invisible hit counter

Follow US

Mencari Obat Pilek Alami? Lakukan 7 Cara Ini untuk Mengobati Pilek

Mencari Obat Pilek Alami? Lakukan 7 Cara Ini untuk Mengobati PilekSebagai negara dengan begitu banyak rempah-rempah, tentu saja menemukan bahan yang bisa dijadikan obat pilek alami bukanlah hal yang baru bagi kita. Dari jaman kakek-nenek hingga orang tua kita, kita pasti sering mendengarkan minuman-minuman maupun campuran jamu yang digunakan sebagai pereda keluhan batuk dan juga flu ini. Pilek atau flu ini sendiri merupakan suatu penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus Influenza yang menyerang saluran nafas anda dan menimbulkan gejala seperti bersin-bersin, hidung berair, hidung tersumbat, nyeri tenggorokan, batuk, sakit kepala maupun demam.

Mengetahui obat flu alami menjadi edukasi yang penting kepada masyrakat karena penyakit ini tidak memerlukan pengobatan spesifik selain obat-obatan untuk meredakan gejalanya saja. Mengapa demikian? Hal ini karena flu yang disebabkan oleh virus ini bisa dihancurkan oleh daya tahan tubuh yang bagus dan biasanya penyakit ini hanya berlangsung singkat, untuk itu mari kita simak 7 tips sederhana cara mengatasi batuk dan flu dibawah ini!

7 Cara untuk Mengobati Pilek secara Alami

Setelah tadi di atas kita membahas mengenai penyebab dan gejala-gejala yang dikeluhkan oleh siapa saja yang mengalami flu atau batuk ini, sekarang saatnya kita membahas bagaimana tips untuk mengurangi keluhan tersebut.

  1. Perbanyak konsumsi air putih

Obat pilek alami yang satu ini tentu saja tidak bisa dipungkiri lagi kebenarannya, saat sedang terserang batuk ataupun flu tenggorokan kita sering kali terasa kering dan gatal. Rasa kering di tenggorokan ini dapat kita kurangi dengan cara memperbanyak minum air. Pilihlah untuk mengkonsumsi air hangat, karena dengan mengkonsumsi air hangat rasa gatal di tenggorokan juga dapat teratasi. Akan tetapi kita perlu sama-sama memahami bahwa air putih digunakan untuk mengurangi gejala flu bukan untuk membunuh virus penyebabnya.

  1. Konsumsi buah dan sayuran

Seperti sudah di bahas di atas penyebab flu adalah infeksi virus yang bisa kita atasi dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, dengan mengkonsumsi buah-buahan serta sayur yang kaya akan vitamin, mineral dan kandungan anti oksidan. Semua kandungan ini akan meningkatkan daya tahan tubuh kita dan mempercepat pemulihan kita. Pilihlah buah-buahan yang anda sukai dan mengandung kandungan air yang tinggi seperti semangka guna melegakan tenggorokan anda saat mengkonsumsinya.

  1. Konsumsi minuman hangat

Konsumsi minuman hangat selain bisa digunakan untuk mengurangi keluhan flu juga dapat dijadikan sebagai obat batuk alami. Berbagai minuman hangat boleh dicoba, seperti teh, kopi mauupun susu hangat. Selain itu anda bisa mencoba minuman yang menggunakan rempah-rempah tertentu yang bisa melegakan tenggorokan, seperti minuman jahe hangat, teh hijau atau teh yang dicampur dengan daun mint, maupun perasan jeruk nipis hangat.

Caranya mudah anda cukup mencampurkan 3 sendok makan perasan jeruk nipis dengan 3 sendok makan madu murni dan 5 sendok air panas. Aduk hingga rata dan campuran ini dapat anda konsumsi 2 kali sehari. Selain itu, 1 sendok perasan jeruk nipis juga dapat dikonsumsi dengan ditambahkan  kecap secukupnya sebanyak 2 kali sehari.

  1. Berkumur

Tips sederhana berikut yang dapat anda lakukan sebagai obat pilek alami adalah dengan berkumur. Tujuan berkumur ini sederhana, yakni untuk membersihkan mulut dan daerah tenggorokan anda yang bisa dijangkau oleh larutan untuk berkumur dari kuman. Cairan sederhana yang digunakan untuk berkumur biasanya adalah campuran air hangat dengan garam.

  1. Mandi dengan air hangat

Mandi dengan air hangat memang merupakan salah satu tips sederhana yang sangat mudah dilakukan oleh siapa saja. Dengan mandi menggunakan air hangat akan membuat rasa nyaman bagi tubuh kita. Kebanyakan orang yang sedang mengalami flu juga merasa pegal-pegal atau meriang pada seluruh tubuhnya, untuk itu dengan menggunakan air hangat anda bisa mengurangi rasa pegal di seluruh tubuh anda.

  1. Terapi uap tradisional

Tips berikutnya adalah dengan menggunakan terapi uap yang sederhana dan sudah dilakukan oleh banyak orang. Sebagai obat pilek alami, terapi uap ini dapat membantu melegakan hidung tersumbat dan uap panasnya juga bisa membantu mengencerkan lendir ataupun dahak yang susah dikeluarkan.

Caranya sangat mudah, cukup masukan air panas ke dalam baskom dan gunakan handuk untuk menutup kepala anda dan tempatkan wajah anda tepat di atas baskom tersebut. Anda juga bisa mencampurkan berbagai jenis aroma terapi maupun rempah-rempah seperti daun sereh, kencur ataupun jahe ke dalam air panas tersebut sesuai keinginan anda untuk membuat anda lebih rileks.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup juga tidak kalah penting bagi siapa saja yang mengalami batuk ataupun flu ini. Batuk atau flu yang disebabkan oleh nfeksi virus ini membutuhkan daya tahan tubuh yang optimal untuk mengatasi proses infeksi di dalam tubuh. Dengan berisitirahat maka proses metabolisme sel-sel di dalam tubuh kita akan berlangsung dengan optimal dan proses penyembuhan akan cepat terlaksana.

Kapankah Saya Perlu Berobat ke Dokter?

Setelah kita melihat pembahasan mengenai tips sederhana obat pilek alami yang bisa kita praktekan di rumah, kita tentu bertanya perlukah kita ke dokter? Untuk beberapa kasus tertentu dari penyakit flu ini memang perlu pemeriksaan lanjut dari dokter. Penyakit flu biasa yang disebabkan oleh infeksi virus Influenza biasanya membutuhkan waktu rata-rata 1 minggu untuk penyembuhan tanpa menggunakan obat-obatan.

Hal ini disebabkan oleh penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus Influenza ini merupakan salah satu penyakit self-limited disease yang berarti sebuah penyakit yang dapat sembuh sendiri dengan atau tanpa terapi yang spesifik. Dengan menjalani tips sederhana di atas seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi dan juga istirahat yang cukup serta dengan mengkonsumsi suplemen yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, penyakit ini sudah dapat teratasi.

Jika anda mengalami pilek maupun batuk berkepanjangan (lebih dari 1 minggu) tanpa perbaikan gejala dan juga dengan perubahan lendir maupun warna dahak menjadi kuning kehijauan, nyeri menelan yang hebat, suara menjadi serak, demam tinggi maka anda perlu bertemu dokter untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut.

Bagaimana dengan penggunaan antibiotik? Di negara kita, antibiotik sendiri dapat dijual dan dibeli dengan bebas bahkan kadang tanpa resep dari dokter. Penggunaan antibiotik seharusnya diberikan oleh seorang dokter maupun tenaga kesehatan lainnya dengan menggunakan resep atas indikasi yang tepat yakni adanya infeksi oleh bakteri. Pada kasus flu ini, penggunaan antibiotik harus diresepkan oleh dokter, mengapa demikian? Hal ini disebabkan tidak semua penyakit flu membutuhkan antibiotik, penggunaan antibiotik sendiri akan diputuskan oleh dokter melihat kondisi umum maupun gejala lain yang anda keluhkan.

Demikianlah pembahasan mengenai penyakit batuk flu dan juga 7 tips sederhana sebagai obat pilek alami ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *