invisible hit counter

Follow US

Obat Sariawan di Lidah yang Manjur dan Dapat Cepat Mengobati

Obat Sariawan di Lidah yang Manjur dan Dapat Cepat MengobatiPenanganan sariawan lidah dapat dilakukan dengan pemberian obat sariawan di lidah yang tepat. Penyakit ini sendiri seringkali diabaikan oleh penderitanya mengingat hal ini layaknya sariawan biasa yang dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Faktanya, penyakit ini berpotensi memicu timbulnya kanker bila tidak ditangani secara tepat. Untuk itu, berikut adalah beberapa rekomendasi jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi sariawan di lidah.

Obat Anti Jamur sebagai Obat Sariawan di Lidah

Mengobati sariawan yang berada pada area mulut berarti bertujuan dalam menghentikan penyebaran jamur. Untuk itulah, obat anti jamur dapat membantu mengobati sariawan yang diderita. Obat ini sendiri umumnya tersedia dalam bentuk cair, tablet, permen pelega tenggorokan (lozenges), dan sebagainya.

Salah satu obat antijamur yang banyak direkomendasikan oleh dokter adalah clomatrizole. Obat ini umumnya digunakan sebagai permen pelega tenggorokan dan dibiarkan hingga larut dalam mulut. Selain clomatrizole, penderita juga dapat menggunakan obat antijamur nystatin. Obat ini dapat bekerja dengan cara dikumur dalam mulut beberapa kali lalu ditelan.

Masih ada beberapa obat sariawan di lidah lainnya yang ampuh jika dua jenis obat antijamur di atas tidak bekerja, seperti itraconazole dan fluconazole. Obat ini biasanya diberikan atas resep dokter. Selain itu, jika infeksi jamur sudah menyebar pada bagian tubuh lainnya, penderita dapat diberikan obat amphotericin B. Obat ini sendiri diberikan dengan cara disuntikkan pada pembuluh darah vena.

Sedangkan untuk bayi, obat antijamur yang diberikan berupa krim yang dapat dioleskan pada bagian payudara ibu ketika akan menyusuinya. Hal ini dianjurkan untuk menghindari risiko terinfeksi jamur secara berulang.

Obat dan Cara Alami untuk Mengurangi Gejala Sariawan di Lidah

Selain menggunakan berbagai obat-obatan yang direkomendasikan oleh dokter, ternyata sariawan di lidah juga dapat diobati dengan beragam bahan dan cara yang alami di rumah. Meskipun hanya sekadar mengobati gejala ringan dari penyakit ini, namun hal ini dirasa efektif untuk mencegah penyakit yang lebih parah yang dapat ditimbulkan. Untuk itu, berikut beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk meringankan rasa sakit yang dapat ditimbulkan oleh sariawan di lidah.

1. Campuran Baking Soda dan Garam

Selain baik untuk kesehatan mulut dan gigi, campuran baking soda dan garam ternyata memiliki manfaat dalam mengobati sariawan. Cara yang dilakukan pun sangat mudah. Penderita cukup mengoleskan campuran ini pada luka sariawan dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, kumur dengan air bersih hingga campuran bersih dari mulut.

2. Campuran Madu dan Minyak Kelapa

Madu dan minyak kelapa memiliki kandungan antibakteri yang juga ampuh sebagai obat sariawan di lidah. Caranya, penderita cukup mencampurkan kedua bahan ini lalu oleskan pada luka sariawan. Rasa nyeri yang ditimbulkan pun dijamin akan berkurang.

3. Yogurt Tanpa Pemanis

Yogurt memiliki fungsi dalam mengembalikan dan menyeimbangkan bakteri baik yang terkandung dalam tubuh. Maka dari itu, mengonsumsi yogurt turut membantu dalam mengobati sariawan di lidah karena bakteri yang menyebabkan peradangan akan berkurang.

4. Hindari Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Ragi

Luka sariawan dapat menyebabkan pertumbuhan jamur pada mulut meningkat. Selain itu, dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung ragi, seperti roti, bir, dan anggur (wine) dapat mempercepat pertumbuhan jamur tersebut sehingga memperparah luka yang di lidah.

5. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji sangat ampuh dalam mengurangi dan mengobati iritasi, terbasuk sariawan. Caranya, cuci hingga bersih daun jambu biji lalu kunyahlah hingga nyeri pada lidah berkurang.

6. Kunyit

Kunyit dikenal memiliki khasiat dalam mengobati berbagai macam penyakit karena memiliki kandungan antiseptik. Untuk mengobati luka sariawan pada lidah, penderita cukup membuat pasta dari kunyit. Setelah jadi, oleskan pada sariawan dan nyeri pun akan berkurang.

7. Bawang Putih

Sama halnya dengan kunyit, bawang putih memiliki kandungan antiseptik yang baik dalam mengobati beragam jenis penyakit. Untuk menggunakannya, cuci bawang putih hingga bersih lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu, oleskan bawang putih pada sariawan untuk mengurangi neri yang ditimbulkan.

8. Lidah Buaya

Lidah buaya berfungsi sebagai pereda nyeri dan antiperadangan yang alami. Dengan fungsinya tersebut, lidah buaya juga mampu mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman yang ditimbulkan oleh sariawan. Caranya, cuci bersih lidah buaya lalu oleskan daging atau getahnya langsung pada area yang sakit. Biarkan selama beberapa jam dan lakukan hal ini setidaknya dua hingga tiga kali sehari untuk hasil yang lebih baik.

9. Teh Celup

Ternyata, daun teh juga mampu bekerja sebagai obat sariawan di lidah dan mengurangi peradangan yang terjadi. Hal dikarenakan daun teh memiliki kandungan alkali yang dapat menetralkan asam dalam mulut yang menyebabkan sariawan terasa perih. Cara mengobatinya pun cukup mudah, dimana teh celup yang telah diseduh selama 3 menit sebelumnya digunakan untuk mengompres luka sariawan. Lakukan hal ini selama beberapa kali dalam sehari hingga nyeri pada lidah berkurang.

10. Es Batu

Cara ini ampuh bagi penderita yang tidak memiliki waktu untuk mengobati luka sariawan. Ambil sebuah es batu, lalu kulum pada area yang sakit pada lidah. Nyeri pun dapat berkurang akibat sensasi dingin yang menyebabkan mati rasa sesaat pada lidah.

11. Makanan yang Mengandung Zat Besi

Zat besi berguna dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Maka dari itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti biji wijen, brokoli, gandum, kalkun, sereal, dan telur juga ampuh dalam mengobati sariawan pada lidah.

12. Hindari Penggunaan Obat Kumur

Hal ini dilakukan karena obat kumur yang dijual di pasaran umumnya mengandung alcohol dan beragam bahan kimia lainnya yang mampu memperparah peradangan dan iritasi pada sariawan. Penderita boleh menggunakan obat kumur asal obat tersebut merupakan rekomendasi dari dokter.

13. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda mampu bekerja sebagai obat sariawan di lidah alami karena khasiatnya dalam menetralisir zat beracun yang terdapat dalam tubuh. Selain itu, air kelapa muda juga mampu mengatasi dehidrasi tubuh yang merupakan sumber penyebab sariawan.

14. Menyikat Gigi Dua Kali Sehari

Hal ini dilakukan sebagai pencegahan sekaligus menjaga kebersihan dalam mulut dari bakteri, jamur, dan kuman. Selain itu, gantilah sikat gigi secara berkala dan hindari menggunakan sikat gigi bersama untuk mencegah timbulnya penyakit yang lebih parah.

15. Susu

Susu juga dapat mengurangi rasa nyeri yang dapat ditimbulkan akibat sariawan. Selain dengan cara diminum secara rutin setiap harinya, pengobatan sariawan di lidah mengunakan susu dapat dilakukan dengan cara megompresnya menggunakan bola kapas yang telah direndam pada susu sebelumnya.

Berbagai obat dan cara di atas dapat digunakan dalam mengatasi sariawan di lidah yang timbul akibat kebersihan mulut yang tidak terjaga maupun penyakit lainnya. Selain itu, beragam bahan alami juga dapat digunakan sebagai obat sariawan di lidah disamping obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter. Maka dari itu, jangan remehkan penyakit ini untuk menghindari infeksi yang lebih parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *