invisible hit counter

Follow US

Obat Batuk Anak 1 Tahun dari Bahan Alami Berkhasiat

Obat Batuk Anak 1 Tahun dari Bahan Alami BerkhasiatOrang tua seringkali merasa bingung dan khawatir jika si kecil batuk, maka ikuti artikel berikut yang akan membahas mengenai obat batuk anak 1 tahun yang alami namun mempunyai khasiat yang ampuh. Batuk memang sering menyerang anak-anak baik yang masih bayi maupun balita. Orang tua tentunya tidak boleh memberikan sembarangan obat kepada anak, terlebih lagi jika usianya masih 1 tahun. Karena jika sembarangan memilih obat maka bisa saja menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan pada anak. Oleh karena itu orang tua dapat memilih obat-obatan alami karena lebih aman, tanpa menimbulkan efek samping, dan mujarab mengatasi batuk.

Anak-anak lebih rentan mengalami batuk karena sistem imunnya belum bekerja sempurna. Antibodinya masih dalam proses perkembangan untuk mempersiapkan diri dalam melawan penyakit. Oleh karena itu jika ada sedikit faktor pemicu, maka anak mudah terserang batuk. Beberapa faktor yang dapat memicu timbulnya batuk pada anak antara lain yaitu debu, polusi udara, lingkungan yang kotor, suhu dingin, konsumsi makanan yang dapat mengiritasi saluran pernafasan, alergi, serta adanya benda asing di saluran pernafasan. Selain itu anak juga dapat mudah tertular oleh orang di sekitarnya, baik orang tua, pengasuh, atau orang lain di sekitarnya yang menderita batuk.

Berbagai Pilihan Obat Batuk Anak 1 Tahun

Anak berusia 1 tahun yang menderita batuk biasanya disertai dengan gejala lain seperti pilek dan demam. Anak biasanya sering rewel dan nafsu makannya menurun. Batuk dapat membuatnya muntah ketika anak diberi makan/minum dan menjadi susah untuk tidur nyenyak. Untuk menyembuhkan batuk pada anak, berikut ini disajikan berbagai pilihan obat batuk anak 1 tahun yang alami dan ampuh membasmi batuk:

  1. Bunga belimbing wuluh

Obat batuk anak 1 tahun yang pertama yaitu menggunakan bahan bunga belimbing wuluh. Buah belimbing wuluh serta bunganya sebenarnya sama-sama berkhasiat untuk mengatasi batuk Tetapi untuk anak berusia 1 tahun lebih cocok menggunakan bagaian bunganya. Cara membuatnya yaitu siapkan 1 genggam bunga belimbing wuluh, cuci sampai bersih kemudian masukkan dalam sebuah panci bersama 2 gelas air. Masukkan juga ke dalamnya gula aren secukupnya, lalu rebus sampai mendidih. Setelah itu ambil airnya dengan cara disaring, dan setelah dingin minumkan kepada anak 3 kali sehari, sekali minum 1 sendok makan.

  1. Jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan ampuh untuk membasmi batuk pada anak. Cara membuat ramuannya yaitu siapkan 1 buah jeruk nipis, belah jadi 2, lalu diperas dan tampung dalam mangkuk kecil. Kemudian tambahkan 4 sendok madu murni dan 5 sendok air matang. Aduk hingga rata, setelah itu minumkan pada si kecil 3 kali dalam sehari, 1 sendok makan sekali minum.

  1. Kencur

Kencur merupakan salah satu tanaman herbal yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan termasuk digunakan sebagai obat batuk anak 1 tahun. Cara membuatnya yaitu siapkan 1 ruas kencur, cuci sampai bersih lalu diparut. Kemudian tambahkan 2 sendok makan air matang, peras airnya dan tampung dalam gelas/mangkuk kecil. Setelah itu tambahkan 1 sendok madu murni, aduk hingga rata. Berikan pada anak 1 sendok makan dengan frekuensi minum 3 kali dalam sehari.

  1. Kunyit

Kunyit juga merupakan tanaman yang sering digunakan sebagai obat tradisional karena khasiatnya untuk meningkatkan imunitas dan melawan kuman penyakit. Tanaman ini juga cukup mujarab digunakan sebagai obat batuk anak 1 tahun. Cara membuat ramuannya yaitu siapkan 1 ruas kunyait lalu dikupas dan cuci sampai bersih. Kemudian parut kunyit tersebut dan peras untuk diambil airnya. Tambahkan 2 sendok air matang dan 1 sendok madu murni, aduk hingga rata. Lalu minumkan pada si kecil 3 kali dalam sehari, 1 sendok makan sekali minum.

  1. Jahe

Obat batuk anak 1 tahun yang berikutnya yaitu jahe. Tanaman ini sudah lama dikenal sebagai obat batuk tradisional yang dapat diberikan untuk orang dewasa maupun anak-anak. Cara membuatnya yaitu siapkan satu ruas jahe, cuci sampai bersih, kemudian digepuk supaya aroma segarnya lebih keluar. Lalu masukkan jahe ke dalam segelas air panas. Tambahkan madu murni sebagai pemanis dan menambah khasiat obat. Berikan pada si kecil 1 sendok makan 3 kali dalam sehari.

  1. Daun sirih

Untuk mengobati batuk anak 1 tahun, Anda juga dapat menggunakan bahan alami dari daun sirih. Daun sirih dikenal berkhasiat debagai disinfeksi atau pembunuh kuman yang alami. Cara membuat ramuannya yaitu siapkan 2 lembar daun sirih direbus kemudian saring untuk diambil airnya. Tuang dalam gelas dan tambahkan madu sebagai pemanis kemudian berikan pada anak selagi hangat, 3 kali alam sehari, 1 sendok makan sekali minum.

  1. Terapi uap

Terapi uap juag dapat digunakan untuk mengobati batuk si kecil terutama untuk mengeluarkan dahak atau lendir yang biasanya muncul bersamaan dengan batuknya. Hal ini penting untuk melegakan pernafasan anak dan untuk menghindari terjadinya sesak nafas. Cara melakukannya yaitu sediakan baskom berisi air hangat, kemudian campurkan beberapa tetes minyak kayu putih. Setelah itu dekatkan baskom pada wajah anak, tentunya pada jarak yang aman. Dan biarkan anak menghirup melalui hidungnya dengan bernafas secara wajar.

  1. Olesi minyak telon

Selain obat yang diminum, untuk meredakan batuk anak juga dapat memberikan obat oles menggunakan minyak telon. Minyak telon yang digunakan dapat berupa minyak kayu putih, minyak rosemery, atau peppermint yang dioleskan pada area leher dan dan dada si kecil. Minyak telon ini dapat memberikan sensai hangat dan melegakan pernafasan anak.

Di samping memberikan obat batuk anak 1 tahun yang pilihannya telah disebutkan di atas, hal yang tak kalah penting adalah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak. Berikan selalu makanan bergizi, dan berikan lebih banyak cairan untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Cairan dapat berasal dari ASI, juss, air putih, maupun kuah/sup sayuran. Asupan vitamin dan mineral yang didapatkan dari buah dan sayur sangat baik untuk mempercepat kesembuhan batuk anak. Buah dan sayur dapat dibuat juss atau bubur lunak supaya mudah dicerna anak usia 1 tahun. Selain itu pada waktu pagi hari, anak dapat dibawa ke teras atau halaman rumah supaya terkena sinar matahari. Sinar matahari pagi cukup efektif untuk membunuh kuman, termasuk kuman penyebab batuk anak.

Anda juga perlu memperhatikan faktor pemicu batuk pada anak. Misalnya saja jika anak batuk setelah mengkonsumsi makanan tertentu maka kemungkinan anak tersebut alergi terhadap makanan tersebut, sehingga untuk sementara dihindari terlebih dahulu. Batuk karena alergi ini biasanya berkaitan dengan sitem imun anak yang terlalu sensitif terhadap makanan atau alergen tertentu. Orang tua juga harus menghindarkan anak dari polusi udara seperti asap rokok, debu, dan asap kendaraan bermotor. Jika orang tua, pengasuh, atau orang sekitar sedang menderita batuk, maka sebaiknya hindari kontak dengan anak dalam jarak yang dekat ketika batuk, sebab anak mudah tertular. Apabila batuk anak susah sembuh atau bahkan bertambah parah, maka sebaiknya diperiksakan ke dokter atau fasilitas pelayanan kesehatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *