invisible hit counter

Follow US

Obat Lambung Tradisional yang Cocok untuk Mengatasi Maag

Obat Lambung Tradisional yang Cocok untuk Mengatasi MaagMenderita sakit di lambung pastilah sangat mengganggu Anda, sehingga Anda perlu mengetahui apa saja obat lambung tradisional yang ampuh mengatasi gangguan tersebut. Gangguan pada lambung pada umumnya diakibatkan karena asam lambung yang meningkat atau sering disebut sebagai sakit maag. Jangan anggap remeh penyakit maag ini, sebab jika sudah menjadi kronis akan membuat penderitanya mengalami sakit yang berkepanjangan, susah beraktifitas, dan menimbulkan berbagai komplikasi yang dapat berakibat fatal. Oleh karena itu jika Anda mengalami gangguan lambung yang mengarah pada gejala sakit maag hendaknya ditanggulangi secara lebih dini agar tidak menjadi semakin parah. Tanda gejala sakit maag antara lain yaitu rasa nyeri/perih pada lambung, kembung, mual/muntah, nafsu makan menurun, sering bersendawa, badan mudah lelah/lesu, dan BAB yang abnormal. Peningkatan asam lambung dapat dipicu oleh berbagai faktor, seperti makan yang terlalu asam, terlalu pedas, makan makanan yang banyak mengandung gas, minuman bersoda, makan tidak teratur, dan dapat juga diakibatkan karena stres. Peningkatan asam lambung yang berlebih bersifat korosif sehingga akan mengikis dinding/mukosa di dalam lambung dan menimbulkan luka/tukak. Pada awalnya mungkin lukanya hanya sedikit dan hanya terdapat pada area yang kecil. Lama-kelamaan luka tersebut dapat menjadi semakin banyak dan bertambah luas sehingga sakit maag akan bertambah parah.

Berbagai Macam Obat Lambung Tradisional

Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan yang terdapat di alam sebagai obat untuk menyembuhkan sakit maag yang terbukti ampuh dan tanpa menimbulkan efek samping. Obat lambung tradisional yang efektif untuk mengatasi sakit maag antara lain sebagai berikut:

  1. Daun jambu biji

Daun jambu biji dikenal sebagai obat lambung tradisional yang diwariskan secara turun-temurun dari nenek moyang untuk mengobati berabagai jenis penyakit saluran pencernaan termasuk sakit maag. Pohon jambu biji mudah ditemukan di sekitar kita sehingga Anda dapat memetiknya secara gratis tanpa harus mengeluarkan uang. Cara membuat ramuannya cukup mudah, yaitu ambil beberapa lembar daun jambu biji secukupnya, pilih daun jambu biji yang masih agak muda (warnanya masih hijau muda) untuk mendapatkan khasiat yang lebih optimal. Kemudian masukkan daun jambu biji tadi ke dalam panci berisi 2 gelas air lalu rebus dan sisakan airnya sampai menjadi 1 gelas. Saring ramuan tersebut, ambil airnya, lalu minum setelah dingin. Minumlah secara teratur 3 kali dalam sehari.

  1. Kunyit

Kunyit merupakan obat lambung tradisional yang berkhasiat untuk menurunkan asam lambung serta memperbaiki dinding lambung yang luka. Kunyit juga dikenal sebagai anti inflamasi sehingga dapat membunuh kuman-kuman berbahaya di dalam lambung maupun di saluran pencernaan. Cara membuat ramuannya yaitu dengan menyiapkan 2 ruas kunyit yang dikupas kemudian dicuci sampai bersih dan diparut. Setelah diparut, diperas untuk diambil airnya dan campurkan pada 1 gelas air hangat. Supaya rasanya tidak terlalu getir atau eneg, Anda dapat menambahkan madu sebagai pemanis. Minum ramuan kunyit ini dua kali dalam sehari untuk menyembuhkan sakit maag yang Anda derita.

  1. Biji atau daun pepaya

Pada biji maupun daun pepaya mengandung zat papain yang efektif untuk menurunkan asam lambung. Biji atau daun pepaya dua-duanya dapat dimanfaatkan sebaga obat lambung tradisional untuk menyembuhkan sakit maag. Jika menggunakan bijinya, maka siapkan biji buah pepaya secukupnya lalu keringkan dengan cara dijemur. Setelah kering, biji pepaya ditumbuk sampai halus lalu diseduh dengan air panas/hangat. Setelah dingin lalu diminum secara teratur. Kemudian jika menggunakan daunnya, siapkan beberapa lembar daun pepaya kemudian rebus dan ambil airnya sebagai minuman. Tambahkan madu untuk mengurangi rasa pahitnya. Atau Anda juga dapat makan daun pepaya bersama makanan untuk digunakan sebagai lalapan. Tetapi jika untuk lalapan jangan menggunakan sambal karena justru dapat memicu kambuhnya sakit maag.

  1. Kacang kedelai

Obat lambung tradisional yang berikutnya yaitu dengan ramuan kacang kedelai. Kacang kedelai merupakan tanaman yang mempunyai kandungan protein nabati yang tinggi sekaligus berkhasiat menurunkan asam lambung yang berlebih. Cara membuatnya yaitu ambil sekitar 1 genggam kacang kedelai lalu goreng tanpa minyak (disangrai). Kemudian kedelai yang telah disangrai tersebut ditumbuk sampai halus. Hasil tumbukannya masukkan ke dalam 1 gelas air panas/hangat untuk diseduh. Minum ramuan tersebut secara teratur 3 kali dalam sehari untuk menyembuhkan sakit maag.

  1. Biji buah alpukat

Buah alpukat dikenal sebagai buah yang mengandung banyak serat, vitamin yang lengkap, serta lemak baik yang bermanfaat bagi tubuh. Dan ternyata biji buah alpukat dapat digunakan sebagai obat asam lambung tradisional yang efektif untuk mengatasi sakit maag. Cara membuat ramuannya yaitu siapkan 1 buah alpukat, ambil bijinya, dicuci sampai bersih, lalu diparut. Setelah diparut masukkan ke dalam satu gelas air panas/hangat kemudian disaring. Hasil saringannya lalu diminum secara teratur 2 kali dalam sehari.

  1. Bawang putih

Bawang putih merupakan jenis tanaman yang berkhasiat sebagai antibotik alami sekaligus dapat digunakan sebagai obat alami asam lambung untuk menyembuhkan sakit maag karena dapat mengontrol produksi asam lambung. Cara mengkonsumsinya Anda dapat memakannya secara langsung 1 buah bawang putih tiga kali dalam sehari atau Anda dapat mencampurkannya pada makanan sebagai lalapan.

Beberapa Tips untuk Mencegah Sakit Lambung atau Maag Kambuh

Di samping Anda mengetahui obat lambung tradisional untuk mengatasi sakit maag, Anda juga perlu mengetahui cara pencegahan agar tidak terkena penyakit maag atau menagkal supaya maag Anda tidak kambuh lagi. Cara pencegahan sakit maag yaitu sebagai berikut:

  1. Hindari makanan yang terlalu asam atau pedas

Makanan yang terlalu asam atau terlalu pedas dapat memicu peningkatan asam lambung. Oleh karena itu kendalikan diri Anda agar tidak mengkonsumsi makanan jenis ini. Terlebih lagi jika Anda sebelumnya pernah menderita sakit maag, maka mengkonsumsi makanan yang terlalu asam atau pedas dapat mengakibatkan maag Anda kembali kambuh.

  1. Hindari makanan yang banyak mengandung gas

Makanan yang banyak mengandung gas juga dapat menyebabkan sakai maag. Oleh karena itu jika Anda rentan terkena sakit maag sebaiknya hindari makanan/minuman yang banyak mengandung gas, seperti durian, nangka, nanas, tape, kol, sawi, dan minuman bersoda.

  1. Hindari minum kopi berlebihan

Kandungan kafein dalam kopi juga dapat meningkatkan asam lambung sehingga mengakibatkan sakit maag. Oleh karena itu sebaiknya hindari minum kopi untuk mencegah sakit maag.

  1. Istirahat yang cukup dan hindari stres

Dalam berbagai penelitian, stres dapat memicu peningkatan asam secara signifikan sehingga menyebabkan timbulnya sakit maag. Oleh karena itu selalu ciptakan pikiran yang tenang, istirahat yang cukup, dan jauhi begadang.

  1. Hindari rokok dan alkohol

Rokok dan alkohol sama-sama mengandung zat yang membahayakan kesehatan termasuk berpotensi menimbulkan sakit maag. Sehingga jauhilah rokok dan alkohol agar tubuh Anda selalu sehat.

  1. Makan dan olahraga secara teratur

Biasakanlah makan secara teratur agar produksi asam lambung stabil. Selain itu berolahragalah secara rutin untuk memperlancar peredaran darah dan metabolisme tubuh, dan meningkatkan kekebalan tubuh secara alami. Jika Anda telah mengkonsumsi obat lambung tradisional secar rutin dan melakukan berbagai upaya untuk menyembuhkan sakit pada lambung namun tidak menunjukkan hasil yang signifikan, maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter agar dicari penyebabkan dan mendapatkan penanganan medis secara tepat. Sebab gangguan pada lambung tidak selalu sakit maag, ada penyakit-penyakit lain yang gejalanya mirip sakit maag yang dapat dideteksi melalui pemeriksaan laboratorium maupun tindakan medis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *