invisible hit counter

Follow US

Mendapatkan Obat Diare Anak yang Ampuh dari Bahan Tradisional

Mendapatkan Obat Diare Anak dari Bahan AlamiMemberikan obat diare anak seharusnya tidak boleh sembarangan, karena jika dibandingkan dengan orang dewasa, anak-anak lebih rentan terhadap berbagai jenis obat. Alih-alih ingin cepat sembuh, bisa saja obat yang diberikan untuk si kecil ternyata tidak cocok. Untuk itu usahakan jangan pernah membeli obat di apotek tanpa resep dokter, apalagi untuk anak-anak. Kecuali kalau suatu saat kondisinya memang sangat terdesak. Namun demikian ketimbang menggunakan obat-obatan kimia yang dijual bebas di pasaran, mengapa Anda tidak mencoba obat tradisional saja? Selain lebih murah, obat ini terbuat dari bahan yang alami dan mudah dibuat. Sehingga relatif aman saat dikonsumsi oleh anak.

Seiringan dengan masalah tersebut, kali ini kami akan membagikan sedikit informasi kepada Anda mengenai beberapa resep obat diare anak tradisional yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Diare atau yang sering disebut dengan mencret adalah penyakit yang menyerang pada saluran pencernaan. Keluhannya biasanya sakit perut dan ingin buang air besar secara terus menerus. Hal ini bisa membuat seseorang kekurangan cairan sehingga tubuh sehingga biasanya penderita diare menjadi lemas atau bisa sampai pingsan. Maka dari itu Anda perlu mewaspadai penyakit ini dan mengetahui bagaimana cara penanganan pertamanya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan yang telah kami rangkum berikut ini.

Beberapa Resep Obat Diare Anak dari Bahan Alami

Secara umum penyebab penyakit diare cukup beragam, dan terkadang setiap penderita punya penyebab yang berbeda-beda. Mulai dari infeksi virus atau bakteri di dalam usus, keracunan makanan, kurang gizi, dan sebagainya. Bahkan ada beberapa jenis makanan seperti jeruk, cabai, sawi, dan bawang putih yang disebut-sebut bisa menyebabkan diare. Oleh karena itu jika suatu saat Anda ataupun ada seseorang di sekitar Anda yang menderita diare karena penyebab-penyebab tadi, segera lakukan pertolongan pertama dengan obat diare anak tradisional berikut ini.

  1. Daun Kayu Putih

Kebanyakan orang pasti pernah menggunakan minyak kayu putih. Biasanya minyak ini digunakan untuk menghangatkan tubuh atau sebagai aromaterapi. Tapi daun kayu putih ternyata juga bisa digunakan menjadi obat diare anak alami. Bahan yang Anda butuhkan adalah 10 gram daun kayu putih yang sudah kering dan dua gelas air matang.

Pertama rebus dulu daunnya dengan dua gelas air sampai mendidih dan airnya tersisa 1 gelas saja. Kemudian dinginkan dan saring airnya. Minum ramuan ini secara rutin sampai diarenya sembuh.

  1. Kunyit

Kunyit sangat mudah ditemukan di dapur, karena bahan yang satu ini memang menjadi salah satu bumbu dapur. Tanaman kunyit ini juga sangat mudah ditanam di pekarangan rumah dan bisa menjadi apotek hidup. Pasalnya kunyit juga dikenal sebagai tanaman yang bisa membantu mengobati berbagai penyakit. Termasuk menjadi obat diare anak alami yang sangat mudah dibuat.

Untuk membuat ramuannya, Anda membutuhkan ½ jari kunyit segar, satu sendok teh kapur sirih dan segelas air. Campurkan semua bahan dan rebus dengan segelas air sampai mendidih dan tersisa 1/3 gelas saja. Saring airnya dan minum setelah dingin atau hangat sebanyak tiga kali sehari.

  1. Garam Oralit

Obat diare anak tradisional lainnya adalah dengan menggunakan garam oralit. Kalau obat yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Bahkan biasanya dokter pun juga menyarankan untuk mengonsumsi obat yang satu ini. Oralit berfungsi untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dari tubuh anak. Tapi bagi orang tua, Anda perlu memberikan ramuan ini dengan benar. Satu gelas oralit tidak boleh langsung diminum sampai habis.

Caranya adalah diminum sedikit demi sedikit. Minum 2-3 teguk, lalu beri jeda sekitar tiga menit. Lakukan hal tersebut sampai oralitnya habis. Kalau si anak meminum segelas oralit secara langsung, justru efeknya adalah muntah-muntah dan buang-buang air.

  1. Daun Sendok

Pernahkah Anda mendengar daun sendok? Mungkin nama daun ini kurang populer, namun ternyata daun sendok ini bisa dijadikan obat diare anak alami. Bahkan obat tradisional ini dinilai cukup efektif dan lebih manjur untuk menyembuhkan diare pada si anak. Bahan yang Anda perlukan untuk membuat ramuan tradisional ini adalah 30 gram daun sendok yang masih segar dan 3 gelas air matang.

Untuk membuat obat diare anak tradisional yang satu ini, campurkan semua bahan dan rebus sampai airnya mendidih. Lihat airnya, lalu matikan kompor setelah tiga gelas air sudah tersisa satu gelas air saja. Kemudian tunggu sampai dingin atau hangat, saring airnya lalu minum ramuan tersebut dengan takaran setengah gelas. Berikan kepada si kecil dua kali pada pagi dan sore hari.

  1. Akar Jeruk Nipis

Cukup aneh mungkin, karena biasanya yang dijadikan obat adalah buah jeruk nipisnya, bukan akarnya. Akan tetapi ternyata akar jeruk nipis ini juga punya khasiat sebagai obat diare anak alami. Bagaimana cara pembuatannya? Sediakan 4 potong akar jeruk nipis yang sudah dicuci bersih. Lalu rebus akar tersebut dengan 6 gelas air sampai tersisa 4 gelas saja. Dinginkan rebusan airnya, saring airnya, lalu berikan kepada anak Anda dua kali sehari, yakni di pagi dan sore hari. Konsumsi secara rutin sampai kondisi diare anak benar-benar sembuh.

Kenali Gejala Diare pada Anak dan Cara Menanganinya

Untuk bisa mengatasi diare pada anak, Anda tentu harus mengetahui terlebih dahulu apakah si anak benar-benar terserang diare atau tidak. Caranya adalah dengan mengenali gejala-gejala yang dialami oleh anak. Pasalnya selain buang-buang air, anak yang menderita diare biasanya juga akan menunjukkan beberapa gejala lainnya. Jadi kapan orang tua harus mulai memberikan obat diare anak? Ketika si anak terlihat gelisah, cengeng, bibir dan lidah kering, air mata tidak keluar saat menangis, maka bisa diindikasikan si kecil sedang mengalami diare. Mata juga akan tampak lebih cekung. Sedangkan untuk anak yang masih bayi, biasanya ubun-ubunnya terlihat cekung.

Coba cubit perutnya, dan lihat apa efeknya. Jika kulit tetap berkerut, maka Anda harus waspada. Nadi juga akan semakin melemah serta tangan dan kakinya terasa dingin. Frekuensi buang air kecil anak juga akan semakin jarang. Gejala-gejala seperti itulah yang perlu Anda waspadai dan segera harus ditangani. Anda bisa langsung memberikan obat diare anak tradisional untuk mencegah dehidrasi supaya tidak terjadi dehidrasi berat. Pasalnya si anak bisa sampai mengalami kejang atau pingsan kalau tidak segera ditangani.

Selain mengetahui beberapa jenis obat diare anak alami, Anda juga perlu tahu tiga prinsip menangani penderita diare, yakni rehidrasi (mengganti cairan yang hilang), memberi porsi makan yang cukup dan kalau bisa jangan terlalu banyak berikan obat. Demikian informasi singkat yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa menambah wawasan dan semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *