invisible hit counter

Follow US

Obat Sakit Mata Belekan yang Alami dan Beberapa Faktor Penyebabnya

Obat Sakit Mata Belekan yang Alami dan Beberapa Faktor PenyebabnyaBerbicara mengenai obat sakit mata belekan, sebenarnya ada berbagai macam obat alami di lingkungan sekitar kita yang bisa dimanfaatkan. Mungkin selama ini obat-obatan kimia lebih banyak dipilih karena mungkin dianggap lebih praktis dan cepat reaksinya. Namun demikian, tidak bisa dipungkiri juga bahwa obat alami juga cukup efektif untuk mengobati mata belek. Apalagi obat-obatan alami pastinya lebih mudah didapatkan ketimbang obat kimia yang harus dibeli di apotek atau didapatkan dari dokter. Kami tidak melarang Anda untuk menggunakan obat sakit mata yang biasa dibeli di apotek.

Namun ada baiknya jika Anda juga mengetahui obat-obatan alami yang bisa Anda buat sendiri. Tujuannya tentu saja supaya Anda tidak perlu panik saat sedang berada dalam kondisi darurat. Misalnya Anda terserang sakit mata saat Anda sedang berada di daerah yang jauh dari apotek atau jauh dari dokter. Maka obat tradisional yang terbuat dari bahan-bahan alami bisa menjadi alternatif pilihan pertama untuk mengatasi sakit mata Anda. Lalu apa saja obat untuk mata belekan dan apa saja faktor penyebab sakit mata belekan? Berikut penjelasan selengkapnya.

Contoh Obat Sakit Mata Belekan yang Mudah Dibuat Sendiri

Sakit mata belekan adalah salah satu penyakit pada mata yang pasti sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bagaimana tidak, biasanya mata akan terasa perih, nyeri dan malas untuk terbuka. Bahkan Anda juga harus memakai kacamata supaya sakit mata yang Anda derita tidak menular ke orang lain. Apakah sakit mata bisa menular? Memangnya apa penyebabnya? Sebelum membahas masalah tersebut, beberapa contoh obat sakit mata belekan berikut ini juga cukup penting untuk Anda ketahui.

  1. Obat Sakit Mata dari Daun Sirih

Untuk obat alami yang pertama Anda bisa memanfaatkan daun sirih sebagai bahan utamanya. Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah beberapa lembar daun sirih. Sebelumnya jangan lupa Anda cuci sampai bersih. Rebus sampai mendidih daun sirihnya dengan sedikit garam dapur. Kemudian angkat daun sirihnya dan tunggu sampai dingin. Peras daun sirihnya dengan menggunakan kain bersih. Perasan daun sirih inilah yang bisa dimanfaatkan menjadi obat sakit mata belekan.

Untuk cara menggunakan obat tradisional ini pun cukup mudah. Pertama, cuci wajah Anda terlebih dahulu termasuk di bagian mata sampai bersih. Kemudian usapkan perasan daun sirih tersebut di sekitar mata Anda yang sedang belekan. Lakukan hal tersebut tiga kali sehari. Jika sakit mata yang Anda derita belum terlalu parah, maka jika Anda mengobatinya secara rutin niscaya penyakit mata Anda akan segera sembuh.

  1. Obat Sakit Mata dari Bawang Putih

Selama ini mungkin bawang putih dinilai bisa membuat mata pedih dan berair. Namun demikian siapa sangka kalau bawang putih ini juga cukup efektif menjadi obat sakit mata belekan. Bahan yang Anda butuhkan adalah satu siung bawang putih. Sebelum mulai mengobati mata Anda, cuci terlebih dahulu wajah Anda dengan air bersih. Usahakan kotoran yang ada di mata dan wajah Anda hilang dan bersih. Kemudian keringkan wajah dengan handuk yang bersih.

Selanjutnya Anda ambil satu siung bawang putih yang tadi sudah Anda sediakan. Jangan lupa cuci terlebih dahulu bawangnya sampai bersih. Kemudian potong ujung bawangnya. Oleskan ujung bawang yang telah Anda potong tersebut secara perlahan sejajar dengan akar bulu mata (kelopak mata bawah). Perlu Anda perhatikan, jangan oleskan bawangnya di kelopak mata atas. Anda juga harus bisa menahan rasa pedih, gatal atau geli yang mungkin bisa Anda rasakan.

Kami menyarankan supaya Anda menggunakan obat sakit mata belekan dari bawang putih ini sebelum Anda tidur. Yang penting juga untuk Anda perhatikan adalah, sebaiknya jangan menggunakan bawang bombay. Lakukan cara pengobatan tradisional ini secara rutin setiap malamnya sampai mata belekan Anda sembuh.

  1. Obat Sakit Mata dari Madu

Madu memang menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Tak terkecuali sebagai obat sakit mata belekan. Sudah banyak yang membuktikan bahwa madu ternyata cukup efektif untuk mengatasi sakit mata. Bahan yang Anda perlukan adalah madu murni secukupnya. Tidak perlu terlalu banyak, karena cara yang Anda lakukan adalah dengan diteteskan.

Pertama cuci terlebih dahulu mata Anda menggunakan kapas yang dibahasi air hangat. Pastikan wajah Anda juga sudah dibersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel. Di sini yang perlu Anda perhatikan adalah satu kapas hanya boleh Anda gunakan untuk satu kali usapan saja. Kemudian teteskan satu tetes saja madu murni pada mata belekan Anda. Coba gunakan madu untuk mengobati sakit mata Anda, tiga kali sehari sampai kondisi mata Anda benar-benar pulih.

Penyebab Sakit Mata Belekan yang Perlu Diwaspadai

Lalu sebenarnya apa saja yang bisa menyebabkan mata belekan? Apakah karena virus, bakteri, atau hal lainnya? Secara umum mata belekan adalah konjungtivitis atau pink eye. Ada berbagai macam hal yang bisa menyebabkan mata belekan. Misalnya karena alergi, terkena debu atau infeksi. Dan yang perlu Anda waspadai adalah, sakit mata belekan bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja. Bahkan seorang bayi yang usianya belum satu tahun pun bisa mengalami penyakit ini.

Seorang bayi yang baru lahir juga bisa tertular infeksi mata dari ibunya. Biasanya bayi bisa tertular bakteri Gonorrhea atau Chlamydia dari sang ibu. Bagi orang dewasa, pemakaian lensa kontak juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit mata belekan. Tidak bisa dipungkiri bahwa lensa kontak bisa menjadi sarang bagi bakteri pada mata. Oleh karena itu bagi Anda yang sering menggunakan lensa kontak, usahakan selalu menjaga kebersihan lensanya supaya tidka menyebabkan infeksi atau iritasi.

Debu juga bisa menyebabkan iritasi mata dan menimbulkan sakit mata belekan. Namun demmikian jika yang terjadi hanyalah alergi atau iritasi ringan tanpa adanya infeksi, Anda tidak perlu menggunakan obat sakit mata belekan. Pasalnya masalah mata seperti itu biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun jika terjadi infeksi, sebaiknya segera diobati sebelum sakit matanya bertambah parah.

Adapun beberapa gejala konjungtivitis atau mata belekan adalah seperti mata memerah, produksi air mata meningkat, ada kotoran yang menempel di bulu mata terutama saat bangun tidur. Selain itu mata biasanya juga akan terasa gatal, nyeri dan terkadang terasa panas. Mata Anda juga akan lebih sensitif terhadap cahaya dan pengelihatan Anda menjadi kurang jelas.

Kurang lebih seperti itulah penjelasan mengenai jenis-jenis obat sakit mata belekan dan apa saja faktor penyebabnya. Semoga setelah Anda membaca dan memahami beberapa tips yang barusan kami sampaikan, Anda bisa menghindari risiko terkena sakit mata belekan. Demikian artikel yang bisa kami sampaikan kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *