invisible hit counter

Follow US

Makanan untuk Memperbanyak ASI Selama Masa Menyusui

Makanan untuk Memperbanyak ASI Selama Masa MenyusuiMakanan untuk memperbanyak ASI terdapat banyak jenisnya. Mulai dari kacang-kacangan, sayuran hijau dan yang berwarna lain, berbagai jenis tumbuhan sampai berbagai jenis daging dapat dikonsumsi ibu untuk memperbanyak jumlah ASI. Jumlah ASI yang banyak dan sehat sangat dibutuhkan mengingat hanya ASI yang bisa dikonsumsi bayi beberapa bulan pertama. Asupan bergizi yang dikonsumsi ibu dapat menghasilkan ASI yang bergizi juga.

Sejak setelah melahirkan, menyusui adalah kewajiban utama seorang ibu untuk dilakukan dan sangat perlu juga bagi ibu untuk memberikan ASI selama enam bulan pertama secara eksklusif. Menurut penelitian, pemberian ASI eksklusif selama enam bulan pertama akan memberikan manfaat sangat baik bagi bayi dalam jangka panjang. Salah satunya yaitu mencegah alergi, selain itu juga mencegah terjadi meningitis dan saluran pernafasan bagian bawah.

Untuk beberapa minggu pertama, jadwal pemberian ASI belum bisa teratur. Dengan tidak menentunya jadwal pemberian ASI ini, membuat ibu harus selalu siap sedia memberikan ASI kepada sang bayi kapanpun bayi membutuhkan. Oleh karena itu, pasokan ASI juga harus tetap dijaga. Untuk tetap mendapatkan jumlah ASI yang banyak dan mencukupi untuk kebutuhan bayi, berikut beberapa makanan yang menyehatkan dan juga berguna untuk memperbanyak jumlah ASI ibu.

Piilihan Sayuran sebagai Bahan Makanan untuk Memperbanyak ASI

Seperti yang sudah diketahui bahwa makanan yang dimakan oleh ibu nantinya juga akan diberikan kepada bayinya melalui ASI. Maka sebaiknya memang ibu banyak memakan makanan yang sehat dan bernutrisi baik untuk tumbuh kembang bayi. Sayuran selain memiliki nutrisi dan serat yang baik, ternyata beberapa sayuran juga dapat menjadi makanan untuk memperbanyak ASI. Sayuran tersebut antara lain :

– Daun Katuk : sayur ini sejak dulu memang sudah dipercaya dan dibuktikan khasiatnya sebagai bahan makanan untuk memperbanyak ASI. Daun katuk mengandung banyak protein yang berguna untuk memperbanyak ASI. Selama masa menyusui, ibu membutuhkan protein 20 gram lebih banyak dari bisanya yang hanya 40 gram. Dengan mengonsumsi daun katuk sebanyak 100 gram, maka ibu sudah bisa mencukupi kebutuhan protein hariannya. Meski daun katuk kadang terasa pahit, namun jika diolah dengan tepat, bisa menghasilkan makanan yang enak dan berkhasiat.

– Bayam : Bayam mengandung enzim phytoesterogen yang berguna untuk memproduksi ASI. Bayam juga mengandung zat besi yang berguna untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Selain itu juga bayam kaya akan vitamin b6 yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Selain zat besi dan vitamin B6, bayam juga mengandung banyak vitamin A, C, E, K, protein dan berbagai mineral seperti ribolavin, asam folat, kalsium, magnesium, thiamin, kalium dan fosfor. Mengandung banyak zat yang berguna bagi tubuh baik pada bayi dan ibu, bayam tidak salah jika menjadi salah satu makanan untuk memperbanyak ASI.

– Wotel : selain bayam, wortel juga mengandung banyak enzim phytoesterogen yang berguna untuk produksi ASI. Proses produksi ASI akan semakin cepat dan tinggi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung enzim phytoesterogen. Dengan segelas wortel pada siang hari, ASI akan diproduksi lagi dengan cepat pada sore hari. Selain mengandung enzim phhytoesterogen, wortel juga mengandung banyak vitamin A yang berguna unutk kesehatan mata.

– Kemangi : sayuran lain yang mengandung enzim phytoesterogen adalah kemangi. Selain bermanfaat sebagai makanan untuk memperbanyak ASI, kemangi juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan, mencegah bau badan dan mecegah sembelit.

– Pare : makanan pahit yang satu ini memiliki banyak kandungan bermanfaat bagi tubuh, selain itu juga berguna sebagai makanan untuk memperbanyak ASI. Kandungan yang dimiliki pare antara lain vitamin K, likopen, fitokimia lutein dan antioksidan. Pare juga memiliki manfaat untuk memproduksi insulin sehingga mampu menurunkan kadar gula dalam darah, selain itu juga dapat membunuh sel kanker dalam tubuh.

– Sayur Merah : sayuran yang berwarna merah seperti sawi merah, bayam merah, bit, dan kangkung merah mengandung beta karoten yang baik untuk mata serta mengandung asam folat yang berguna bagi ibu hamil. Selain itu juga sayuran dengan warna merah juga sangat berguna sebagai makanan untuk memberbanyak ASI.

Buah dan Biji-Bijian untuk Memperbanyak ASI

Selain sayuran, beberapa biji-bijian dan buah juga berguna untuk memberikan nutrisi yang baik dan memperbanyak produksi ASI bagi ibu yang sedang menyusui. Beberapa buah dan jagung berikut ini dapat menjadi pilihan camilan atau makanan ibu  selama menyusui untuk memperbanyak produksi ASI.

– Jagung : Jagung manis mengandung karbohidrat dan protein yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI lebih banyak. Jagung dapat diolah menjadi berbagai makanan seperti sup jagung, bakwan jagung atau bisa hanya dengan direbus seperti biasa saja. Konsumsi jagung yang cukup dapat memberikan manfaat yang baik pada ibu hamil, yaitu sebanyak 200 gram per hari.

– Oat : Oat mengandung banyak nutrisi dan zat yang berguna untuk memperbanyak produksi ASI pada ibu menyusui. Selain itu juga kandungan yang dimiliki oat sangat baik untuk bayi, kandungan tersebut seperti zat besi, serat, dan kalsium. Ibu dapat mengonsumsi oat sebagai makanan untuk memperbanyak ASI dengan menyajikannya dengan berbagai macam buah-buahan atau biji-bijian lain beserta susu. Selain dapat memperbanyak ASI, mengonsumsi oat dengan campuran yang baik juga dapat menyehatkan bagi bayi.

– Kacang Mete, Kacang Tanah dan Kacang Almond : Protein yang terkandung dalam kacang-kacang ini sangat bergunan untuk produksi ASI. Selain protein, kacang almond san kacang tanah juga mengandung banyak zat besi yang berguna untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu juga, kacang almond mengandung kalsium yang juga bermanfaar bagi ibu menyusui.

– Biji Adas dan Jinten Hitam : biji adas mengandung banyak vitamin C yang berguna untuk pencernaan. Biji jinten hitam kaya akan protein. Kedua jenis biji-bijian ini ditemukan bermanfaat untuk membantu produksi ASI pada ibu. Selain itu juga kandungan vitamin C pada biji adas bisa menjaga pencernaan ibu dan bayi.

Penuhi Kebutuhan Air dan Minyak untuk Memperlancar ASI

Selain makanan seperti sayur, buah dan biji-bijian tertentu, air dan minyak juga berguna untuk membantu produksi ASI pada ibu. Konsumsi air putih yang cukup tentu sangat diperlukan untuk membantu menjaga cairan dalam tubuh tetap stabil. Selain itu juga selama menyusui ibu membutuhkan cairan yang lebih banyak dari biasanya.

Minyak yang berguna untuk membantu memperbanyak produksi ASI adalah jenis minyak sehat seperti minyak zaitun, minyak wijen, minyak kelapa dan minyak biji rami. Dengan mengonsumsi minyak secara tebat, yaitu sebagai bahan tambahan untuk olahan makanan, maka minyak ini dapat memperbanyak jumlah ASI pada ibu.

Selain pola hidup yang sehat serta perlakuan khusus seperti memberi pijatan agar ASI dapat mengalir dan memproduksi lebih banyak ternyata asupan yang dikonsumsi ibu juga berpengaruh pada produksi ASI. Dengan mengonsumsi beberapa makanan di atas sebagai makanan untuk memperbanyak ASI, bukan hanya jumlah ASI yang bertambah, namun juga kualitas ASI yang diproduksi ibu juga semakin sehat dan bermanfaat untuk bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *