invisible hit counter

Follow US

Mengenali Ciri-Ciri Anemia dan Cara Pencegahannya

Mengenali Ciri-Ciri Anemia dan Cara PencegahannyaMengetahui ciri-ciri anemia tentulah sangat penting bagi setiap orang, terutama yang memiliki riwayat penyakit darah rendah. Umumnya, orang yang mengalami anemia menunjukkan gejala seperti badan yang terasa sangat lemas. Tetapi orang yang merasa lemas tidak selamanya mengalami anemia karena ciri-ciri terkena anemia tidaklah hanya terlihat dari stamina tubuhnya. Masih ada ciri-ciri lain sebagai indikasi bahwa seseorang mengalami anemia.

10 Ciri-Ciri Anemia yang Penting untuk Diketahui

Anemia identik dengan sebutan penyakit kekurangan darah. Ketika mengalami anemia, sel-sel darah merah pada tubuh seseorang sedang berada di bawah angka normal sehingga disebut sebagai penyakit kurang darah. Berikut ini adalah ciri-ciri anemia.

1. Daya tahan tubuh menurun

Salah satu penyebab anemia adalah kurangnya asupan zat besi. Di satu sisi, apabila tubuh kekurangan zat besi, tubuh tidak memiliki antibodi yang maksimal. Itulah mengapa penderita anemia memiliki daya tahan tubuh yang kurang baik sehingga akan mudah terkena penyakit lain, terutama penyakit karena infeksi.

2. Mata pucat dan cekung

Salah satu ciri-ciri anemia ditunjukkan dengan kondisi kantung mata seseorang yang terlihat pucat serta kondisi mata yang cenderung cekung ke dalam. Kantung mata yang pucat terjadi karena mata kekurangan hemoglobin atau sel darah merah. Sedangkan mata yang cenderung cekung ke dalam disebabkan karena sistem metabolisme yang tidak stabil karena kekurangan darah.

3. Merasa lemah dan lesu

Ciri-ciri anemia yang paling dikenali adalah badan terasa lemah dan lesu. Dalam kondisi ini, seseorang tidak dapat melakukan aktivitas yang berat karena tubuh kekurangan aliran darah yang turut berdampak pada tubuh yang kekurangan oksigen.

4. Sakit kepala

Ketika berkaitan dengan darah dan oksigen, tentulah kepala menjadi organ yang vital. Oleh karena itu, apabila aliran darah merah yang masuk ke kepala tidaklah lancar maka oksigen yang masuk ke kepala tidak akan lancar pula. Itulah mengapa sakit kepala menjadi salah satu ciri-ciri anemia. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena sakit kepala tidak selamanya menjurus pada penyakit anemia.

5. Sulit konsentrasi dan mudah mengantuk

Ciri-ciri anemia selanjutnya adalah seseorang menjadi sulit untuk berkonsentrasi dan juga mudah mengantuk. Orang yang mengalami anemia akan sulit konsentrasi karena otak kekurangan sel darah merah dan kekurangan oksigen. Terlebih lagi jika orang tersebut juga mengalami kekurangan asupan zat besi maka akan menjadi mudah mengantuk.

6. Telapak tangan terlihat pucat dan dingin

Mengetahui apakah seseorang mengalami anemia atau tidak dapat dilihat dari telapak tangannya. Apabila telapak tangan yang terlihat terlalu pucat maka orang tersebut sedang mengalami anemia. Ciri-ciri anemia tersebut terjadi karena telapak tangan kurang mendapatkan asupan darah. Tidak hanya pucat tetapi telapak tangan juga mengeluarkan keringat dingin yang disebabkan karena kekurangan oksigen pada jantung.

7. Sering pingsan

Orang yang terkena anemia biasanya akan sering mengalami pingsan. Ketika seseorang mengalami anemia, aliran darah yang ada di dalam tubuh sedang dalam keadaan yang tidak stabil sehingga ketika sedang berolahraga atau dalam kondisi kepanasan penderita anemia akan mudah untuk terjatuh pingsan.

8. Merasakan kesemutan

Merasakan kesemutan pada bagian tangan dan kaki juga merupakan ciri-ciri anemia karena kesemutan adalah salah satu tanda jika jaringan tubuh kita mengalami kekurangan oksigen. Tetapi kesemutan tidak serta merta merupakan gejala anemia, kesemutan juga dapat disebabkan oleh terhambatnya aliran darah yang bisa saja terjadi karena tertindih bagian tubuh lain.

9. Kulit kering dan bibir pecah-pecah

Salah satu indikasi bahwa seseorang terkena anemia adalah kulit yang lebih kering jika dibandingkan dengan orang dengan kadar HB yang normal. Hal tersebut disebabkan karena penderita anemia mengalami kekurangan oksigen dan juga asupan darah pada tubuhnya. Oksigen sangat berperan penting untuk kecantikan kulit karena berfungsi sebagai pelembab kulit sehingga tidak terlihat kering. Selain kulit kering, ciri-ciri anemia yang lain adalah bibir pecah-pecah karena hal yang sama.

10. Hilangnya nafsu makan

Penderita anemia akan kehilangan nafsu makan karena kadar sel darah merah yang rendah. Selama kadar hemoglobin pada tubuh belum normal maka nafsu makan belum akan membaik. Bahkan seorang bayi yang menderita anemia lebih memilih untuk tertidur dan tidak menyusui.

Berbagai Cara Pencegahan Anemia yang Bisa Dilakukan

Setelah mengetahui ciri-ciri anemia, ada baiknya jika Anda mulai menyadari pentingnya kesehatan. Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya anemia.

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi

Anemia dapat disebabkan karena kurangnya asupan zat besi pada tubuh. Zat besi merupakan mineral yang berfungsi untuk membantu peredaran oksigen melalui sel darah merah menuju ke seluruh tubuh. Selain itu, dengan konsumsi zat besi yang cukup maka sistem imun tubuh pun tetap dalam kondisi yang baik sehingga tidak mudah sakit.

2. Mengkonsumsi makanan kaya akan vitamin C

Makanan yang kaya akan vitamin C mampu mencegah terjadinya anemia. Salah satu fungsi vitamin C adalah membantu penyerapan seluruh zat besi dari berbagai sumber baik makanan ataupun suplemen agar dapat terserap dengan baik oleh tubuh. Selain itu, vitamin C juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk menjaga sistem imun tubuh.

3. Minum air putih

Meminum air putih sangatlah dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Air putih memiliki banyak manfaat positif untuk tubuh manusia. Dengan meminum air putih yang cukup, tubuh tidak akan mudah lelah dan dapat berkonsentrasi. Air putih juga dapat mempermudah tubuh dalam penyerapan nutrisi termasuk zat besi yang dapat mencegah terjadinya anemia.

4. Hindari konsumsi gluten yang berlebihan

Mengonsumsi makanan dengan kandungan gluten dapat menyebabkan terjadinya anemia. Mengapa? Ketika gluten dicerna dalam saluran pencernaan, akan menghambat usus dan membuat kerja usus dalam tubuh menjadi lambat dalam penyerapan zat besi serta folat. Contoh makanan yang mengandung gluten adalah gandum, dan pasta. Dianjurkan untuk menggantinya dengan makanan dengan kandungan protein hewani.

5. Menjalani gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat sangatlah penting bagi semua orang. Tidak ada orang yang ingin sakit sehingga banyak orang yang sadar akan kondisi kesehatannya mulai bergerak untuk mengajak orang lain mengikuti jejaknya. Gaya hidup yang sehat dimulai dari tidur yang cukup. Ketika sedang tertidur, tubuh menyerap nutrisi yang masuk dimana salah satunya adalah zat besi yang dapat mencegah terjadinya anemia.

Gaya hidup sehat selanjutnya adalah tidak mengonsumsi alkohol. Minuman alkohol memiliki kandungan reservatrol yang berakibat pada kesulitan tubuh dalam menerima zat besi. Lalu, apabila Anda adalah seorang ibu maka sebaiknya anak diberi ASI sebagai salah satu bentuk preventif dari penyakit anemia. Selain itu, pastikan Anda sedang tidak stres karena dapat mempengaruhi konsentrasi.

Itulah ciri-ciri anemia yang sering terlihat di lingkungan sekitar. Hanya dengan mengetahui ciri-cirinya, Anda tentulah tidak cukup. Perlu dilakukan tindakan-tindakan pencegahan anemia yang dapat dilakukan dengan memperhatikan makanan dan asupan yang dikonsumsi serta menanamkan kebiasaan untuk hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *