invisible hit counter

Follow US

Mengenali Gejala Tipes pada Orang Dewasa dan Tips Mengatasinya

Mengenali Gejala Tipes pada Orang Dewasa dan Tips MengatasinyaPengetahuan mengenai gejala tipes pada orang dewasa merupakan suatu topik perbincangan yang cukup hangat dibicarakan oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak? Penyakit tipes atau typhoid fever merupakan penyakit yang lazim dan selalu hampir ditemukan diderita oleh penduduk Indonesia. Apalagi mengingat komplikasi penyakti tipes yang cukup berbahaya, mendiagnosis penyakit tipes pada tahap dini merupakan suatu langkah yang dapat sangat membantu seseorang terhindar dari derajat penyakit yang lebih parah. Maka, ikuti bahasan mengenai gejala tipes dan pengobatannya di artikel ini.

Beberapa Gejala Tipes pada Orang Dewasa yang Perlu Diwaspadai

Penyakit tipes merupakan suatu penyakit infeksi. Maksudnya, penyakit ini timbul karena masuknya bakteri, tepatnya bakteri Salmonella typhi ke dalam tubuh penderitanya. Biasanya, kuman ini ditemukan di tinja penderita tipes yang mencemari makanan atau minuman yang tidak bersih. Kuman Salmonella  ini akan masuk melalui mulut, melewati lambung hingga akhirnya ke usus halus, dimana di sana ia akan turut serta aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh. Saat itulah gejala-gejala tipes pada orang dewasa muncul. Apa saja gejala-gejala penyakit berbahaya ini? Berikut adalah rangkumannya:

  • Demam

Gejala tipes pada orang dewasa yang pertama dan utama adalah naiknya suhu tubuh di atas normal atau biasa disebut demam. Gejala demam yang terjadi pada penyakit tipes mempunyai sifat yang cukup khas, yaitu demam yang timbul pada malam hari saja. Ya, biasanya penderita tipes baru mengeluh demam pada malam hari sedangkan menjelang pagi dan siang hari demam akan turun dan sembuh, sehingga penderita dapat beraktivitas seperti biasanya. Namun ketika jam sudah memasuki pukul 6 sore, suhu tubuh penderita akan kembali naik hingga pagi hari.

Gejala demam yang khas ini biasa terjadi pada minggu pertama penyakit. Namun, seiring berjalannya waktu, demam akan berubah menjadi demam yang timbul terus menerus, baik malam, pagi, maupun siang hari. Semakin hari, suhu tubuh pun semakin naik bila dibandingkan dengan hari sebelumnya. Gejala demam dapat diikuti oleh perasaan tidak enak badan serta mudah dan cepat lelah.

  • Sakit Kepala

Gejala tipes berikutnya adalah timbulnya sakit kepala atau nyeri kepala. Biasanya yeri dirasakan di seluruh bagian kepala, terutama di bagian atas kepala. Karena sakit kepala, biasanya penderita pun tidak akan mampu berkonsentrasi melakukan aktivitasnya sehari-hari. Nyeri kepala ini biasanya tidak hilang hanya dengan obat warung karena penyebab utama sakit kepala ini adalah infeksi kuman tipesnya.

  • Perubahan Buang Air Besar

Gejala tipes pada orang dewasa yang ketiga adalah terjadinya perubahan pola buang air besar. Klasiknya atau gejala yang ditemukan sejak jaman dahulu, penderita akan menderita konstipasi atau sembelit atau sulit buang air besar sejak hari pertama demam atau malah sejak sebelum demam timbul. Gejala sembelit ini dapat berlangsung selama 4-7 hari pasca demam. Selain sembelit, perubahan buang air besar lain yang mungkin terjadi pada penderita tipes adalah BAB dengan tinja yang cair. Gejala diare ini tidak seheboh gejala penyakit diare yang sesungguhnya, namun cukup mengganggu aktivitas penderita.

  • Penurunan Nafsu Makan

Rasa tidak enak badan pada penderita tipes pun biasanya diikuti oleh gejala tipes pada orang dewasa lainnya yaitu tidak enak makan. Penderita tipes biasanya tidak mau dan tidak dapat mengonsumsi jumlah makanan yang sama seperti pada saat ia sedang sehat. Penderita akan merasa agak mual, perut agak penuh dan merasa tidak lapar walau ia belum makan apapun. Bila tidak dipaksakan, berat badan penderita dapat menurun dengan cepat karena penurunan nafsu makan ini.

  • Sakit Perut

Satu hal lagi yang biasanya menjadi gejala tipes pada orang dewasa adalah penderita akan merasakan rasa tidak enak di perut. Sakit perut biasanya dapat dirasakan di daerah ulu hati, atau di kiri atas bahkan di kanan atas. Sakit perut pun dapat dirasakan di daerah kanan bawah. Posisi nyeri perut pada penyakit tipes memang tidak spesifik, karena kuman ini menyerang dan menimbulkan penyakit pada beberapa organ dalam tubuh. Namun bila nyeri perut sudah berubah menjadi nyeri yang tidak tertahankan, nyeri di seluruh perut dan terasa sangat nyeri bila perut disentuh, segeralah berobat ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang segera.

  • Perubahan Kesadaran

Bila penyakit tipes tidak mendapatkan penanganan dalam watu 1 minggu, penderita penyakit tipes dapat mengalami gejala penyakit tipes pada orang dewasa yang cukup parah. Gejala tipes pada orang dewasa yang cukup parah tersebut disebut dengan istilah delirium. Delirium adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak responsif dengan keadaan sekitarnya, kadang dapat mengamuk, menangis, atau meracau perkataan yang tidak jelas. Biasanya, keadaan ini diawali dengan mengigau parah yang sulit disadarkan dari tidur. Bila sudah muncul tanda-tanda perubahan perilaku, penderita harus segera dibawa ke dokter dan diberikan penanganan yang tepat.

Tips Mengatasi dan Obat Gejala Tipes pada Orang Dewasa

  • Kompres dingin sangatlah berguna sebagai obat gejala tipes, karena demam merupakan gejala tipes yang paling utama. Taruh lap basah dingin pada jidat kepala, atau juga ketiak, kaki, tangan dan lipat paha bila suhu tubuh sangat tinggi. Namun ingat jangan menggunakan air es atau air yang sangat dingin.
  • Minum banyak air adalah pertolongan pertama yang dapat diberikan bagi penderita yang mengalami gejala diare. Mengonsumsi air yang cukup banyak pun dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Minumlah 10 gelas air per hari dan ingat untuk mengonsumsi air yang bersih dan telah dimasak hingga mendidih.
  • Cuka apel yang dicampurkan dengan air matang juga dapat meringankan gejala tipes pada orang dewasa. Karena, cuka apel mengandung asam dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh pada keadaan dehidrasi. Caranya hanya mencampurkan 1/2 sendok teh cuka apel ke 250 ml air matang. Minumlah sebelum makan.
  • Bawang putih merupakan salah satu sumber makanan alami yang dapat dipakai sebagai obat gejala tipes pada orang dewasa. Hal ini disebabkan adanya efek antibakteri pada bawang putih yang dapatmembantu tubuh melawan infeksi bakteri. Caranya, Anda perlu mengonsumsi 2 siung bawang putih mentah pada saat perut kosong.
  • Berobat ke dokter merupakan hal yang wajib dilakukan oleh mereka yang mengalami gejala tipes. Dengan berobat ke dokter, Anda dapat melakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengonfirmasi gejala yang Anda alami. Dengan berobat ke dokter juga Anda dapat mengonsumsi antobiotik yang tepat yang sangat dibutuhkan untuk menyembuhkan penyakit tipes tersebut.

Sudah rahasia umum bahwa pengobatan penyakit tipes tidaklah mudah, membutuhkan waktu yang lama dan istirahat yang cukup banyak. Dan sudah rahasia umum pula bahwa komplikasi yang dapat terjadi akibat penyakit tipes ini cukup parah seperti pecahnya usus, perdarahan di dalam perut, infeksi ke otak, paru dan liver. Maka, agar mendapatkan pengobatan yang optimal dan agar terhindar dari segala kemungkinan komplikasi,  mengenal gejala tipes pada orang dewasa dapat membantu Anda mengenali penyakit ini lebih dini. Jangan ragu untuk, bahkan harus, berobat ke puskesmas, dokter atau rumah sakit bila Anda mencurigai diri Anda atau orang terdekat Anda menderita penyakit tipes. Meskipun ada beberapa obat gejala tipes yang telah kami bahas, penanganan dari tangan seorang dokter sangat dibutuhkan untuk melawan penyakit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *