invisible hit counter

Follow US

Macam-Macam Penyakit Paru-Paru Beserta Cara Pencegahannya

Macam-Macam Penyakit Paru-Paru Beserta Cara PencegahannyaSeperti yang sudah semua orang ketahui, macam-macam penyakit paru-paru bukanlah masalah ringan, risikonya bisa sangat berbahaya apabila tidak mendapatkan penanganan secara khusus. Secara umum penyakit paru-paru memang bisa dialami oleh semua orang tanpa terkecuali. Oleh karena itu sebaiknya setiap orang punya cara tersendiri untuk selalu menjaga organ vital di dalam tubuh itu. Paru-paru adalah organ tubuh yang sangat penting, karena bertugas sebagai pembawa oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida yang masuk ke dalam tubuh. Jika paru-paru tidak bisa berfungsi dengan baik, tentunya akan ada berbagai masalah kesehatan yang bisa terjadi.

Pada paru-paru terdiri dari banyak bagian, dan semua bagian tersebut sangat rentan rusak karena terkena penyakit. Semua jenis penyakit paru-paru sangat membahayakan penderitanya. Secara umum masalah paru-paru ini bisa mengganggu jalannya napas dari tenggorokan. Oleh karena itu gejala umum yang biasanya dialami oleh penderita penyakit paru adalah berupa sesak napas atau gangguan pernapasan. Lalu apa saja jenis penyakit paru yang perlu diwaspadai oleh semua orang? Selengkapnya simak penjelasan berikut ini.

Macam-Macam Penyakit Paru-Paru yang Perlu Diwaspadai dan Dicegah

Pada dasarnya semua penyakit perlu diwaspadai dan yang paling penting adalah perlu dicegah. Pasalnya tidak ada yang lebih baik dari mengobati selain mencegah. Oleh karena itu sudah seharusnya kita sebagai manusia selalu menjaga organ-organ tubuh kita. Tak terkecuali paru-paru yang memang menjadi salah satu organ tubuh paling vital. Secara umum ada beberapa jenis penyakit paru yang perlu Anda pahami, seperti TBC, kanker paru-paru, bronkitis, emfisema, asma, dan pneumonia. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah uraian macam macam penyakit paru paru dan pencegahannya.

  1. TBC (Tuberkulosis)

Penyakit yang satu ini adalah penyakit yang bisa menular dan sangat berbahaya. Penularannya bisa terjadi melalui percikan ludah saat penderita sedang bersin atau batuk. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. Umumnya penderita TBC akan mengalami batuk berdahak yang berlangsung lebih dari 3 minggu. Terkadang juga akan disertai dengan batuk berdarah dan berkurangnya napsu makan. Sebagai solusi menangani macam-macam penyakit paru-paru adalah dengan memeriksakan ke dokter sesegera mungkin saat mulai merasakan gejala-gejala penyakitnya.

  1. Kanker Paru-Paru

Jenis penyakit paru yang selanjutnya adalah kanker paru-paru, di mana penyakit ini sangatlah mematikan. Risiko terburuknya adalah kematian, apabila penyakitnya memang sudah terlanjur parah. Kanker paru-paru adalah salah satu jenis penyakit paru paru akibat merokok. Oleh karena itu bagi Anda para perokok, waspadalah dan segera hentikan kebiasaan buruk Anda apabila tidak ingin mengalami kanker paru-paru. Bahkan perokok pasif yang ikut menghirup asap rokok pun turut berisiko mengalami penyakit ini. Secar umum ejalanya adalah sakit pada dada, batuk berdarah, sesak napas, dan napsu makan menurun. Sebagai solusinya, penderita kanker paru-paru harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan menghentikan kebiasaan merokok.

  1. Bronkitis

Macam-macam penyakit paru-paru yang selanjutnya adalah bronkitis atau peradangan pada bronkus. Secara umum penyebab penyakit ini adalah karena adanya infeksi bakteri atau virus pada bagian paru-paru tersebut. Bronkitis juga merupakan penyakit paru paru akibat merokok, debu atau polutan udara. Gejala umumnya adalah batuk yang disertai demam. Biasanya batuk-batuknya juga disertai dahak berwarna kuning yang mengindikasikan adanya infeksi. Selain itu bisa juga terjadi sesak napas yang akan terus dialami dalam waktu yang lama. Sebagai solusinya, sebainya Anda lebih sering mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Jangan jadi perkok pasif apalagi perokok aktif.

  1. Emfisema

Penyakit paru yang satu ini diakibatkan karena hilangnya keelastisan alveolus. Di mana alveolus sendiri merupakan bagian gelembung-gelembung pada paru-paru. Secara umum penderita emfisema memiliki volume paru-paru yang lebih besar ketimbang orang normal. Penyebabnya mirip dengan penyebab macam-macam penyakit paru-paru, yaitu karena asap rokok. Namun biasanya yang menjadi penyebab utama adalah kekurangan enzim alfa-1. Gejalanya bisa berupa sesak napas dalam jangka waktu yang lama. Berat badan pun akan menurun karena napsu makan yang berkurang. Solusi terbaik untuk mencegah penyakit emfisema adalah dengan menghindari asap rokok.

  1. Asma

Asma adalah penyakit yang sudah sangat umum diketahui masyarakat. Penyebabnya adalah penyempitan sementara pada bagian saluran pernapasan. Itulah yang membuat penderita asma biasanya akan mengalami sesak napas. Secara umum penyakit ini bisa disebabkan karena faktor keturunan. Namun asma juga bisa terjadi akibat adanya perubahan suhu, gerak badan yang berlebihan atau ketegangan emosi. Penderita asma biasanya akan menunjukkan gejala sesak napas dan mengi. Dan untuk mengatasi masalah penyakit tersebut, hindarilah berbagai penyebab alergi yang bisa memicu asma.

  1. Pneumonia

Macam-macam penyakit paru-paru yang terakhir adalah penumonia, di mana penyakit ini merupakan suatu penyakit yang diakibatkan oleh adanya infeksi pada jaringan paru atau parenkim. Infeksi tersebut umumnya disebabkan oleh virus, bakteri atupun jamur. Namun pneumonia yang paling sering terjadi adalah diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri Mycoplasma pneumoniae dan streptokokus. Gejala umumnya adalah batuk berdahak yang warnanya kuning kental. Penderita juga bisa mengalami sesak napas dan merasa nyeri pada dadanya. Jika Anda tidak ingin menderita pneumonia, usahakan selalu menjaga kebersihan tubuh dan tangan, terutama saat ketika makan. Berolahragalah secara teratur dan selalu penuhi asupan gizi yang cukup setiap harinya.

Macam Macam Penyakit Paru Paru dan Pencegahannya

Di atas tadi kami sudah menjelaskan mengenai macam-macam penyakit paru-paru dan bagaimana solusi pencegahannya. Namun demikian, sebenarnya ada hal-hal lebih umum yang perlu Anda ketahui untuk bisa menjaga kondisi kesehatan paru-paru Anda. Secara umum kesehatan paru-paru bisa dijaga dengan menghindari paparan zat klorin. Di mana zat ini biasanya terdapat pada makanan-makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Bahkan Anda juga harus mewaspadai air keran karena zat klorin juga banyak terdapat di sana. Sebagai solusinya mungkin Anda bisa memasang filter pada keran rumah anda.

Selain itu sebagai langkah pencegahan macam-macam penyakit paru-paru Anda juga disarankan mengurangi konsumsi makanan pencetus lendir. Contohnya seperti coklat atau jenis-jenis makanan lain yang mengandung gula. Bukan hanya itu, namun lebih baik hindari terlalu sering mengonsumsi minuman dan makanan dingin, karena perlu Anda ketahui bahwa jaringan paru-paru sangatlah sensitif terhadap suhu dingin. Kalau Anda ingin terhindar dari penyakit paru, Anda juga bisa mengoptimalkan pernapasan dari hidung karena di dalam hidung terdapat filter yang bisa menyaring udara yang masuk.

Hindari juga kondisi stres karena stres merupakan salah satu akar permasalahan yang bisa memicu berbagai macam penyakit termasuk macam-macam penyakit paru-paru. Itu tadi adalah penjelasan singkat mengenai macam macam penyakit paru paru dan pencegahannya yang mungkin bisa menambah wawasan serta pengetahuan Anda. Dan semoga setelah membaca artikel ini, Anda bisa lebih menjaga kondisi kesehatan paru-paru Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *