invisible hit counter

Follow US

Mengetahui Perkembangan Anak 2 Tahun yang Pesat dan Cara Mengasuhnya

Mengetahui Perkembangan Anak 2 Tahun yang Pesat dan Cara MengasuhnyaSebagai orang tua, Anda perlu mengetahui bahwa perkembangan anak 2 tahun memang sedang pesat. Secara umum anak berusia 2 tahun sedang mulai berkembang kemampuan berpikirnya, kemampuan berbahasa dan berkonsentrasi. Akan tetapi banyak sekali orang tua yang kurang memperhatikan perkembangan buah hatinya. Padahal usia 2 tahun juga menjadi masa-masa yang paling penting dalam kehidupan seseorang. Oleh karena itu dibutuhkan cara mengasuh oleh para orang tua. Pasalnya beberapa penelitian mengatakan bahwa perkembangan seorang anak usia 2-5 tahun merupakan masa emas atau golden age bagi anak.

Bermain adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh anak usia 2 tahun. Dan bagi para orang tua, sudah sepatutnya Anda menjadi pendamping supaya bisa terus memantau perkembangan anak usia 2 tahun. Apa yang terjadi pada anak Anda dan apa yang dilakukan oleh si kecil merupakan tanggung jawab Anda sebagai orang tua. Salah satu langkah saja, maka masa depan buah hati Anda yang akan menjadi korban. Dan mungkin beberapa tips yang akan kami sampaikan berikut ini mungkin bisa bermanfaat bagi Anda para orang tua.

Sikap Orang Tua dalam Menghadapi Perkembangan Anak 2 Tahun

Untuk mengawasi si kecil yang sedang dalam masa emasnya, memang dibutuhkan perhatian yang ekstra. Namun karena usianya masih 2 tahun, maka yang perlu Anda lakukan sebagai orang tua juga tidak terlalu berlebihan. Ingat bahwa seorang anak juga butuh kebebasan dan tidak baik apabila terlalu dikekang. Lalu hal apa saja yang perlu dilakukan oleh para orang tua? Mungkin berikut

  1. Selalu Menjaga Sambil Mengawasi

Menjaga bukan berarti melarang dan mengawasi bukan berarti terlalu membatasi. Bagi Anda para orang tua, perkembangan anak 2 tahun memang terlihat sangat pesat. Perlu Anda ketahui bahwa di dalam tubuhnya, kinerja organ seperti jantung, paru-paru, otak, dan organ-organ penting lainnya sudah mulai bisa berfungsi secara sempurna. Oleh karena itu biasanya si anak akan mulai sering mengalami gangguan penyakit. Pasalnya meskipun organ-organ tubuhnya sudah mulai aktif, namun sistem imunnya masih belum sempurna.

Oleh karena itu sebagai orang tua Anda harus selalu menjaga dan mengawasi buah hati Anda. Tujuannya adalah supaya tidak terjadi hal-hal buruk yang tentunya tidak Anda inginkan. Contoh sederhananya adalah saat si anak sedang bermain dengan mainannya. Usahakan awasi dia jangan sampai memasukkan mainan atau benda-benda yang kotor ke dalam mulut. Pasalnya jika ternyata benda yang dimasukkan ke dalam mulut itu berbahaya, pastinya juga akan berdampak bagi perkembangan anak 2 tahun. Anda juga harus bisa menjaga anak dari hal-hal yang berbahaya, seperti benda-benda tajam, lantai yang licin, dan sebagainya.

  1. Selalu Luangkan Waktu untuk Si Anak

Selama proses perkembangan anak usia 2 tahun, seorang anak sangat membutuhkan perhatian dari orang tuanya. Maka dari itu sudah seharusnya Anda sebagai orang tua harus selalu punya waktu untuk bersama buah hati Anda. Tujuannya adalah supaya si Anda memiliki kedekatan emosional dengan si anak. Boleh-boleh saja Anda menggunakan jasa babysitter, namun jangan sampai si anak justru lebih dekat dengan babysitter yang menjaganya. Anda sebagai orang tua harus memposisikan diri Anda lebih dekat dengan si anak.

Luangkan waktu Anda di sela-sela kesibukan Anda supaya punya waktu bermain untuk anak Anda. Minimal lakukan permainan-permainan sederhana, mengajaknya berbicara, bercanda atau sekadar jalan-jalan santai di taman. Jangan biarkan anak Anda lebih bergantung kepada babbysitter ketimbang dengan orang tuanya sendiri. Ini dia yang biasanya menjadi kesalahan para orang tua yang hanya mementingkan pekerjaannya. Tidak salah, namun sebisa mungkin luangkanlah sedikit waktu Anda untuk si kecil.

  1. Jangan Memaksa Anak untuk Terlalu Cepat Berkembang

Perkembangan anak 2 tahun memang sedang dalam fase yang cepat. Si kecil biasanya sudah mulai bisa mengucapkan kata-kata yang akrab dengannya, seperti “ayah” atau “ibu”. Terkadang ada juga yang belum lancar berbicaranya, namun sudah mulai lincah berjalan bahkan berlari. Sebagai orang tua, usahakan jangan membanding-bandingkan anak Anda dengan anak lain yang kemampuannya sudah lebih dari buah hati Anda sendiri. Meskipun usianya sama, namun perkembangan anak memang tidak bisa dipaksakan.

Terkadang ada orang tua yang terlalu terobsesi untuk memiliki anak yang sempurna. Anda harus ingat bahwa usia anak Anda masih 2 tahun. Jika anak Anda masih belum bisa berjalan sedangkan anak seumuran lainnya sudah mulai bisa berjalan, latih anak Anda secara perlahan. Biarkan si anak tumbuh dan berkembang secara alami. Kalaupun Anda ingin melatih si anak untuk berjalan, berbicara atau melakukan hal lain, jangan dipaksakan. Justru terkadang pemaksaan bisa berdampak buruk bagi perkembangan anak 2 tahun.

Tips Melatih Perkembangan Anak Usia 2 Tahun Menggunakan Mainan

Salah satu cara melatih perkembangan anak 2 tahun adalah dengan menggunakan mainan. Akan tetapi orang tua memang disarankan untuk lebih selektif dalam memilih mainan yang cocok untuk si anak. Jenis permainan yang cocok untuk menunjang perkembangan otak anak usia 2 tahun adalah permainan-permainan untuk melatih keseimbangan kinerja otak kiri dan kanan. Misalnya Anda bisa bermain lempar tangkap bola, berlari, mengajarinya berenang di kolam dangkal, atau beberapa kegiatan yang melibatkan sistem motorik.

Permainan lain yang juga cocok untuk perkembangan otak anak 2-5 tahun adalah bermain mencocokkan bentuk. Meskipun sangat sederhana, namun sebenarnya jenis permainan ini bisa membuat otak anak berkembang lebih baik. Dalam permainan ini si anak akan menganalisa bentuknya terlebih dahulu, kemudian mencari hal lain yang cocok atau sama. Atau Anda juga bisa melakukan permainan yang lebih sederhana, yaitu menyusun balok.

Manfaat permainan menyusun balok untuk perkembangan anak 2 tahun sama seperti permainan mencocokkan bentuk. Jenis permainan ini bisa melatih otak si anak untuk menganalisa suatu hal terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan. Si kecil pasti akan berpikir atau mencari cara mengenai bagaimana cara memainkan permainan tersebut.

Selain dengan melakukan permainan-permainan sederhana yang bisa memancing perkembangan otak yang lebih baik, Anda sebagai orang tua juga harus memerhatikan asupan gizi dan nutrisi si anak. Pasalnya semua makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut pastinya akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak usia 2 tahun. Kalaupun Anda menggunakan jasa babbysitter, pastikan Anda selalu tahu makanan dan minuman apa yang diberikan kepada anak Anda. Banyak sekali anak yang tumbuh kembangnya tidak maksimal karena kekurangan gizi.

Kurang lebih seperti itulah gambaran mengenai bagaimana cara orang tua untuk menyikapi perkembangan anak 2 tahun. Mengingat usia 2-5 tahun adalah golden age, masa yang sangat berpengaruh terhadap perkembangannya di masa yang akan datang. Sekian artikel kali ini, semoga bisa menambah wawasan dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *