invisible hit counter

Follow US

Mengenal Makanan yang Mengandung Asam Folat dan DHA

  • Jagung

Satu gelas jagung yang telah dimasak memenuhi sekitar 20% kebutuhan asam folat harian Anda. Pilihlan jagung segar dan organik dibandingkan jagung yang telah dijual di dalam kemasan atau kaleng.

  • Wortel

Selain mengandung banyak vitamin A ternyata wortel juga mengandung banyak asam folat. Satu gelas wortel mentah memberikan asam folat sebanyak 5% dari kebutuhan harian tubuh. Anda dapat menambahkan wortel ke menu sup atau salad dengan sayuran kaya akan asam folat lainnya.

  • Seledri

Sayuran yang biasanya ditambahkan di kuah sup atau bakso ini mengandung banyak sekali asam folat. Satu gelas seledri mengandung asam folat yang dapat memenuhi 8% kebutuhan harian Anda. Jadi, jangan menolak seledri ketika ditawarkan di hidangan bakso atau mie yang biasa Anda beli.

  • Telur

Makanan yang kaya akan protein ini juga ternyata mengandung banyak asam folat, terutama kuning telurnya. Selain asam folat, kuning telur juga banyak mengandung vitamin A dan vitamin B kompleks. Namun perhatikan jumlah kuning telur yang Anda konsumsi, karena konsumsi kuning telur yang berlebihan dapat menaikkan kadar kolesterol dalam darah.

  • Hati hewan

Makanan ini terkenal dengan kandungan kolesterol dan lemaknya yang cukup tinggi. Namun ternyata hati hewan juga mengandung banyak asam folat serta zat besi yang esensial bagi tubuh. Apalagi bentuk nutrisi pada hati hewan merupakan bentuk yang dapat dengan cepat diserap oleh tubuh sehingga ini dapat menjadi pilihan bagi mereka yang kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat.

Berbagai Macam Makanan yang mengandung DHA

Asam folat merupakan nutrisi penting bagi tubuh untuk menunjang pertumbuhan dan menjaga kesehatan, salah satunya pertumbuhan otak dan syaraf. Ada satu macam nutrisi lain yang merupakan ‘makanan’ bagi otak kita dan zat itu adalah DHA. Ya, DHA biasa dikatakan sebagai ‘makanan’ bagi otak karena fungsinya yang membantu proses belajar, pembentukan hormon dalam otak dan yang terpenting adalah pembentukan sistem saraf pada janin. DHA juga masih sangat dibutuhkan oleh orang dewasa, kekurangan zat ini dapat mengkibatkan penyakit fatal, seperti yang telah disebutkan di awal halaman pertama. Inilah beberapa makanan sumber DHA.

  • Ikan salmon

Makanan ini terkenal dengan kandungan DHA nya yang tinggi. Konsumsi ikan salmon terutama sangat baik untuk ibu hamil dan anak-anak yang sedang bertumbuh karena dapat membantu pertumbuhan otaknya menjadi lebih optimal.

  • Telur

Selain asam folat, bahan makanan yang dapat ditemukan di mana saja ini banyak mengandung DHA. Konsumsi satu butir telur sehari dapat memenuhi kebutuhan DHA harian Anda. Bagi ibu hamil telur adalah sumber DHA dan asam folat yang utama karena aman untuk dikonsumsi secara rutin.

  • Tuna

Sebagai alternatif salmon yang harganya lebih mahal, tuna dapat menjadi makanan yang mengandung DHA yang dapat Anda konsumsi. Pilihlah ikan tuna yang segar untuk dimasukkan ke dalam menu harian Anda. Namun bagi ibu hamil hendaknya berhati-hati dalam mengonsumsi tuna, karena jenis ikan ini mudah menimbun merkuri dalam dagingnya.

  • Kacang tanah

Makanan yang biasa dikonsumsi sebagai camilan ini mempunyai kandungan asam folat dan protein yang sangat baik bagi tubuh. Cukup mengkonsumsi 2 sendok makan kacang tanah yang telah dikupas sehari dan asupan DHA Anda pun bertambah. Konsumsi kacang tanah pada ibu hamil dapat membantu mencegah cacat otak pada janinnya.

  • Daging sapi

Mengkonsumsi daging sapi yang matang sangat baik untuk memberikan asupan DHA, protein dan zat besi harian. Usahakan memakan daging sapi tanpa lemak yang tentunya akan lebih menyehatkan bagi tubuh Anda.

Dengan memperbanyak pengetahuan Anda mengenai ilmu kesehatan dan menerapkan ilmu tersebut dalam kehidupan Anda tentunya kualitas hidup Anda akan bertambah. Mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat dan mengandung DHA pun dapat bermanfaat bagi diri Anda sendiri, sedangkan pada ibu hamil juga dapat membantu perkembangan janin. Cobalah kombinasikan menu harian Anda dengan makanan tinggi asam folat dan DHA. Sekian artikel ini dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sumber:
http://www.healthline.com/health/folate-deficiency
https://www.drfuhrman.com/library/DHA_benefits.aspx

Previous 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *