invisible hit counter

Follow US

Manfaat Lari Sore yang Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh Anda

Manfaat Lari Sore yang Sangat Baik untuk Kesehatan Tubuh AndaDi kalangan masyarakat umum mungkin lari pagi lebih populer di bandingkan lari sore, padahal manfaat lari sore sebenarnya tidak kalah dengan lari pagi. Lari merupakan olahraga yang mudah dikerjakan oleh siapa saja dan dimana saja. Lari termasuk olahraga yang sangat ekonomis karena tidak perlu mengeluarkan uang untuk melaksanakannya. Dalam olahraga lari tidak harus dilakukan secara kencang, tetapi dapat dilakukan secara pelan namun stabil (lari kecil) atau yang biasa disebut dengan jogging. Olahraga ini juga dapat dilakukan bersama-sama dengan keluarga, teman, maupun dengan anggota kelompok komunitas tertentu sehingga menjadi lebih asyik dan seru. Jadi selain untuk meningkatkan aktifitas fisik, olahraga lari juga sangat efektif sebagai sarana refreshing.

Lari juga tidak memerlukan keahlian khusus, semua orang dapat melakukannya. Walaupun tanpa keahlian khusus, dalam lari biasanya tetap ada teknik supaya Anda tetap kuat berlari mencapai tujuan yang menjadi target Anda tanpa berhenti. Tetapi teknik itu dapat dipelajari dengan sendirinya berdasarkan kebiasaan atau pengalaman dalam berlari. Untuk menentukan target lari, Anda tidak harus mematok jarak yang jauh. Pilihlah jarak yang sesuai dengan kemampuan dan jangan terlalu memaksakan diri untuk berlari dengan kencang. Tolak ukur keberhasilan lari adalah bahwa Anda dapat berlari dengan stabil, enjoy, keringat dapat keluar dengan lancar, dan setelah lari badan terasa bugar.

Manfaat Lari Sore dan Kelebihannya

  1. Menurunkan berat badan

Melakukan lari sore seringkali dilakukan dalam rangka menurunkan berat badan. Sehingga bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, dapat melakukan olahraga lari sore secara teratur agar memiliki berat badan yang ideal. Manfaat lari sore jika dilakukan secara rutin dapat membakar lemak atau kalori dalam tubuh secara efektif. Lari yang dilakukan pada sore hari mempunyai kelebihan dapat menghasilkan keringat yang lebih banyak sebab suhu tubuh sudah lebih siap jika dibandingkan di pagi hari. Anda juga tidak harus melakukan banyak pemanasan, sebab dengan sedikit pemanasan saja maka tubuh sudah terkondisikan untuk siap melakukan lari.

Jadi dengan kondisi di atas, lari sore sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Jika pada pagi hari atau siang hari Anda banyak makan maka pada sore hari adalah waktu yang tepat untuk membakar asupan kalori dari makanan yang telah Anda makan sebelumnya. Sehingga lemak tidak jadi menumpuk dalam jaringan tubuh dan berat badan pun secara bertahap akan turun.

  1. Menyehatkan jantung

Manfaat lari sore yang utama bagi kesehatan adalah dapat menyehatkan jantung. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa penyakit jantung masih merupakan penyakit pembunuh nomor satu baik di Indonesia maupun di dunia. Dengan melakukan lari sore secara teratur maka jantung Anda pun akan selalu sehat. Hal ini dikarenakan, dengan melakukan olahraga lari otot-otot dalam jantung akan teraktifasi sehingga jika ada satu atau beberapa otot jantung yang lemah maka otot tersebut akan menjadi kuat kembali. Lari juga sangat efektif untuk melancarkan peredaran darah, sehingga kolesterol yang menumpuk dalam bentuk plak akan luruh dan Anda pun dapat terhindar dari penyakit jantung koroner.

Dengan melakukan olahraga lari, persediaan oksigen dalam paru-paru akan selalu stabil dan berpengaruh besar dalam stabililitas irama jantung. Tekanan darah akan selalu terjaga, sehingga akan terhindar dari penyakit hipertensi. Peredaran darah dari jantung ke otak dan seluruh organ tubuh pun selalu lancar sehingga Anda dapat terhindar dari penyakit stroke dan jaringan tubuh dapat bekerja secara optimal. Syaraf-syaraf di seluruh tubuh juga dapat bekerja secara aktif dan Anda pun dapat terhindar dari kebas atau kesemutan.

  1. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

Manfaat lari sore yang berikutnya yaitu dapat meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Dengan melakukan lari sore secara teratur maka Anda menjadi jauh lebih bersemangat, lebih percaya diri, dan bergairah. Kekebalan tubuh Anda juga lebih meningkat sehingga akan terhindar dari berbagai macam penyakit, baik yang diakibatkan oleh virus, bakteri, jamur, maupun parasit, serta penyakit berbahaya seperti berbagai macam tumor atau kanker. Melakukan lari di sore hari biasanya Anda lebih bersemangat sebab jauh dari gangguan rasa kantuk jika dibandingkan pada lari di pagi hari.

  1. Melatih kekuatan dan membentuk otot

Lari sore juga sering dimanfaatkan untuk melatih kekuatan dan membentuk otot. Jadi manfaat lari sore adalah dapat membuat otot Anda menjadi lebih kuat sehingga tidak kesulitan ketika mengangkat benda berat maupun melakukan aktifitas kerja yang menggunakan kekuatan fisik. Dengan olahraga lari sore secara teratur Anda juga terhindar dari kram otot dan keseimbangan tubuh lebih terjaga. Selain fungsi kekuatan, olahraga lari juga berfungsi membentuk otot agar menjadi berisi dan meningkatkan nilai estetis atau keindahannya. Perut dapat menjadi sixpack, paha dan betis menjadi ramping, dan bagian tubuh lain akan terbentuk secara proporsional.

  1. Menjauhkan diri dari stres

Dengan melakukan olahraga lari dapat menjauhkan diri Anda dari serangan stres. Manfaat lari sore dalam hal ini adalah sebagai sarana refreshing untuk melepaskan kepenatan setelah Anda melakukan rutinitas kerja. Jadi setelah Anda disibukkan dengan berbagai urusan kerja yang seringkali membuat pikiran Anda menjadi stres, lakukanlah lari sore maka semua beban yang ada di pikiran Anda akan hilang seakan rontok bersama keringat yang Anda keluarkan ketika lari sore.

  1. Melancarkan metabolisme tubuh

Manfaat lari sore lainnya yaitu dapat meancarkan metabolisme tubuh. Sehingga semua hormon dan enzim dalam tubuh Anda dapat bekerja dengan maksimal dan tubuh pun akan selalu bugar. Anda akan terhindar dari gangguan badan yang tak nyaman atau sering pegal-pegal. Proses pencernaan juga dapat berjalan lancar sehingga Anda dapat terhindar dari masalah pencernaan seperti sering kembung dan suasah BAB/sembelit. Kulit Anda pun juga akan selalu segar, muka berseri-seri, selalu tampil awet muda dan terhindar dari penuaan dini.

  1. Tidur menjadi lebih nyenyak

Manfaat lari sore yang juga merupakan keunggulannya dibandingkan dengan lari di waktu yang lain yaitu dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Hal ini dikarenakan setelah melakukan lari di sore hari, badan menjadi fresh, peredaran darah dan syaraf menjadi lancar, sehingga pada malam harinya Anda dapat tidur lebih nyenyak dan bangun dalam keadaan yang segar. Anda pun akan mendapatkan waktu istirahat yang benar-benar berkualitas di malam hari.

Selain manfaat lari sore yang telah dijelaskan di atas, namun lari sore ini juga terdapat kelemahan. Kelemahan tersebut antara lain susah dikerjakan bagi Anda yang pulang kerja sudah terlalu sore sehingga sampai rumah sudah capek dan tidak memungkinkan untuk melakukan olahraga lari. Maka dalam kasus ini, Anda harus memilih waktu lain untuk melakukan lari misalnya pada waktu pagi hari sebelum memulai aktifitas kerja. Selain itu kelemahan berikutnya yaitu pada sore hari biasanya lalu lintas di jalan cukup padat dan udaranya kurang bersih. Sebagai solusinya Anda dapat memilih tempat/area yang tidak terdapat kendaraan atau hanya dilalui oleh sedikit kendaraan sehingga Anda tetap dapat menghirup udara yang cukup segar dan terhindar dari polusi udara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *