaya hidup yang sehat agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Gaya hidup tersebut yaitu dengan mengatur pola makan yang sehat. Pola makan yang membuat tubuh Anda sehat sekaligus memperindah bagian paha dan betis adalah dengan mengurangi makanan yang berlemak. Jangan makan makanan berat (banyak karbohidrat) dengan porsi yang berlebih. Hindari aktifitas makan menjelang tidur karena lemak akan mudah menumpuk dalam tubuh. Perbanyak makan sayur dan buah untuk memperlancar metabolisme tubuh dan melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu, perbanyaklah minum air putih untuk memperlancar proses pembakaran dan pelarutan lemak sekaligus bermanfaatkan menyegarkan tubuh. Kurangi makanan yang manis-manis atau banyak mengandung glukosa. Hindari rokok dan alkohol yang dapat menghambat metabolisme tubuh dan merusak sel-sel tubuh yang sehat. Jika menjalani program diet, lakukanlah secara benar dengan berkonsultasi pada ahlinya. Jangan melakukan diet secara sangat ketat/berlebihan yang justru akan membahayakan tubuh Anda. Istirahat teratur dan memiliki pikiran yang tenang dan positif juga turut membantu agar jaringan-jaringan pada tubuh dapat bekerja secara optimal, termasuk pada proses sirkulasi dan pembakaran kalori dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *