invisible hit counter

Follow US

Makanan yang Tidak Mengandung Kalori yang Cocok untuk Diet

Makanan yang Tidak Mengandung Kalori yang Cocok untuk DietMengonsumsi makanan yang tidak mengandung kalori merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan ketika sedang menjalankan program diet. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Ternyata, makanan-makanan ini pun dapat dengan mudah ditemukan dalam lingkungan sehari-hari. Berikut ini adalah daftar makanan yang wajib dikonsumsi ketika sedang menjalankan program diet karena kandungan kalorinya yang rendah Beberapa makanan ini bahkan tidak mengandung kalori sama sekali.

1. Jeruk Lemon

Makanan yang tidak mengandung kalori dan cocok dimasukkan dalam menu diet yang pertama adalah lemon. Lemon dikenal memiliki kandungan kalori yang sangat sedikit, yakni berkisar 20 kalori setiap buahnya. Selain itu, lemon juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin C dan serat.

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah ini mampu membakar lemak yang terdapat dalam tubuh. Hal ini tentunya dikarenakan kandungan asamnya yang cukup tinggi. Hebatnya lagi, buah ini pun juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungannya yang kaya akan antioksidan sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

2. Sayur Bayam

Sayur bayam dikenal memiliki kandungan vitamin K, zat besi, dan asam folat. Selain itu, sayuran hijau ini juga mampu menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Menurut beberapa pakar kesehatan, sayur bayam ternyata juga kaya akan vitamin C, beta karoten, dan lutein fitokimia yang berfungsi dalam melindungi mata dari degenerasi makul akibat bertambahnya usia.

3. Selada Air

Menu makanan yang tidak mengandung kalori dan sangat disarankan untuk dimasukkan ke dalam program diet adalah selada air. Bahkan, makanan ini lebih dianjurkan dibandingkan menu makanan lainnya, seperti brokoli dan kubis, karena memiliki kandungan zat yang mampu mencegah terjadinya kanker.

Selain itu, selada air juga memiliki kandungan sulforaphane yang sangat baik bagi tubuh karena kemampuannya dalam menangkal beragam penyakit. Jadi, jangan ragu untuk mengonsumsi menu makanan yang satu ini ketika menjalankan program diet.

4. Lobak

Lobak merupakan makanan rendah kalori dengan kandungan glikemik yang rendah serta mengandung vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas. Untuk mendapatkan manfaatnya dengan rasa yang semakin nikmat, lobak dapat dijadikan sebagai bahan sup maupun semur dengan dimasak setengah matang. Rasanya dijamin lezat dan kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh, khususnya bagi yang sedang menjalankan program diet.

5. Kopi

Pernahkah terpikirkan untuk mengonsumsi kopi sebagai menu diet? Ternyata, minuman yang memiliki banyak penggemar dari seluruh dunia ini juga tidak memiliki kandungan kalori di dalamnya. Selain untuk menghilangkan rasa kantuk, ternyata kopi pun dapat digunakan sebagai menu dalam menurunkan berat badan. Namun perlu diingat, untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif, minumlah kopi pahit atau yang tidak mengandung gula sama sekali.

6. Buah Tomat

Buah tomat seringkali digunakan sebagai makanan wajib bagi yang sedang menjalankan program diet. Selain mampu menurunkan berat badan, tomat juga dapat digunakan untuk menghaluskan kulit serta melindunginya dari radiasi sinar ultraviolet (UV). Ditambah dengan kandungannya yang kaya akan vitamin C, kalium, dan serat, buah tomat sangat efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal berbagai macam penyakit.

7. Kembang Kol

Siapa yang tidak mengenal kembang kol? Jenis sayuran satu ini ternyata juga memiliki kandungan kalori yang sangat rendah dan biasa dikonsumsi dalam rangka penurunan berat badan. Selain itu, kembang kol juga memiliki beragam manfaat lainnya karena mengandung folat dan vitamin C yang sangat baik dan menyehatkan bagi tubuh.

8. Selada

Selada biasanya dapat ditemukan dalam menu lalapan yang biasa dikonsumsi setiap harinya. Selada memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, yakni berkisar lima kalori setiap cangkirnya. Hal ini tentu menjadi alasan mengapa selada sering dimasukkan dalam menu diet sehari-hari. Selain itu sayuran ini juga sangat kaya akan asam folat, mangan, dan vitamin B yang memiliki fungsi meningkatkan daya tahan tubuh serta mengatur gula darah dalam tubuh agar tetap stabil.

9. Brokoli

Brokoli juga sering dimasukkan ke dalam menu diet karena kandungan kalorinya yang sangat rendah, yakni berkisar 31 kalori setiap cangkirnya. Selain itu, jenis sayuran ini juga memiliki banyak manfaat dalam mencegah risiko terkena kanker. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin, mineral dan seratnya sangat kaya sehingga mampu menangkal berbagai macam radikal bebas yang begitu besar.

10. Asparagus

Makanan yang tidak mengandung kalori selanjutnya adalah asparagus. Jenis makanan ini sering dikonsumsi karena memiliki beragam manfaat yang baik bagi tubuh, khususnya saat menjalankan program detoksifikasi atau penghilangan racun yang terkandung dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan asam aminonya cukup tinggi sehingga tubuh dapat terhindar dari beragam penyakit.

11. Kubis

Kubis merupakan makanan yang masuk dalam kategori sayuran yang tidak memiliki kandungan kalori di dalamnya. Sayuran ini pun dapat dengan mudah ditemukan dan dijual di lingkungan sekitar dengan harga yang sangat terjangkau. Kubis sendiri mengandung berbagai vitamin dan fitonutrien yang mampu mengurangi risiko terkena kanker. Selain itu, kandungan mineralnya juga ampuh bagi seseorang yang sedang menjalankan program diet.

12. Kale

Kale merupakan sayuran rendah kalori, yakni berkisar lima kalori setiap cangkirnya. Makanan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi yang sedang menjalankan program diet karena memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti zat besi, vitamin, mangan, serta asam folat.

Selain itu, sayur kale ternyata juga mampu mencegah terjadinya kanker dan menangkal radikal bebas. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya fitonutrien di dalamnya yang sangat baik bagi tubuh dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin.

13. Bawang Putih

Bawang putih merupakan makanan yang masuk dalam kategori bumbu rempah-rempah. Dengan jumlah kalori yang berkisar antara empat kalori setiap cangkirnya, makanan ini merupakan menu diet yang wajib untuk dikonsumsi.

Selain sebagai bumbu penyedap masakan, bawang putih ternyata memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi yang berguna dalam mencegah infeksi saluran kemih, menangkal radikal bebas, menurunkan darah tinggi, serta meredakan demam. Ditambah lagi, bawang putih dapat dengan mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau sehingga dapat dikonsumsi oleh berbagai golongan.

Beberapa jenis makanan ini sangat direkomendasikan untuk dimasukkan dalam menu diet sehari-hari. Selain memiliki beragam manfaat, makanan-makanan ini pun sangat mudah ditemukan di pasar dengan harga yang relatif terjangkau. Jadi, mulailah hidup sehat saat ini juga dengan mulai mengonsumsi makanan yang tidak mengandung kalori di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *