invisible hit counter

Follow US

Membuat Obat Radang Tenggorokan Anak dari Bahan Alami

Membuat Obat Radang Tenggorokan Anak dari Bahan AlamiCara membuat obat radang tenggorokan anak dari bahan-bahan herbal sebenarnya tidak sesulit yang digambarkan oleh kebanyakan orang. Banyak sekali jenis obat-obatan tradisional yang mudah dibuat dan dinilai manjur untuk mengatasi radang tenggorokan anak. Bahkan ketimbang harus membeli obat batuk yang dijual bebas di pasaran, obat herbal mungkin menjadi alternatif yang lebih baik. Selain terbuat dari bahan-bahan yang alami dan aman bagi si anak, Anda juga tidak perlu menyita waktu Anda untuk pergi ke apotek atau ke toko. Bagaimana? Tertarik untuk mengetahui berbagai jenis obat alami radang tenggorokan anak?

Mengingat radang tenggorokan adalah penyakit yang cukup sering dialami oleh anak-anak, maka sudah seharusnya Anda sebagai orang tua mengetahui bagaimana cara penanganannya. Pasalnya radang tenggorokan ini sering kali mengganggu aktivitas si anak. Bahkan penyakit ini bisa membuat napsu makan anak berkurang. Dengan demikian asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh si anak pun sulit terpenuhi. Umumnya penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus penyebab batuk pilek. Oleh karena itu, berikut ini kami akan coba jelaskan tentang apa saja obat alami yang bisa Anda berikan kepada si kecil saat sedang radang tenggorokan.

Contoh Obat Radang Tenggorokan Anak yang Sederhana

Mengobati radang tenggorokan pada anak sebenarnya bukan hal yang sulit. Bahkan bagi balita yang masih menyusui, ASI pun bisa menjadi obat yang cukup manjur. Beberapa macam obat-obatan alami yang bisa dibuat sendiri pun sebenarnya lebih efektif ketimbang harus membeli obat batuk di apotek. Apalagi tidak semua anak cocok dengan jenis obatnya. Namun keunggulan dari obat batuk sirup adalah rasanya yang manis sehingga lebih disukai anak-anak ketimbang ramuan-ramuan tradisional. Akan tetapi tidak ada salahnya juga bukan kalau dicoba? Ini dia beberapa contoh obat radang tenggorokan anak yang alami.

  1. Air Garam

Sama seperti orang dewasa, radang atau sakit tenggorokan pada anak juga bisa diatasi dengan air garam. Caranya adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Namun karena masih anak-anak, Anda harus mengajarkan bagaimana cara berkumurnya. Ajarkan si anak untuk menahan air garamnya di tenggorokan, lalu membuangnya lagi. Dan tentu saja cara ini hanya bisa digunakan oleh anak yang sudah cukup umur. Fungsi garam sendiri adalah untuk mengencerkan lendir dan melegakan tenggorokan.

  1. Teh Krisan

Apa perbedaan teh krisan dengan teh-teh biasanya? Teh krisan ini adalah jenis obat herbal, dan menjadi salah atu obat radang tenggorokan anak yang lebih efektif ketimbang teh biasa. Fungsi teh krisan ini adalah untuk mengatasi peradangan di tenggorokan dan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Teh krisan ini terbuat dari bunga krisan. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan kelopak bunga krisan kering dengan secangkir air panas. Kalau rasanya tidak manis, Anda bisa mencampurkannya dengan madu.

  1. Madu

Madu yang rasanya manis pasti sangat disukai anak-anak. Namun Anda juga harus mengawasi jajan anak Anda, karena saat ini banyak juga produk-produk madu murah yang justru terkadang mengandung zat-zat kimia. Hal itu tentunya akan mengurangi khasiat utama madu. Di mana madu bisa membuat tenggorokan lega dan meredakan batuk yang dialami saat malam hari. Untuk membuat obat radang tenggorokan anak dari madu, Anda bisa mencampurkannya dengan lemon menjadi minuman hangat.

  1. Sup Ayam Hangat

Sayuran adalah salah satu makanan penting bagi anak untuk bisa memenuhi asupan gizi dan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh tubuh anak. Namun disamping itu, ternyata mengonsumsi sup ayam hangat yang terdiri dari daging ayam berbagai macam sayur juga bisa mengatasi radang tenggorokan. Mengapa bisa demikian? Cara kerja obat radang tenggorokan ini adalah dengan membunuh virus-virus penyebab tenggorokan. Di mana daging ayam memiliki kandungan asam amino yang bisa melakukan tugas tersebut. Termasuk mengencerkan lendir dan meredakan peradangan di tenggorokan.

  1. Uap Panas

Uap panas? Diapakan uap panasnya? Cara mengobati radang tenggorokan pada anak dengan cara yang satu ini cukup sederhana. Pertama rebus air sampai mendidih, lalu tuangkan air tersebut ke sebuah baskom atau mangkuk. Kemudian letakkan wajah anak di atas mangkuk atau baskom tersebut. Minta si anak untuk menghirup uap air panasnya melalui mulut. Lakukan hal ini dalam waktu 5-10 menit saja. Namun Anda harus berhati-hati supaya air panasnya tidak mengenai si anak.

Beberapa jenis obat radang tenggorokan anak yang barusan kami jelaskan memang sangat berguna. Namun jika radang yang dialami anak tidak kunjung sembuh dan menunjukkan gejala-gejala lainnya, segera berkunjung ke dokter. Gejala yang harus Anda waspadai adalah demam selama dua hari berturut-turut dan mengalami dehidrasi.

Apakah Anak Memang Rentan Mengalami Radang Tenggorokan?

Sebagian besar anak kecil pasti pernah mengalami radang tenggorokan. Oleh karena itu kebanyakan orang tua tidak terlalu panik saat buah hatinya mengalami sakit tenggorokan. Namun demikian, sebagai orang tua Anda juga harus memahami bahwa radang tenggorokan pasti akan membuat si anak sangat terganggu. Bahkan jika tidak segera diberi obat radang tenggorokan anak, kondisinya akan semakin parah. Anak bisa kehilangan napsu makan yang kemudian akan memicu timbulnya penyakit ginjal. Terutama jika radang tenggorokan tersebut diakibatkan oleh infeksi bakteri-bakteri tertentu.

Sekitar 85 persen kasus radang tenggorokan yang terjadi pada anak biasanya memang disebabkan oleh virus. Dan sebagai orang tua, Anda harus bisa mengenali ciri-ciri anak yang sedang mengalami radang tenggorokan. Salah satunya bisa Anda lihat saat si anak sedang makan. Pasti dia akan merasa kesulitan saat menelan bahkan sampai menangis karena kesakitan. Anak juga akan merasa gatal di tenggorokan dan pada kondisi tertentu suhu tubuhnya bisa meningkat juga disertai pilek.

Anak yang sistem kekebalan tubuhnya masih belum sempurna memang sangat rentan terkena batuk pilek hingga radang tenggorokan. Dia bisa saja tertular dari temannya atau dari orang dewasa yang berada di dekatnya. Anak yang kekebalan tubuhnya sedang lemah bisa sangat mudah tertular penyakit ini, terutama jika radangnya disebabkan oleh virus. Risiko lain berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak. Pastikan sebelum makan dan minum Anda selalu mengajarkan anak untuk mencuci tangan dengan sabun. Selain itu jaga juga pola makan si anak dan jangan sampai jajan sembarangan.

Beberapa contoh obat radang tenggorokan anak yang alami tadi hanyalah sebagai alternatif pilihan jika Anda tidak sempat membawa si anak ke dokter. Namun seperti yang tadi sudah kami sampaikan, jika penyakitnya tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera bawa ke dokter. Sedangkan tugas Anda sebagai orang tua adalah menjaga kebersihan dan kesehatan anak supaya tidak mudah terinfeksi virus yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Sekian artikel kali ini dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *