invisible hit counter

Follow US

Mengenali Ciri-Ciri Infeksi Saluran Kencing dan Cara Pencegahannya

Mengenali Ciri-Ciri Infeksi Saluran Kencing dan Cara PencegahannyaInformasi mengenai ciri-ciri infeksi saluran kencing penting diketahui agar dapat segera ditangani sejak dini sehingga tidak bertambah parah. Infeksi saluran kencing adalah peradangan yang terjadi pada saluran kencing oleh mikroorganisme (paling sering oleh bakteri), baik pada saluran kencing bagian atas maupun bawah. Saluran kencing bagian atas yang dimaksud adalah bagian ginjal sampai ureter, sedangkan saluran kencing bagian bawah yaitu dari kandung kencing sampai uretra. Bakteri penyebab infeksi saluran kencing paling banyak disebabkan oleh Escherichia Coli. Infeksi saluran kencing seringkali disebabkan karena kebiasaan cebok yang salah sehingga memindahkan bakteri yang ada pada sisa-sisa kotoran di anus menuju ke saluran kencing sehingga memicu timbulnya proses infeksi.

Selain itu, infeksi saluran kencing juga dapat diakibatkan karena terjadinya sumbatan pada saluran kencing (karena batu ginjal, batu kandung kemih, pembesaran prostat, atau karena tumor/kanker). Bakteri juga dapat masuk ke saluran kencing ketika orang melakukan aktifitas seksual. Pemakaian kateter dalam jangka waktu yang lama juga dapat memicu timbulnya infeksi saluran kecing dikarenakan akan lebih mudah untuk perkembangbiakan bakteri. Wanita pada umumnya lebih rentan untuk menderita infeksi saluran kencing dibandingkan dengan laki-laki. Hal ini dikarenakan organ saluran kencing wanita yang sangat dekat letaknya dengan anus, dan secara anatomis organ tersebut cenderung terbuka sehingga lebih memudahkan bakteri untuk masuk ke saluran kencing.

Beberapa Ciri-Ciri Infeksi Saluran Kencing yang Mudah Dikenali

Sebagian orang mungkin pernah mengalami ciri atau gejala infeksi saluran kencing berikut ini, namun mungkin tidak menyadarinya hingga penyakitnya semakin parah. Oleh karena itu jika Anda mengalami ciri-ciri berikut sebaiknya Anda segera memerikskan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Ciri-ciri infeksi saluran kencing adalah sebagai berikut:

  1. Sakit pada saat buang air kecil

Sakit pada saat buang air kecil merupakan ciri-ciri infeksi saluran kencing yang sering ditemui pada banyak kasus. Adanya peradangan pada saluran kencing otomatis akan menyebabkan adanya rasa tidak nyaman saat berkemih. Rasa yang ditimbulkan yaitu berupa rasa nyeri atau perih dan rasa panas seperti terbakar. Nyeri ini dapat terjadi hilang timbul dengan skala nyeri yang bervariasi, ada yang biasa saja tetapi ada juga yang menimbulkan nyeri yang hebat.

  1. Sering merasa ingin buang air kecil

Ciri-ciri infeksi saluran kencing yang juga lazim dijumpai yaitu penderitanya sering merasa ingin buang air kecil tetapi hanya mengeluarkan sedikit urine. Kondisi ini dalam istilah jawa disebut sebagai anyang-anyangen. Anda yang pernah merasakan hal semacam ini pastilah merupakan hal yang sangat mengganggu kenyamanan. Apalagi jika dialami pada saat melakukan aktifitas kerja atau saat menghadapi momen-momen penting, tentunya kondisi ini akan sangat merepotkan Anda.

  1. Demam

Ciri-ciri infeksi saluran kencing berikutnya yaitu demam. Demam merupakan panas tinggi yang dapat juga disertai dengan menggigil. Demam merupakan respon alami tubuh untuk melawan adanya mikroorganisme yang masuk. Jika bakteri yang masuk ke saluran kencing jumlahnya sedikit, sebenarnya masih bisa dilawan oleh sistem kekebalan tubuh kita. Tetapi jika jumlah bakteri jumlahnya sangat besar, maka proses infeksi dan inflamasi bakteri pun akan terjadi.

  1. Warna urine kecoklatan atau bercampur darah

Warna urine yang normal yaitu kuning jernih. Jika pada suatu ketika urine Anda berubah warna menjadi kuning kecoklatan atau bercampur dengan darah maka hal ini merupakan salah satu ciri-ciri infeksi saluran kencing yang kemungkinan sedang Anda alami. Adanya proses infeksi di saluran kencing oleh bakteri sering mengakibatkan iritasi dan perlukaan pada permukaan dinding saluran kencing sehingga timbullah perdarahan. Sebaiknya Anda jangan panik jika mengalami gejala seperti ini. Perbanyak asupan cairan dan segera konsultasikan ke dokter untuk dicari penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Sakit pinggang atau perut bagian bawah

Saluran kencing terletak dari di bagian pinggang yaitu pada bagian pinggang turun ke bawah sampai ke organ kemaluan sebagai pembuangan akhir cairan sisa metabolisme tubuh. Jika terjadi infeksi saluran kencing, maka penderitanya biasanya sering mengalami sakit pinggang. Sakit pinggang ini biasanya dapat tersebar di area punggung bagian bawah berupa rasa pegal bercampur panas. Hal ini biasanya meupakan ciri-ciri infeksi saluran kencing yang terjadi pada bagian atas. Selain sakit di sekitar pinggang, gejala yang dirasakan juga dapat berupa rasa nyeri di bagian perut bagian bawah. Hal ini biasanya merupakan ciri infeksi saluran kencing yang terjadi pada bagian bawah.

  1. Badan lesu dan mudah capek

Penderita infeksi saluran kencing biasanya juga mengalami lesu dan badannya mudah capek. Penderita merasakan kondisi yang menurun dalam tubuhnya dan mudah lelah walaupun tidak sedang melakukan aktifitas yang berat. Jika terjadi infeksi pada ginjal, penderita dapat mengalami anemia (kurang darah) karena mengalami gangguan pada hormon yang berperan dalam pembentukan sel darah merah. Sehingga penderita tampak lemah dan pucat. Pada kondisi ini sebaiknya penderita banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi terutama yang terdapat pada sayuran berwarna hijau. Penderita sebaiknya tidak melakukan aktifitas yang berat dan memperbanyak istirahat.

  1. Bau urine yang lebih menyengat

Bau urine yang menyengat juga merupakan salah satu ciri-ciri infeksi saluran kencing. Hal ini terjadi karena adanya kontaminasi bakteri pada saluran kencing yang bercampur dengan urine. Jadi jika Anda mencium bau urine Anda yang berbau lebih menyengat dari biasanya, Anda perlu mewaspadai akan terjadinya infeksi pada saluran kecing.

Cara Pencegahan Infeksi Saluran Kencing

Agar terhindar dari penyakit infeksi saluran kencing, Anda dapat melakukan langkah pencegahan seperti berikut ini:

  1. Selalu gunakan air bersih untuk bercebok. Cara cebok yang benar yaitu dari dari depan ke belakang untuk mencegah masuknya bakteri yang berasal dari anus.
  2. Bagi pasangan suami istri yang akan melakukan aktifitas seksualnya, sebaiknya bersihkan dulu masing-masing organ intim sebelum memulai hubungan suami istri untuk menghindari masuknya kuman ke saluran kencing. Setelah selesai berhubungan juga jangan lupa untuk mencuci organ intim dengan air yang bersih.
  3. Perbanyaklah minum air putih. Setidaknya minumlah air putih 8 gelas dalam sehari
  4. Sebaiknya pilihlah mandi dengan menggunakan gayung atau shower daripada berendam di bathup. Sebab bakteri yang berasal dari kotoran yang melekat di badan Anda, dari anus, maupun dari bathup yang kurang bersih, dapat dengan mudah masuk ke saluran kencing ketika Anda sedang berendam.
  5. Jangan menahan kencing ketika Anda sudah merasakan hasrat ingin buang air kecil

Setelah mengetahui informasi mengenai ciri-ciri infeksi saluran kencing yang telah dipaparkan di atas, maka diharapkan Anda lebih waspada dan mendeteksi secara lebih dini. Jika penyakitnya masih ringan, dokter biasanya akan memberikan antibiotik dan pengobatan terhadap gejala yang ditimbulkan. Namun jika penyakitnya sudah menimbulkan komplikasi, maka akan memerlukan tindakan yang lebih invasif, salah satunya dengan cara operasi. Mencegah lebih baik daripada mengobati, maka sebelum sakit sebaiknya Anda melakukan langkah pencegahan seperti diterangkan di atas agar terhindar dari penyakit infeksi saluran kencing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *