invisible hit counter

Follow US

Melakukan Senam Hamil 7 Bulan yang Aman dan Benar

Melakukan Senam Hamil 7 Bulan yang Aman dan BenarMempelajari gerakan senam hamil 7 bulan sebenarnya bukanlah hal yang sulit dan tidak menyita waktu. Bagi Anda para ibu hamil yang usia kehamilannya sudah mencapai 7 bulan atau lebih, sebaiknya Anda mulai mempelajari senam kehamilan. Bahkan Anda juga harus lebih berhati-hati dalam merawat kehamilan Anda. Pasalnya semakin lama, kondisi kehamilan pastinya akan semakin rawan dan membutuhkan perhatian lebih khusus. Lalu apa fungsi senam hamil? Apakah untuk menjaga kesehatan seperti gerakan-gerakan senam pada umumnya?

Secara umum fungsi senam kehamilan adalah untuk melatih otot-otot yang nantinya akan digunakan pada proses kelahiran. Seperti yang mungkin juga sudah Anda ketahui, proses persalinan pasti membutuhkan tenaga yang ekstra dan kesabaran. Apalagi Anda juga harus bisa menahan rasa sakit. Untuk itu seorang ibu hamil perlu melakukan senam hamil secara teratur supaya persalinan bisa berjalan normal dan lancar. Gerakan senam ini terbilang cukup sederhana dan disarankan untuk kehamilan yang usianya 7 bulan atau lebih. Lalu bagaimana cara melakukannya? Untuk lebih jelasnya simak cara senam hamil berikut ini.

Beberapa Gerakan Senam Hamil 7 Bulan Sederhana

Bagi Anda yang tidak punya banyak waktu luang setiap harinya, senam hamil ini tidak akan menyita waktu dan tidak membutuhkan peralatan yang merepotkan. Anda bisa melakukannya dengan duduk, berdiri atau dengan posisi tidur. Lalu gerakan senam seperti apa saja yang disarankan untuk para ibu yang usia kehamilannya sudah lebih dari 7 bulan?

  1. Senam di Ruang Keluarga

Sesuai dengan namanya, gerakan senam yang satu ini bisa dilakukan saat Anda sedang bersantai di ruang keluarga. Tujuan gerakans enam ini adalah untuk melatih otot punggung Anda supaya bisa menyeimbangkan tubuh. Pasalnya semakin tua usia kehamilan, pastinya ukuran perut ibu hamil juga semakin besar.

Gerakannya cukup sederhana, pertama angkat kaki kanan Anda dengan posisi lurus ke belakang. Kemudian luruskan lengan kiri Anda ke arah dengan. Pastikan posisi punggung Anda lurus dan siku tidak dalam posisi terkunci. Tahan posisi tersebut sampai delapan hitungan, kemudian Anda lakukan gerakan yang sama dengan kaki dan lengan yang lainnya. Coba Anda lakukan gerakan senam hamil 7 bulan tersebut beberapa kali.

  1. Senam Hamil dengan Posisi Duduk

Untuk gerakan senam hamil yang selanjutnya bisa Anda lakukan dengan posisi duduk. Pertama buatlah tubuh Anda duduk dengan posisi yang tegak dan nyaman. Duduklah di lantai atau di atas karpet, bukan di atas kursi. Setelah itu rentangkan kedua kaki selebar yang Anda mampu. Tapi usahakan posisi punggung Anda supaya tetap bisa tegak. Selanjutnya condongkan tubuh Anda ke arah depan sambil menjatuhkan lengan Anda ke lantai di depan Anda. Rasakan relaksasi dan peregangan pada otot-otot punggung dan paha bagian dalam. Tahan gerakan tersebut selama beberapa detik.

  1. Senam Hamil dengan Posisi Tidur

Gerakan senam hamil 7 bulan selanjutnya bisa Anda lakukan dengan posisi tidur terlentang. Namun kali ini Anda membutuhkan kursi sebagai alat bantu gerakan senam Anda. Pertama awali dengan posisi tidur terlentang dan cari posisi yang paling nyaman untuk Anda. Setelah itu angkat kedua kaki dan letakkan di atas kursi. Akan tetapi pastikan punggung tetap menempel di lantai atau di atas karpet. Kemudian angkat bokong Anda dan tumpuan Anda alihkan ke siku tangan. Usahakan untuk melakukan gerakan senam sederhana ini delapan kali sehari di waktu luang.

  1. Senam Hamil untuk Melatih Otot Dada

Otot dada juga sangat berperan penting dalam proses persalinan. Pasalnya otot dada dan juga bahu nantinya bisa menambah kekuatan pada paru-paru dan jantung. Dengan demikian suplai oksigen di dalam kandungan pun akan terpenuhi. Hal itu juga bisa berpengaruh bagi kelancaran proses kehamilan. Untuk melakukan gerakan senam hamil 7 bulan ini, caranya cukup mudah.

Cara melakukan senam hamil untuk otot dada ini Anda perlu menyiapkan dua botol yang sudah terisi air. Sediakan dua buah botol untuk tangan kanan dan kiri Anda. Angkat kedua botol sampai setinggi kepala dan dengan posisi bahu yang lurus. Katupkan kedua tangan lalu sejajarkan kembali, seperti saat Anda melakukan olahraga menggunakan barbel. Lakukan gerakan tersebut 5-10 kali setiap hari.

Gerakan tersebut bisa Anda lanjutkan dengan gerakan mengangkat barbel ke atas kepala hingga posisi tangan lurus. Lakukan secara bergantian antara tangan kiri dan kanan sebanyak masing-masing 5-10 kali.

  1. Senam Hamil di Ruang Makan

Selain di ruang keluarga, Anda juga bisa melakukan sedikit cara senam hamil di ruang makan. Properti atau alat yang Anda butuhkan adalah kursi makan yang bantalannya empuk. Hal ini bertujuan demi kenyamanan Anda sendiri. Senam hamil 7 bulan di ruang makan bisa Anda mulai dengan posisi duduk, tubuh yang tegak dan kedua tangan di pinggang.

Gerakan yang harus Anda lakukan adalah, julurkan salah satu kaki Anda dan tekuk telapak kakinya ke arah dalam. Tahan posisi tersebut selama sekitar lima detik. Rasakan relaksasi pada bagian kaki Anda terutama pada betis dan paha atas. Setelah itu lakukan gerakan yang sama secara bergantian antara kaki kanan dan kiri.

Tips Menjaga Masa Kehamilan 7 Bulan

Setelah mengetahui beberapa cara senam hamil yang barusan kami sampaikan, Anda juga perlu memberikan perhatian yang lebih pada kehamilan Anda. Apalagi semakin besar ukuran perut Anda, pasti ada banyak hal yang tidak boleh dilakukan oleh seorang ibu hamil. Mungkin banyak yang berpendapat bahwa hamil 7 bulan naik motor itu sangat tidak dianjurkan. Pasalnya getaran saat naik motor mungkin bisa mengganggu kondisi kehamilan.

Apakah hanya itu? Tentu saja tidak, karena meskipun Anda diperbolehkan melakukan senam hamil 7 bulan, namun jika usia kehamilan sudah semakin tua maka Anda tidak diperbolehkan berolahraga terlalu keras. Hindari jenis-jenis olahraga ekstrim seperti latihan ketahanan atau bersepeda dengan intensitas yang tinggi. Selain dilarang melakukan olahraga keras, ibu hamil 7 bulan juga disarankan untuk tidak membersihkan rumah menggunakan pembersih kimia.

Secara umum seorang wanita yang sedang hamil memang tidak dianjurkan menggunakan secara langsung dengan produk-produk kimia, termasuk pembersih rumah tangga. Efek dari bahan kimia tersebut sering dikaitkan dengan terganggunya perkembangan janin. Usahakan hindari penggunaan baking soda atau cuka selama kehamilan.

Kurang lebih seperti itulah bagaimana cara melakukan gerakan-gerakan senam hamil 7 bulan yang sederhana dan bagaimana cara perawatan kehamilannya. Yang jelas semakin bertambah usia kandungan Anda, maka semakin besar juga perhatian yang harus Anda lakukan. Jadi tidak ada salahnya juga jika Anda melakukan beberapa tips yang kami berikan tadi demi kelancaran proses persalinan Anda. Sekian tips singkat yang bisa kami sampaikan dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *