invisible hit counter

Follow US

Mengatasi Batuk pada Bayi Jangan Menggunakan Sembarang Obat

Mengatasi Batuk pada Bayi Jangan Menggunakan Sembarang ObatCara mengatasi batuk pada bayi yang paling mudah dan sederhana mungkin adalah dengan menggunakan obat dokter. Namun demikian ternyata ada beberapa obat-obatan alami yang bisa digunakan oleh para orang tua untuk mengobati batuk pada bayi tanpa harus ke dokter. Biasanya orang tua pasti akan sangat kerepotan apabila si anak sedang mengalami batuk apalagi yang disertai pilek. Hal itu bisa membuat orang tua tidak bisa tidur semalaman karena si anak rewel. Betul sekali, bukan? Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan coba memberikan beberapa alternatif pilihan yang mudah untuk mengobati batuk dan pilek pada bayi.

Secara umum ada dua jenis batuk yang biasa dialami oleh bayi atau anak berusia di bawah lima tahun. Ada jenis batuk kering yang bisa semakin parah di malam hari. Kondisi tersebut tentu bisa sangat mengganggu, karena akan membuat orang tua terjaga sepanjang malam. Ada juga jenis batuk berdahak yang biasa dialami oleh bayi atau balita. Namun untuk jenis batuk yang ini, efeknya bisa lebih berbahaya ketimbang batuk kering. Pasalnya batuk berdahak bisa berdampak penyakit bronkitis apabila dahaknya tidak dikeluarkan. Berikut ini akan kami jelaskan beberapa cara alami untuk mengatasi batuk pada bayi 1 bulan sampai 5 bulan.

Cara Mengatasi Batuk pada Bayi Usia 1 – 5 Bulan

Ketika seorang bayi atau balita tengah mengalami batuk dan pilek, terkadang orang tua terlalu terburu-buru untuk membawanya ke dokter. Padahal sebenarnya para orang tua tidak perlu terlalu panik ketika si anak mengalami batuk pilek. Jika batuk pilek yang dialami masih ringan, penyakit tersebut bisa hilang dengan sendirinya meskipun tanpa diberikan obat-obatan kimia. Bahkan para dokter Amerika pun tidak merekomendasikan bayi di bawah usia 4 tahun diberikan obat-obatan kimia. Lalu jenis obat seperti apa yang cocok untuk mengatasi batuk pada bayi?

Mengatasi batuk pada bayi 5 bulan atau 1 bulan sebenarnya bisa dilakukan dengan cara-cara yang alami. Salah satunya adalah dengan memberikan lebih banyak cairan untuk si bayi. Jika bayi Anda masih minum ASI, pastikan si kecil mendapatkan asupan ASI yang lebih banyak ketimbang biasanya. Jika dibandingkan dengan obat-obatan kimia, ASI dinilai lebih efektif untuk mengatasi batuk pada bayi. Air susu ibu memang memiliki kandungan yang bisa meningkatkan sistem imunitas bayi. Selain dengan memberikan air susu ibu, Anda juga bisa memberikan air putih.

Banyak yang mengatakan apabila ada balita yang batuk disertai pilek, madu bisa menjadi salah satu obat alami yang cukup efektif. Akan tetapi ternyata madu tidak disarankan untuk mengatasi batuk pada bayi. Madu lebih disarankan untuk balita yang usianya sudah di atas satu tahun. Akan tetapi jika dalam kondisi darurat dan hanya ada madu yang Anda gunakan, sebelumnya Anda rebus terlebih dahulu madunya selama kurang lebih 15-20 menit. Barulah setelah itu Anda bisa memberikan madunya kepada si bayi yang usianya masih di bawah satu tahun.

Cara mengatasi batuk pada bayi dengan cara alami yang selanjutnya adalah dengan menghangatkan tubuh bayi Anda. Mengatasi batuk pada bayi 1 bulan – 5 bulan sebenarnya tidak terlalu sulit dan tidak perlu repot-repot dibawa ke dokter kecuali kondisinya sudah cukup parah. Menghangatkan tubuh si bayi bisa membuat tubuhnya lebih nyaman terutama saat bernapas. Caranya adalah dengan mengusapkan minyak telon atau minyak kayu putih. Saat Anda menidurkan bayi Anda, usahakan juga gunakan bantal yang lebih tinggi dari biasanya. Apabila si anak juga mengalami pilek, maka Anda bisa menggunakan larutan saline (garam steril) yang berfungsi untuk mengurangi kekentalan lendir di dalam hidung. Saline atau garam steril bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek terdekat.

Sedangkan untuk mengatasi batuk pada bayi yang usianya sudah lebih dari 2 tahun, sebenarnya Anda bisa memanfaatkan makanan dan minuman hangat. Misalnya Anda bisa membuatkan menu makanan sup hangat atau teh hangat yang dicampur dengan madu. Cara ini sebenarnya juga bisa diterapkan pada orang dewasa. Atau Anda juga bisa menggunakan ramuan tradisional yang terbuat dari jeruk nipis dan madu yang dinilai cukup efektif untuk meringankan batuk yang dialami oleh si kecil.

Ada lagi satu tips mengatasi batuk pada bayi yang menurut kami caranya sangat mudah dan sangat sederhana. Caranya adalah dengan menggunakan uap panas. Apakah berbahaya? Cara ini sangat tidak berbahaya, relatif aman dan cukup efektif untuk mengatasi batuk pada bayi 5 bulan. Pertama masak air hingga airnya mendidih. Setelah itu tuangkan airnya ke dalam wadah, boleh baskom ataupun mangkuk yang ukurannya tidak terlalu kecil. Kemudian gendong si kecil di dekat wadah tersebut supaya dia bisa menghirup uap panasnya. Jika Anda ingin hasilnya lebih optimal, Anda bisa menggunakan minyak esensial menthol.

Tips Menghindari Batuk pada Bayi dan Cara Perawatannya

Sebagai orang tua Anda tentu tidak ingin si kecil mengalami penyakit apapun, meskipun hanya sekadar penyakit ringan seperti batuk dan pilek. Untuk itu diperlukan tindakan pencegahan supaya si anak bisa terhindar dari berbagai penyakit. Pertama, jika ada bayi lain atau orang lain di sekitar si kecil yang sedang terserang batuk atau pilek, usahakan jangan didekatkan dengan si kecil. Kalau mereka orang dewasa, minta mereka untuk mengenakan masker.

Selain itu usahakan Anda selalu memberikan asupan makanan yang bergizi supaya daya tahan tubuh si bayi selalu terjaga dengan baik. Sebagai orang tua Anda juga harus tahu bagaimana cara mengatasi batuk pada bayi sebagai pertolongan pertama saat si kecil tiba-tiba mengalami batuk pilek. Atau mungkin Anda juga bisa melakukan imunisasi pada bayi supaya tubuh bayi bisa lebih kebal dari berbagai macam penyakit.

Untuk cara perawatan anak yang sedang mengalami batuk pilek, paling tidak Anda harus menjaga pola makan bayi Anda. Terutama untuk bayi yang sudah mulai bisa mengonsumsi makanan tambahan. Anda juga bisa mengatur jadwal makan si bayi, berikan makanan dengan porsi yang lebih sedikit namun lebih sering. Tujuannya adalah supaya si kecil tidak merasa mual dan muntah.

Akan tetapi apabila kondisi bayi sudah tidak bisa lagi diatasi dengan beberapa cara mengatasi batuk pada bayi seperti yang tadi kami sampaikan, lebih baik segera bawa anak Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Hal ini bisa Anda lakukan apabila bayi Anda juga mengalami demam, kondisinya lesu, lidahnya membiru, batuk berlendir yang warnanya hijau, kuning atau coklat, atau sulit makan. Jadi semoga apa yang baru saja kami sampaikan bisa Anda coba di rumah dan bisa bermanfaat bagi Anda. Demikian tips singkat yang bisa kami sampaikan kali ini. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *