invisible hit counter

Follow US

Mencari Obat untuk Gusi Bengkak? Coba Atasi secara Alami

Inilah Beberapa Obat untuk Gusi Bengkak dari Bahan AlamiMenderita gusi bengkak pastilah sangat mengganggu, sehingga penting diketahui informasi tentang obat untuk gusi bengkak secara alami yang dapat Anda praktekkan sendiri di rumah. Gusi bengkak atau dalam istilah medis disebut sebagai gingivitis adalah peradangan pada daerah gusi. Gingivitis ini ditandai dengan terjadinya bengkak dan kemerahan pada gusi, rasa sakit atau nyeri pada gusi, rasa tidak nyaman di mulut, dapat terbentuk nanah di area antara gusi dan gigi, bau mulut yang tidak sedap, dan terkadang disertai perdarahan saat menyikat gigi. Menderita gigi bengkak tentunya sangat menyiksa, sebab efek yang ditimbulkan tidak hanya pada area lokal sekitar gusi saja, tetapi dapat menimbulkan sering sakit kepala/pusing dan menurunkan nafsu makan.

Di gusi terdapat ujung syaraf-syaraf kecil yang berhubungan langsung dengan sistem syaraf pusat di otak, sehingga gangguan pada gusi juga dapat mengganggu organ lainnya, seperti ketidaknyamanan pada mata, telinga, leher, dan pundak. Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan gusi bengkak, antara lain yaitu karena adanya infeksi pada gusi dan gigi, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat (terlalu manis), efek pemakaian behel/kawat gigi, kurangnya menjaga kebersihan mulut, adanya reaksi alergi pada gusi, dan kurangnya asupan vitamin C. Gusi bengkak juga dapat terjadi pada masa kehamilan akibat pengaruh faktor hormonal.

Berbagai Obat untuk Gusi Bengkak yang Alami

Obat yang dikatakan alami adalah segala jenis hal baik berupa benda, tanaman, ataupun treatment yang menggunakan sumber daya yang ada di alam tanpa menimbulkan efek samping. Anda dapat memilih berbagai alternatif obat untuk gusi bengkak seperti berikut ini:

  1. Berkumur dengan air garam

Obat untuk gusi bengkak yang pertama yaitu menggunakan air garam. Kandungan natrium dalam garam sangat efektif untuk meredakan bengkak pada gusi. Cara membuatnya sangat mudah, Anda hanya perlu mengambil garam sebanyak 1 sendok teh lalu masukkan ke dalam 1 gelas air matang hangat dan aduk rata. Kemudian gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur. Lakukan berkumur dengan larutan garam ini 3 kali dalam sehari, maka gusi yang bengkak akan sembuh dengan cepat.

  1. Bawang putih

Bawang putih yang sering digunakan sebagai bumbu dapur ini, dikenal sebagai tanaman yang mempunyai khasiat sebagai antibiotik dan analgesik (pereda rasa sakit). Sehingga bawang putih dapat digunakan sebagai obat untuk gusi bengkak. Caranya, ambil beberapa siung bawang putih, tumbuk sampai halus, lalu oleskan pada gusi yang bengkak.

  1. Larutan lemon atau jeruk nipis

Buah lemon merupakan buah yang mengandung banyak vitamin C yang ampuh digunakan sebagai obat untuk gusi bengkak. Cara membuatnya, ambil ¼ lemon diperas airnya dan dicampurkan pada ½ gelas air matang hangat. Kemudian gunakan larutan tersebut untuk berkumur. Selain buah lemon, Anda juga dapat menggunakan jeruk nipis yang juga mempunyai kandungan vitamin C cukup tinggi. Caranya, ambil 1 buah jeruk nipis, peras airnya dan campurkan pada ½ gelas air matang hangat, lalu gunakan untuk berkumur. Lakukan terapi ini secara rutin 2 kali dalam sehari.

  1. Madu

Madu dikenal merupakan zat yang kaya akan manfaat. Kandungan nutrisi dalam madu ternyata juga efektif sebagai obat untuk gusi bengkak. Tentunya gunakan madu yang asli jangan yang palsu. Caranya, oleskan madu secukupnya pada gusi yang bengkak. Lakukan secara teratur 3 kali dalam sehari.

  1. Cengkeh

Obat untuk gusi bengkak berikutnya yaitu dengan menggunakan minyak cengkeh. Cengkeh merupakan tanaman yang mempunyai khasiat obat sebagai anti bakteri, anti inflamasi, anestesi, sekaligus mempunyai kandungan zat antioksidan. Cara membuatnya yaitu ambil cengkeh secukupnya, ditumbuk sampai halus, lalu dioleskan pada gusi yang bengkak. Untuk hasil yang lebih efektif, Anda juga dapat mencampur cengkeh yang sudah dihaluskan tersebut dengan minyak zaitun.

  1. Ramuan gambir dan kunyit

Ramuan gambir dan kunyit juga dikenal mempunyai khasiat untuk mengobati gusi bengkak. Caranya yaitu siapkan 3 potong gambir dan 1 potong kunyit, cuci dengan bersih, lalu dimasukkan ke dalam panci berisi 2 gelas air. Rebus campuran tersebut sampai tersisa airnya 1 gelas saja. Tunggu beberapa saat sampai airnya hangat, lalu gunakan untuk berkumur. Lakukan secara rutin 3 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Daun sirih mengandung

Daun sirih mengandung zat antiseptik yang sangat ampuh untuk membunuh berbagai kuman penyakit, sehingga sangat baik digunakan sebagai obat untuk gusi bengkak. Cara membuatnya yaitu siapkan 10 daun sirih dan masukkan ke dalam wadah berisi 2 gelas air. Tambahkan 1 potong kunyit dan 1 sendok teh garam dapur. Rebus campuran tersebut sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Gunakan airnya untuk berkumur atau dapat juga untuk diminum, lakukan 2 kali dalam sehari.

  1. Daun Krokot

Daun krokot merupakan jenis tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai obat untuk gusi bengkak. Ambil daun krokot secukupnya lalu masukkan ke dalam 3 gelas air, dan rebus sampai mendidih, sisakan sampai tinggal 1 gelas saja. Tunggu sampai airnya tidak panas, gunakan berkumur dalam suhu yang hangat, lakukan rutin 3 kali dalam sehari.

  1. Kompres hangat

Untuk meredakan rasa sakit/nyeri akibat gusi yang bengkak, Anda dapat melakukan kompres dengan air hangat. Caranya, siapkan handuk kecil atau kain dan celupkan pada air hangat yang telah disediakan dalam suatu wadah. Peras kain, lalu ditempelkan pada pipi atau bagian luar gusi yang bengkak.

  1. Hindari rokok dan alkohol

Agar gusi bengkak dapat sembuh sekaligus sebagai langkah pencegahan agar tidak kambuh kembali, maka hindarilah rokok dan minuman beralkohol. Sebab rokok dan alkohol selain merusak kesehatan secara umum, juga dapat menimbulkan iritasi pada jaringan di sekitar mulut, termasuk menyebabkan bengkak pada gusi.

Di samping menerapkan/menggunakan obat untuk gusi bengkak di atas, Anda juga harus selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda agar selalu terhindar dari gusi bengkak. Jagalah kebersihan gigi dan mulut dengan menggosok gigi menggunakan pasta gigi secara rutin 2 – 3 kali perhari. Walaupun sedang mengalami gusi bengkak, namun Anda harus tetap menggosok gigi tetapi lakukanlah secara perlahan-lahan agar tidak melukai gusi. Cukupi kebutuhan vitamin C dengan mengkonsumsi buah-buahan yang segar dan sayur-mayur. Minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk melancarkan metabolisme tubuh sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Ciptakan pikiran yang selalu tenang dan nyaman untuk menghindari stres. Sebab jika mengalami stres, akan membuat Anda mudah terserang penyakit termasuk berbagai gangguan pada kesehatan gigi dan mulut. Jika keluhan gusi bengkak Anda semakin parah, maka sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi. Anda harus periksa ke dokter jika pembengkakan gusi tersebut dalam 2 minggu tidak kunjung sembuh, gusi yang bengkak sudah disertai dengan timbulnya abses/nanah, serta menimbulkan berbagai komplikasi yang sangat mengganggu (misalnya vertigo atau sakit kepala yang terjadi terus-menerus).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *