invisible hit counter

Follow US

Mengenali Ciri Ciri Sakit Jantung Sejak Dini dan Cara Pencegahannya

Mengenali Ciri Ciri Sakit Jantung Sejak Dini dan Cara PencegahannyaPada dasarnya ciri ciri sakit jantung bisa dikenali sejak dini, tapi banyak orang yang belum dibekali pengetahuan yang cukup mengenai penyakit jantung. Itu dia sebabnya mengapa banyak orang yang terlambat mengetahui kalau dirinya mengalami sakit jantung. Kalau sudah demikian, tentu saja proses penyembuhannya akan lebih sulit. Pasalnya bisa dibilang penyakit jantung adalah salah satu penyakit berat. Banyak cara yang bisa ditempuh untuk menyembuhkan penyakit jantung. Tapi mungkin yang paling mengesalkan adalah saat penderita harus membatasi berbagai aktivitas supaya tidak terlampau lelah dan membuat penyakit jantungnya kambuh. Oleh karena itu pada artikel kali ini kami akan membagikan informasi kepada Anda mengenai ciri ciri penyakit jantung dan bagaimana cara pencegahannya.

Seperti yang mungkin juga sudah Anda ketahui, bahwa penyakit jantung adalah salah satu penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit ini bisa dialami oleh semua orang, baik wanita ataupun laki-laki. Mengetahui ciri ciri penyakit jantung lemah sejak dini bisa membuat kita melakukan langkah pencegahan lebih cepat. Sehingga akhirnya penyakit jantung tidak semakin parah dan bisa lebih cepat sembuh. Lalu seperti apa gejala penyakit jantung yang harus diwaspadai? Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri awal penyakit jantung yang harus diketahui, supaya Anda bisa melakukan penanganan sejak dini.

Ciri Ciri Sakit Jantung yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini

Seperti kebanyakan penyakit lainnya, penyakit jantung sebenarnya bisa berawal dari hal-hal yang sepele. Penyakit ini juga terkadang menunjukkan gejala yang sering dianggap sebagai gejala ringan saja. Namun demikian jika gejala-gejala tersebut dibiarkan saja, maka risikonya adalah sakit jantung bisa semakin parah. Oleh karena itu Anda perlu waspada jika Anda sendiri atau ada orang di sekitar Anda yang mengalami gejala-gejala berikut ini.

  1. Sesak Napas

Salah satu ciri ciri sakit jantung yang paling umum dialami oleh si penderita adalah sesak napas alias napas yang tidak stabil. Jika Anda sering mengalami gejala semacam ini, waspadalah. Coba periksakan kesehatan jantung Anda ke dokter. Barangkali ciri ciri penyakit jantung itu benar adanya. Apabila di dalam tubuh Anda ada penyakit jantung, terkadnag ada cairan yang masuk ke rongga paru-paru. Hal ini secara otomatis bisa menyebabkan gangguan pernapasan. Gejala ini biasanya terasa saat penderita sedang tidur atau beristirahat. Jadi sudah seharusnya penderita mendapatkan penanganan medis yang lebih lanjut.

  1. Pusing dan Pingsan

Banyak penderita penyakit jantung yang mengabaikan ciri ciri sakit jantung pusing atau bahkan sampai pingsan. Kalau hal ini terjadi hanya sekali atau dua kali dalam jangka waktu yang lama, mungkin itu bukan ciri ciri penyakit jantung lemah. Namun demikian apabila gejala tersebut cukup sering terjadi, bisa jadi itu mengindikasikan adanya penyakit jantung. Kebanyakan penderita penyakit jantung mengalami gejala ini. Penyebabnya adalah karena otot jantung yang kinerjanya mulai tidak optimal. Akibatnya, suplai darah ke seluruh tubuh menjadi kurang maksimal.

  1. Sering Nyeri

Selanjutnya ada ciri ciri penyakit jantung yang membuat beberapa bagian tubuh sering mengalami nyeri. Mungkin nyeri di beberapa bagian tubuh ini bisa jadi gejala penyakit ringan. Misal seperti kelelahan, kurang istirahat, flu, dan sebagainya. Namun demikian, sering nyeri juga bisa menjadi ciri ciri sakit jantung yang perlu diwaspadai. Pasalnya kondisi ini bisa disebabkan oleh suplai darah yang mulai menurun ke beberapa bagian tubuh. Akibatnya, beberapa bagian tubuh yang kekurangan suplai darah itu sering mengalami kram atau nyeri. Jika Anda cukup sering mengalami gejala ini, ada baiknya segera periksakan kesehatan jantung Anda.

  1. Palpitasi

Palpitasi adalah gejala di mana jantung sering berdebar-debar tidak beraturan. Mungkin kondisi ini bisa terjadi saat seseorang sedang melakukan olahraga atau saat kelelahan. Tapi yang perlu Anda waspadai adalah saat Anda mengalami ciri ciri penyakit jantung lemah ini tanpa sebab yang pasti dan cukup sering. Bahkan gejala ini juga bisa disertai dengan gejala penyakit yang lainnya. Untuk memastikan apakah ini merupakan indikasi adanya penyakit jantung atau penyakit lainnya, periksakan ke dokter secepatnya supaya penanganannya pun bisa dilakukan dengan segera.

  1. Mudah Lelah

Satu lagi ciri ciri sakit jantung yang pasti dialami oleh semua penderita sakit jantung, yaitu mudah lelah. Kinerja jantung yang sudah tidak optimal lagi pasti menyebabkan suplai darah yang kurang. Oleh karena itu tubuh lebih mudah lelah dan menjadi lemah. Namun kondisi ini bisa Anda latih dengan cara melakukan olahraga ringan secara rutin, menghindari stres, menghindari kebiasaan merokok atau mengonsumsi minuman keras.

  1. Gangguan Pencernaan

Mungkin gangguan pencernaan memang terlihat tidak ada hubungannya dengan jantung. Tapi dalam sebuah penelitian, ternyata wanita diketahui lebih sering mengalami ciri ciri sakit jantung berupa mual dan muntah. Bahkan wanita juga lebih berisiko mengalami gejala gangguan pencernaan menjelang serangan jantung ketimbang pria. Ini jelas akan sangat membingungkan, karena gejala gangguan pencernaan juga sering dialami pada penyakit-penyakit lain. Kondisi ini disebabkan adanya sumbatan lemak di arteri, sehingga suplai darah ke jantung akan berkurang. Akibatnya sistem pencernaan juga bisa ikut terganggu.

Cara Mencegah Risiko Terkena Penyakit Jantung

Setelah mengetahui beberapa ciri ciri penyakit jantung lemah seperti yang barusan sudah kami sampaikan, ada baiknya Anda juga tahu bagaimana cara pencegahan supaya tidak mengalami sakit jantung. Mengingat sakit jantung adalah bukan penyakit main-main dan berisiko kematian. Bagi Anda yang tidak ingin mengalami sakit jantung, lebih baik mulai sekarang ubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat. Terutama bagi Anda yang selama ini sudah terbiasa dengan kebiasaan-kebiasaan tidak sehat.

Pertama, kalau Anda punya kebiasaan merokok lebih baik hentikan mulai sekarang juga. Pasalnya mengisap asap rokok adalah salah satu hal yang sangat berdampak buruk untuk kesehatan jantung. Bukan hanya asap rokok, karena ternyata asap kendaraan bermotor dan polusi udara juga bisa menimbulkan radikal bebas di dalam tubuh. Oleh karena itu Anda disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi antioksidan. Antioksidan bisa menangkap dan membuang radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Anda bisa mendapatkan kandungan antioksidan dari berbagai macam sayuran dan buah-buahan.

Anda juga disarankan rutin melakukan olahraga, menghindari stres dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Bagi Anda yang ketergantungan dengan kendaraan seperti sepeda motor atau mobil, mulai sekarang usahakan berjalan kaki kurang lebih selama 30 menit dalam sehari, karena ternyata cara ini dinilai cukup efektif untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Bagaimana? Apakah Anda siap untuk menjalani hidup yang lebih sehat? Jadi semoga tips mengenai ciri ciri sakit jantung dan cara pencegahannya yang barusan kami sampaikan bisa Anda coba sendiri di rumah. Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *