invisible hit counter

Follow US

Metode Diet dengan Cara OCD yang Benar yang Terbukti Efektif

Metode Diet dengan Cara OCD yang Benar yang Terbukti EfektifCara OCD yang benar sekarang ini sudah sangat banyak dibahas di berbagai jenis artikel, mulai dari yang ditulis langsung oleh penggagas metode diet ini baik yang ditulis ulang oleh penulis lain. Obsessive Corbuzier’s Diet atau yang lebih dikenal dengan OCD merupakan sebuah metode diet baru yang begitu menghebokan masyarakat Indonesia, bukan hanya karena pencetus diet ini yang merupakan salah seorang artis di negeri ini melainkan juga karena keberhasilannya  yang terjadi pada sejumlah orang yang menjalani program diet ini.

Pada metode diet ini Deddy Corbuzier menerapkan sejumlah aturan yang digunakan oleh dirinya sendiri dan berhasil dalam membentuk tubuhnya. Inti dari metode Obsessive Corbuzier’s Diet (OCD) adalah anda melakukan puasa pendek yang dikenal dengan periode jendela makan dan juga menghindari sarapan pagi. Dalam artikel ini selanjutnya kita akan membahas bagaimana menerapkan  cara diet OCD yang seharusnya.

Cara OCD yang Benar Kunci Keberhasilan Diet Anda

Seperti cara diet yang benar lainnya, setiap cara diet memiliki titik berat dalam meningkatkan angka keberhasilan menurunkan berat badan seseorang. Dalam metode diet OCD sendiri terdapat 2 hal yang paling disorot dan merupakan kunci keberhasilan diet bagi banyak orang yakni hindari sarapan pagi dan juga puasa dengan menggunakan periode jendela untuk makan.

1. Hindari sarapan pagi!

Pada cara diet OCD, anda dianjurkan untuk tidak menjalani sarapan pagi dalam menjalani proses diet ini. Hal ini memang tampak sangat kontroversial dengan berbagai metode diet lain yang tetap menganjurkan sarapan pagi bahkan mengharuskannya. Di dalam panduan metode diet OCD ini dilampirkan sejumlah alasan mengapa sarapan pagi tidak dianjurkan, dimana dikatakan bahwa dengan sarapan pagi maka akan terjadi penghambatan dalam proses pembakaran lemak saat kita beraktifitas pagi hari setelah berpuasa saat tidur.

2. Periode Jendela Makan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pada metode diet ini hal yang harus dilakukan oleh orang yang ingin menurunkan berat badannya adalah berpuasa. Dalam cara diet OCD, lama berpuasa yang dianjurkan kepada kita di bagi menjadi 2 jenis yakni puasa dengan jendela waktu makan dan puasa selama 24 jam. Simaklah perbedaan kedua jenis puasa dalam diet OCD ini!

  • Puasa dengan jendela waktu makan

Puasa dengan jendela waktu makan ini biasa dilakukan sebagai langkah permulaan jika seseorang ingin mengikuti cara diet OCD yang benar. Dalam puasa dengan jendela waktu makan, anda dianjurkan untuk berpuasa selama 16 jam, 18 jam maupun 20 jam. Hal ini biasanya dilakukan secara bertahap disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang.

Dengan melihat waktu puasa yang diberikan dalam metode diet tersebut, maka dengan demikian kita sebenarnya diberikan kesempatan untuk bebas mengkonsumsi makanan selama 8 jam, 6 jam maupun 4 jam per hari. Bebas makan? Ya, itulah titik perbedaan yang selalu dibahas dalam metode diet ini.

Dalam diet OCD kita memang tidak dibatasi mengenai jenis makanan apa yang harus kita makan selama menjalani proses diet ini. Jenis makanan yang dimakan dibebaskan, dengan porsi yang sewajarnya tanpa perlu dikurang-kurangi. Ingat! Hal terpenting adalah anda hanya bisa makan dalam periode jendela makan yang sudah anda putuskan, dan dianjurkan untuk tidak mengatur periode jendela untuk makan pada pagi hari, melainkan saat siang atau malam hari saja.

  • Puasa 24 jam

Selain jenis puasa dengan periode jendela makan, dalam cara diet OCD yang benar kita juga dianjurkan untuk menjalani puasa 24 jam. Puasa 24 jam yang dimaksud sebenarnya anda hanya diijinkan makan sekali dalam sehari, jam berapa saja, makan apa saja sebanyak apa saja.

 Akan tetapi perlu diingat dalam metode diet ini, walaupun anda dibebaskan untuk mengkonsumsi jenis makanan apapun tanpa harus mengurangi porsi, anda tidak boleh menjadi kalap dan malah mengkonsumsi makanan dalam porsi yang terlalu banyak. Jika anda mengalami penyakit maag, maka anda cukup mengkonsumsi obat maag cair sebelum mengkonsumsi makanan pada saat buka puasa.

Bagaimana Cara Diet OCD Dipraktikkan?

Setelah mengetahui apa saja yang harus kita lakukan jika mengikuti metode diet OCD, sekarang kita tinggal menyusun rencana pelaksanaannya. Satu hal yang terpenting adalah komitmen untuk menurunkan berat badan, ingat kita bisa mengontrol nafsu makan kita dengan pikiran kita sendiri.  Hal pertama yang harus kita pikirkan adalah periode jendela untuk makan yang akan kita pilih, mengingat tadi kita memiliki 3 pilihan yakni 8 jam, 6 jam atau hanya 4 jam waktu untuk makan per harinya.

Untuk melakukan cara OCD yang benar Anda bisa bertahap dalam memulainya, seperti dalam minggu pertama anda menjalani waktu unutk makan selama 8 jam dan untuk minggu kedua hanya 6 jam waktu makan. Akhirnya pada minggu ketiga anda akan mulai terbiasa dan dapat mengatur waktu makan anda hanya 4 jam sehari. Dan ingat semua ini bukanlah acuan baku, anda bisa melakukan variasi sesuai kemampuan anda misalnya anda bisa mengatur jika dalam 1 minggu ada 1 hari dimana anda memiliki waktu makan selama 8 jam sedangkan hari lain anda hanya makan selama 4 jam. Dan tentu saja anda tidak boleh melupakan bahwa periode makan anda tidak dilakukan pada pagi hari alias bukan saat sarapan.

Selain itu untuk melakukan cara OCD yang benar anda perlu mengingat bahwa ada waktu puasa 24 jam yang harus dilakukan. Dalam panduan diet OCD sendiri dinyatakan bahwa keberhasilan metode diet ini akan semakin baik dan cepat  jika anda mengambil puasa 24 jam ini sebanyak 1 atau 2 kali seminggu. Ingat! Semua ini fleksibel, anda bisa mengatur jadwal makan maupun puasa 24 jam sesuai dengan kemampuan anda sendiri.

Metode diet ini sendiri menunjukkan keberhasilan yang cukup tinggi dan banyak diterima di masyarakat Indonesia. Berdasarkan penggagas ide diet OCD ini pola terbaik yang bisa dicoba dalam menjalani diet ini adalah dengan 4 jam jendela makan disertai dengan 2 atau 3 kali puasa 24 jam seminggu.

Selain menjalani cara diet seperti di atas, dalam panduan yang dibuat oleh penggagas OCD juga disertakan beberapa tips dalam menurunkan berat badan dan mendapatkan tubuh yang sehat dan juga bugar, salah satunya adalah olahraga. Selain ingin memiliki berat badan yang ideal anda juga pasti ingin mendapatkan tubuh yang bugar dan ini tidak bisa lepas dari olahraga. Dalam metode diet OCD, olahraga sebaiknya dilakukan sebelum kita makan yakni pada pagi hari.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai metode Obsessive Corbuzier’s Diet (OCD) atau cara OCD yang benar dan juga tips bagaimana menerapkannya dalam keseharian anda. Akhir kata, apapun metode diet yang akan anda jalani, kuncinya adalah komitmen. Untuk itu mantapkan komitmen anda untuk menurunkan berat badan dan menjalani hidup sehat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *