invisible hit counter

Follow US

Makanan untuk Penderita Asam Lambung yang Dianjurkan Dikonsumsi

Makanan untuk Penderita Asam Lambung yang Dianjurkan DikonsumsiMemilih dengan teliti makanan untuk penderita asam lambung adalah hal yang penting dilakukan agar masalah kesehatan ini tidak bertambah parah. Asam lambung sendiri adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya kadar asam pada lambung, yang akhirnya menimbulkan rasa nyeri pada daerah ulu hati, bahkan rasa seperti terbakar pada dada. Lalu, apa saja makanan yang dianjurkan untuk penderita asam lambung? Bagaimana dengan pantangan untuk penderita asam lambung? Simak jawabannya pada ulasan berikut.

15 Makanan yang Disarankan dan Aman Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung

Bagi penderita asam lambung, ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi agar tidak membuat kadar asam pada lambung meningkat. Berikut ini adalah 15 makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita asam lambung:

  1. Wortel

Wortel memang dikenal sebagai sayuran yang kaya akan kandungan vitamin A, yang baik untuk kesehatan mata. Tidak hanya vitamin A, wortel ternyata juga mengandung vitamin dan kalsium serta berbagai nutrisi lain yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, wortel juga mengandung antioksidan yang pasti aman jika dikonsumsi oleh penderita asam lambung karena wortel tidak meningkatkan kadar asam pada lambung.

  1. Brokoli

Makanan untuk penderita asam lambung selanjutnya adalah brokoli. Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan kandungan kalsium, kalium, dan serat yang bagus untuk pemenuhan nutrisi tubuh sehari-hari. Selain itu, brokoli juga mengandung sulfur yang bermanfaat sebagai antioksidan dan sebagai pelindung lapisan dalam kulit lambung.

  1. Kunyit

Kunyit adalah salah satu makanan untuk penderita asam lambung yang paling dianjurkan karena mampu mencegah naiknya kadar asam pada lambung. Oleh karena itu, kunyit pun juga dikenal sebagai salah satu obat maag tradisional yang sangat manjur. Walaupun rasanya tidak enak, kunyit memiliki kandungan yang ampuh untuk mengendalikan kadar asam lambung, yang menjadikannya makanan wajib bagi penderita masalah kesehatan ini.

  1. Kacang Hijau

Sebagai salah satu makanan untuk penderita asam lambung, kacang hijau dikenal dapat membantu membentuk lapisan di dalam lambung sehingga mencegah kenaikan kadar asam di dalamnya. Tidak heran kalau kacang hijau menjadi salah satu bahan makanan yang dapat mengobati permasalahan pada lambung. Selain itu, kacang hijau juga merupakan makanan yang sehat karena mengandung karbohidrat yang penting bagi tubuh.

  1. Susu Kambing

Berbeda dengan jenis susu yang lain, susu kambing mengandung sifat basa sehingga dapat menetralkan kandungan asam yang ada pada lambung agar tidak meningkat. Jadi untuk penderita asam lambung yang ingin mengonsumsi susu, susu kambing jauh lebih dianjurkan untuk dikonsumsi dibandingkan susu hewan lainnya.

  1. Timun

Timun merupakan makanan yang mampu mengurangi gejala panas di area tubuh tertentu. Terlebih lagi, timun juga dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul pada daerah perut ketika kadar asam lambung meningkat.

  1. Pisang

Yang menyebabkan pisang menjadi salah satu pilihan makanan untuk penderita asam lambung adalah karena pisang mampu menyeimbangkan kadar keasaman atau pH di dalam lambung. Selain itu, seperti yang kita ketahui, pisang memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, misalnya vitamin, kalium, kalsium dan fosfor. Jadi tidak hanya bermanfaat untuk penderita asam lambung karena menjaga kandungan asam, buah pisang juga bermanfaat untuk tubuh secara keseluruhan.

  1. Mangga

Mangga memang menjadi salah satu buah favorit banyak orang. Terang saja, tidak kalah dengan pisang, mangga juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan pelengkap dalam pola empat sehat lima sempurna. Kandungan pada mangga dapat menjaga lapisan perut karena mengandung antioksidan dan zat anti inflamasi.

  1. Semangka

Siapa sangka jika dibalik kandungan airnya yang sangat tinggi, semangka bermanfaat untuk membentuk amonia yang mempertahankan tingkat kadar keasaman pada lambung. Dengan kata lain, mengonsumsi semangka akan sangat membantu penderita asam lambung agar tetap sehat.

  1. Air Kelapa

Air kelapa memudahkan terbentuknya dan kembalinya elektrolit pada tubuh yang tadinya hilang karena melakukan banyak aktivitas. Dengan elektrolit tersebut, kadar keasaman lambung menjadi seimbang dan tingkat kenaikannya lebih bisa dikendalikan. Itulah mengapa air kelapa dikelompokkan menjadi salah satu makanan untuk penderita asam lambung.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung vitamin, nutrisi, dan mineral sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Seperti yang kita ketahui, di dalam lidah buaya terkandung sebuah gel yang multifungsi. Salah satu fungsi gel ini adalah bisa digunakan untuk mengobati penyakit asam lambung. Oleh karena itu, lidah buaya justru dianjurkan dikonsumsi untuk mencegah kadar asam lambung naik tidak terkendali.

  1. Kentang

Makanan yang satu ini dapat menetralisir kadar keasaman di dalam lambung karena kentang sendiri bersifat basa. Karena sifatnya ini, kentang wajib dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Untuk mendapat manfaat maksimal, rebus atau kukus kentang sebentar sebelum akhirnya dikonsumsi.

  1. Jahe

Jahe dikenal memiliki efek gastroprotektif apabila dikonsumsi. Efek ini secara spesifik menekan munculnya helicobacter pylon dan memblokir asam. Itulah sebabnya, jahe sering disarankan untuk dikonsumsi penderita penyakit asam lambung. Sudah dikenal sebagai bahan obat herbal tradisional sejak dulu, jahe enak untuk dibuat minuman. Rasanya segar dan menyehatkan.

  1. Apel

Selain kandungan vitaminnya yang menyehatkan, apel ternyata mampu mengurangi tingkat kadar asam yang ada pada lambung. Kandungan asam yang terdapat pada apel adalah asam dan enzim sehat yang justru berguna untuk menetralisir asam lambung pada tubuh.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan pilihan sarapan pagi yang sehat bagi penderita penyakit asam lambung. Selain mengandung serat yang tinggi, oatmeal juga mengandung banyak kandungan mineral yang menyeimbangkan kadar asam pada lambung. Asam lambung yang berlebih akan diserap oleh oatmeal, sementara itu gejala naiknya asam lambung karena tingginya kadar asam ini dapat dikurangi secara bersamaan.

7 Pantangan Makanan bagi Penderita Asam Lambung

Bukan hanya mengetahui makanan yang dianjurkan, penderita masalah asam lambung juga perlu mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi karena memengaruhi pengaruhnya terhadap kadar asam pada lambung. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari.

  1. Tomat

Beberapa jenis olahan tomat memang dikenal dapat menyebabkan peningkatan produksi asam pada lambung. Selain itu, tomat dan produk olahannya juga dapat memengaruhi otot sphincter pada esofagus bagian bawah, sehingga meningkatkan risiko seseorang untuk terserang penyakit maag.

  1. Bawang merah dan bawang putih

Mengonsumsi bawang dengan jumlah yang berlebihan dapat berdampak pada peningkatan kadar asam pada lambung. Meskipun menyehatkan, dokter dan ahli kurang menyarankan makanan ini untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

  1. Minuman bersoda dan beralkohol

Ketika meminum minuman bersoda, terjadi sebuah tekanan di lambung. Tekanan ini mendorong lambung dan memaksa sphincter pada esofagus untuk terbuka. Di sisi lain, minuman beralkohol juga menyebabkan peningkatan asam lambung bahkan kerusakan esofagus.

  1. Makanan pedas

Makanan pedas dapat melukai kerongkongan apalagi kalau makanan tersebut mengandung banyak bawang. Makanan pedas yang dikonsumsi secara berlebihan akan membuat permukaan lambung rusak dan terluka, dan juga dapat menghasilkan gas pada perut. Munculnya gas pada perut ini dapat berefek pada tingkat asam lambung yang meningkat.

  1. Makanan berlemak

Karena membutuhkan waktu yang lama untuk dikonsumsi, makanan berlemak dapat menyebabkan tingkat asam pada lambung meningkat. Selain itu, makanan berlemak dapat menyebabkan obesitas yang mengakibatkan disfungsi esofagus.

  1. Kopi

Kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan sekresi asam lambung sehingga kadar asam pada lambung pun juga meningkat. Mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat mengurangi jumlah kadar air alami pada lambung sehingga asam lambung menjadi tidak seimbang.

  1. Cokelat

Sebagian besar kandungan dalam cokelat menyebabkan naiknya asam lambung. Kandungan tersebut meliputi cocoa, lemak yang tinggi, kafein, theobromine, dan stimulan serupa lainnya. Karena kandungan inilah, tingkat asam pada lambung bisa meningkat dengan drastis dan membahayakan kesehatan.

Jadi memilih makanan untuk penderita asam lambung dengan hati-hati penting artinya bagi kesehatan. Hindari makanan yang memberi efek buruk dan konsumsi hanya makanan dengan dampak yang baik saja. Semoga cepat sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *