invisible hit counter

Follow US

Mengenali Apa Saja Ciri-Ciri Hamil Anggur dan Penyebabnya

Mengenali Apa Saja Ciri-Ciri Hamil Anggur dan PenyebabnyaMengetahui ciri-ciri hamil anggur sebenarnya sangatlah penting meskipun kondisi kesehatan ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat awam. Setiap pasangan suami istri pasti sangat mendambakan kehadiran buah hati. Kehamilan pasti menjadi kabar yang sangat membahagiakan bagi pasangan suami istri dan keluarganya. Akan tetapi tidak semua orang mengalami kondisi kehamilan yang normal. Ada wanita yang hamil kembar, hamil di luar kandungan, bahkan ada juga yang lahir secara prematur. Akan tetapi secara umum kehamilan bisa didefinisikan sebagai adanya janin yang tumbuh di rahim sang ibu.

Lalu apa itu hamil anggur? Kondisi ini secara medis disebut dengan molahidatidosa, sebuah proses kehamilan yang berbeda dengan hamil secara normal. Pada kondisi hamil anggur, hasil pembuahan sel sperma dan sel telur gagal terbentuk. Pada akhirnya hasil pembuahan tersebut hanya berubah menjadi gelembung-gelembung bergerombol yang bentuknya seperti buah anggur. Bisa dikatakan bahwa hamil anggur ini adalah tumor jinak yang terbentuk dari sel-sel trofoblas, bagian dari tepi sel telur yang nantinya akan menjadi ari-ari janin. Gelembung tersebut nantinya tumbuh secara cepat dan membuat perut sang ibu terlihat seperti sedang hamil, padahal tidak. Itu dia yang membuat kondisi ini juga disebut sebagai hamil palsu.

Ciri-Ciri Hamil Anggur yang Harus Diwaspadai Para Wanita

Hamil anggur bisa dikatakan sebagai hamil kosong atau hamil tanpa janin. Meskipun sebenarnya perut wanita yang sedang hamil anggur bisa membesar seperti wanita hamil normal. Akan tetapi sesuai dengan yang barusan kami jelaskan, yang tumbuh adalah sel-sel tumor jinak berupa gelembung-gelembung hasil pembuahan yang gagal. Lalu bagaimana cara membedakan gejala tau ciri-ciri hamil anggur dan kehamilan yang normal?

Bagi Anda yang masih awam mengenai kondisi kehamilan yang satu ini, hamil anggur biasanya juga ditandai dengan hasil test urin yang positif hamil. Akan tetapi setelah itu biasanya wanita yang hamil anggur akan sering mengalami perdarahan. Bahkan perdarahan tersebut bisa mengakibatkan penurunan kadar sel darah merah atau dengan kata lain bisa menyebabkan anemia.

Jika biasanya seorang ibu hamil normal akan mengalami kondisi yang disebut dengan morning sickness, sama halnya dengan ibu yang hamil anggur. Seorang penderita molahidatidosa itu juga akan mengalami mual dan muntah, namun akan berlebihan dan bisa sangat mengganggu. Bahkan kondisinya bisa seperti kondisi keracunan kehamilan atau toksemia gravidarum. Kondisi tersebut diakibatkan oleh meningkatnya kadar hormon HCG di dalam tubuh ibu.

Ciri-ciri hamil anggur yang selanjutnya bisa Anda perhatikan dari ukuran perut. Memang, ukuran perut ibu yang hamil anggur akan sama-sama membesar seperti kehamilan normal. Akan tetapi ibu yang mengalami hamil anggur pasti tidak akan merasakan aktivitas janin di dalam kandungannya. Bahkan yang perlu Anda waspadai adalah, kondisi perut ibu hamil anggur ukurannya bisa lebih besar dari kehamilan normal. Bahkan pertumbuhannya gelembung-gelembungnya bisa lebih cepat dari kondisi normal. Dalam keadaan lanjut, maka gelembung-gelembung kehamilan palsu tersebut bisa ikut keluar dengan sendirinya bersamaan dengan darah dari dalam rahim.

Apakah ada lagi ciri-ciri hamil anggur yang lainnya? Ada, karena biasanya wanita yang mengalami hamil anggur akan mengalami keputihan. Bagi wanita yang kehamilannya normal, keputihan mungkin adalah hal yang sangat wajar terjadi. Namun jika keputihan yang terjadi bentuknya seperti anggur dan kental, maka Anda harus sangat waspada dan segera memeriksakan kandungan Anda ke dokter kandungan.

Artikel ini berlanjut ke halaman 2, masih ada lagi beberapa ciri-ciri hamil anggur yang bisa Anda ketahui, dan juga hal apa saja yang menyebabkan hamil anggur ini.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *