invisible hit counter

Follow US

Makanan yang Mengandung Kalsium dan Manfaatnya bagi Ibu Hamil

Makanan yang Mengandung Kalsium dan Manfaatnya bagi Ibu HamilMakanan yang mengandung kalsium sangat penting bagi tubuh kita terutama dalam pembentukan tulang dan gigi. Kalsium (Ca) merupakan jenis mineral yang harus tercukupi dalam tubuh manusia, dan jika kekurangan zat ini dapat menimbulkan berbagai gangguan tulang, termasuk osteoporosis. Selain berperan dalam proses pembentukan tulang dan gigi, kalsium juga mempunyai banyak manfaat lainnya, seperti untuk melenturkan otot, mengontrol tekanan darah, menjaga keseimbangan cairan tubuh, melancarkan peredaran darah, dan menyeimbangkan tingkat keasaman darah.

Selain itu, kalsium juga mempunyai peranan penting untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Diantaranya yaitu menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah terjadinya kanker usus, mengatasi berbagai keluhan sakit pinggang, kram, dan wasir, mengatasi kulit kering dan pecah-pecah, mengobati kencing manis dengan cara mengaktifkan pankreas, dan mencegah impotensi. Kalsium juga sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai keluhan wanita saat haid dan menopause, serta berperan penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

Kebutuhan akan kalsium setiap harinya berbeda-beda untuk tingkatan umur. Untuk bayi berumur 0 – 5 bulan memerlukan kalsium sebanyak 400 mg per hari, bayi 6 bulan sampai 1 tahun sebanyak 600 mg, dan anak umur 1 sampai 10 tahun sebanyak 800 mg. Sedangkan untuk remaja berumur 11 sampai 24 tahun memerlukan kalsium sebanyak 1200 mg, untuk orang dewasa berumur 25 sampai 50 tahun sebanyak 800 mg, dan untuk umur lebih dari 50 tahun membutuhkan kalsium sebanyak 1000 mg. Bagi ibu hamil dan menyusui juga harus mengkonsumsi makanan yg mengandung kalsium dengan jumlah kandungan kalsium per harinya sebanyak 1200 mg.

Berbagai Jenis Makanan yang Mengandung Kalsium

Ada banyak jenis makanan yang mengandung kalsium yang dapat Anda konsumsi untuk mencukupi kebutuhan kalsium setiap hari secara alami, antara lain sebagai berikut:

1. Susu dan produk olahannya

Susu merupakan makanan yang mengandung kalsium tinggi. Dalam satu gelas susu mengandung sekitar 270 mg kalsium. Susu mempunyai zat kandungan lengkap yang diperlukan oleh tubuh. Selain mengandung kalsium, susu juga mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan berbagai jenis mineral. Karena susu juga mempunyai kandungan lemak, maka hendaknya dikonsumsi secara tidak berlebihan, terutama bagi Anda yang mempunyai masalah berat badan. Selain susu, produk olahannya seperti keju dan yoghurt juga merupakan makanan yang mengandung kalsium cukup tinggi.

2. Jenis daging dan ikan

Daging yang berwarna merah juga merupakan makanan yg mengandung kalsium. Jenis daging yang mudah ditemukan adalah daging sapi. Selain dari dagingnya, pada bagian sunsum tulang sapi mempunyai kandungan kalsium yang sangat tinggi. Beberapa jenis ikan juga merupakan penyedia kandungan kalsium yang bagus, seperti ikan salmon yang mengandung sekitar 60 mg dalam setiap 100 gramnya, dan ikan sarden yang mencukupi sekitar 30 % kebutuhan kalsium dalam tubuh. Selain itu jenis makanan seafood seperti udang dan kerang juga menyediakan kalsium yang baik bagi tubuh.

3. Sayur-sayuran dan biji-bijian

Berbagai jenis sayuran merupakan sumber makanan yang mengandung kalsium. Sayuran tersebut antara lain yaitu brokoli yang mengandung kalsium 180 mg, kol (90 mg Ca), lobak (200 mg Ca), bayam (200 mg Ca), dan bokchoy (74 mg Ca). Sedangkan jenis biji-bijian yang mengandung banyak kalsium yaitu kacang almond (72 mg Ca dalam ¼ cangkir), biji wijen (280 mg Ca dalam 100 gram), kacang tanah (442 mg Ca dalam 100 gram), dan kacang kedelai (261 mg Ca dalam 1 cangkir).

4. Buah-buahan

Buah-buahan selain kaya akan serat dan vitamin, juga merupakan makanan yg mengandung kalsium. Buah yang kaya akan kalsium diantaranya yaitu jeruk yang mengandung sekitar 60 mg dalam setiap buahnya, dan buah ara yang mengandung sekitar 50 mg kalsium dalam setiap buahnya. Selain itu buah pisang dan alpukat juga memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Dengan mengkonsumsi buah maka akan tercipta tulang yang kuat sekaligus kulit yang senantiasa segar.

Manfaat Kalsium bagi Ibu Hamil

Jenis makanan yang mengandung kalsium yang telah diterangkan di atas sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya khususnya kalsium. Ibu hamil memerlukan kebutuhan kalsium yang cukup tinggi yaitu minimal sebanyak 1200 mg per harinya untuk diri sendiri dan juga untuk kebutuhan janin yang dikandungnya. Sehingga sangat penting mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil. Manfaat kalsium bagi ibu hamil adalah sebagai berikut:

1. Memperkuat tulang ibu

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium maka dapat memperkuat tulang ibu hamil dan mencegah osteoporosis. Pada ibu hamil, tulang mempunyai tugas yang lebih berat untuk menopang berat badan yang semakin besar. Oleh karena itu pada ibu hamil rawan terjadi pengeroposan tulang atau osteoporosis. Dengan asupan kalsium yang cukup maka tulang menjadi lebih kuat dan badan ibu hamil pun menjadi lebih kuat dan segar. Kondisi ini tentunya akan sangat membantu dalam memudahkan proses persalinan.

2. Berperan penting dalam perkembangan tulang janin

Sebagaimana kita ketahui bahwa fungsi utama kalsium adalah sebagai unsur utama pembentuk tulang. Sehingga dengan tercukupinya kebutuhan kalsium pada iu hamil maka janin juga akan menerima banyak manfaat yang salah satunya adalah perkembangan tulang menjadi lebih sempurna. Sehingga kondisi ini dapat menghindarkan bayi dari kemungkinan kecacatan dan mencegah kerapuhan tulang bayi ketika lahir.

3. Mencegah kram saat hamil

Pada saat hamil, kaki merupakan bagian anggota tubuh yang mempunyai fungsi cukup berat, yaitu menopang seluruh beban berat tubuh. Pada situasi ini kaki ibu hamil riskan mengalami kram, kesemutan, maupun bengkak. Dengan mengkonsumsi makanan yg mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup, maka kejadian tersebut dapat dicegah. Sebab kalsium dapat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh sehingga dapat mencegah kram saat hamil yang disebabkan karena aliran darah yang tidak lancar.

4. Mencegah berbagai komplikasi kehamilan

Pada ibu hamil harus diupayakan agar jauh dari berbagai penyakit yang berpotensi menimbulkan komplikasi selama kehamilan. Dengan tercukupinya kebutuhan kalsium pada ibu hamil, maka dapat menghindarkan berbagai penyakit berbahaya yang dapat terjadi selama kehamilan dan membahayakan proses persalinan. Kalsium dapat meminimalisir terjadinya penyakit yang membahayakan kehamilan, diantaranya yaitu penyakit jantung, hipertensi, dan diabetes melitus (kencing manis).

5. Meningkatkan tumbuh kembang bayi ketika lahir

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk ibu hamil, juga sangat menentukan tumbuh kembang bayi setelah dilahirkan ke dunia. Tumbuh kembang tersebut antara lain kemampuan bayi untuk duduk, merangkak, maupun berdiri. Tekstur tulang bayi yang dibentuk dari sumbangan kalsium yang dikonsumsi ibu sewaktu janin masih di dalam kandungan, juga menentukan kemampuan bayi untuk cepat berjalan dan memiliki tulang yang lebih kokoh. Selain itu perkembangan gigi bayi juga lebih cepat dan memiliki otot yang lebih kuat dan lentur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *