invisible hit counter

Follow US

Macam-Macam Obat Panu Tradisional yang Manjur

Macam-Macam Obat Panu Tradisional yang ManjurMengobati panu dengan obat panu tradisional sebenarnya tidak kalah manjur dengan obat-obatan yang dijual bebas di pasaran. Namun demikian, masih banyak orang yang belum tahu mengenai apa resep obat tradisional untuk mengobati panu. Apalagi saat ini semakin banyak iklan atau promosi mengenai cara mengobati panu dengan berbagai produk. Tapi sebenarnya obat-obatan kimia lebih berisiko membuat kulit iritasi. Jadi ada baiknya jika mungkin Anda memilih obat tradisional untuk mengobati panu. Panu? Seberapa jauh Anda tahu tentang panu? Apakah benar obat panu tradisional paling mujarab bisa menghilangkan panu secara cepat?

Faktanya panu atau panau atau tinea adalah masalah pada kulit yang diakibatkan oleh jamur. Jamur bernama Candida akan menyebabkan timbulnya bercak berwarana putih, coklat atau kemerahan di permukaan kulit. Bukan hanya warnanya saja yang mengganggu. Akan tetapi panu ini bisa menyebabkan gatal-gatal dan nyeri, terlebih saat tubuh Anda berkeringat. Begitu menyebalkannya masalah panu sehingga membuat semua orang ingin mengobati panu secara cepat. Dan berikut ini adalah beberapa contoh obat tradisional untuk mengobati panu yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Obat Panu Tradisional yang Mudah Dibuat

Meskipun banyak cara mengobati panu dengan produk-produk yang dijual bebas di pasaran, tapi tidak ada salahnya juga kalau Anda mempelajari bagiamana cara membuat obat panu yang tradisional. Pasalnya obat panu yang dijual di pasaran belum tentu bisa mengatasi panu dengan cepat. Bahkan terkadang ada yang proses penyembuhannya terbilang lama. Sejak zaman dahulu, sebenarnya ada banyak bahan-bahan herbal yang bisa Anda olah menjadi obat panu tradisional paling mujarab. Contohnya seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

  1. Bawang Putih

Bahan herbal yang pertama adalah bawang putih, bahan yang diketahui memiliki kandungan anti-bakteri dan bisa membunuh berbagai jenis jamur di kulit. Untuk cara membuat obat panu tradisional dari bawang putih, sediakan 1 siung bawang putih dan potong menjadi dua. Gunakan area bawang putih yang terpotong untuk dioleskan pada kulit yang berpanu. Rasanya memang sedikit perih dan bisa membuat kulit agak memerah. Tunggu sampai rasa perihnya menghilang, lalu oleskan lagi. Dengan bawang putih, biasanya panu akan hilang dalam sehari.

  1. Lengkuas

Cara menghilangkan panu dengan obat tradisional yang kedua adalah dengan lengkuas. Dengan bahan herbal yang satu ini Anda bisa membuat obat tradisional yang bisa efektif mengatasi panu. Pasalnya lengkuas punya kandungan senyawa kuersetin, amilum dan flavonoid. Di mana ketiga senyawa itu bisa mengatasu bakteri dan jamur. Cara penggunaan obat panu tradisional yang satu ini, belah 1 lengkuas, lalu taburkan sedikit garam pada area lengkuas yang terpotong tadi. Lalu gosokkan ke permukaan kulit yang terkena panu sebanyak 3 kali sehari sampai panu menghilang.

  1. Belimbing Wuluh

Selain dengan dua cara di atas, Anda juga bisa memanfaatkan belimbing wuluh untuk membuat obat panu tradisional. Cara ini tidak akan terasa pedih seperti saat dioleskan bawang putih atau lengkuas. Obat ini bisa dibilang cara halus untuk mengobati panu. Lama pengobatannya biasanya sampai 2 atau 3 hari. Bahan yang Anda butuhkan adalah belimbing wuluh dan kapur sirih. Cara pengobatannya adalah, tumbuk belimbing wuluhnya sampai halus. Setelah itu campurkan kapur sirih secukupnya. Gunakan obat tersebut untuk dioleskan pada bagian kulit yang ada panunya. Setelah itu basuh dengan air bersih.

  1. Jeruk Nipis

Obat panu tradisional yang selanjutnya bisa Anda buat dari jeruk nipis yang dicampur belerang. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui sebelumnya, jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Ditambah lagi dengan kandungan mineral pada belerang yang dipercaya bisa membunuh bakteri dan jamur yang ada pada kulit, termasuk jamur penyebab panu. Cara pembuatan obat panu tradisional paling mujarab dari jeruk nipis dan belerang ini cukup mudah. Pertama tumbuk dulu belerang dengan takaran secukupnya sampai halus. Lalu campurkan dengan perasan jeruk nipis. Aduk-aduk sampai merata, lalu gunakan untuk dioleskan pada kulit yang berjamur. Cara ini cukup efektif untuk mengobati panu dalam waktu 2-3 hari.

Penyebab Timbulnya Panu yang Perlu Dihindari

Seperti penyakit pada umumnya, panu juga bisa dipicu oleh berbagai macam hal. Dan supaya tidak terkena penyakit panu yang menyebalkan, Anda perlu menghindari dan mewaspadai beberapa hal. Pasalnya jika sudah membandel, panu pasti akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan supaya tidak terkena panu.

Pertama, selalu simpan baju dan celana Anda di tempat yang tidak terlalu lembab. Pasalnya baju yang disimpan di tempat yang lembab bisa menyerap air dan bisa menyebabkan timbulnya jamur manu. Akhirnya saat dipakai, jamur panu bisa menempel di kulit dan menyebabkan panu. Panu juga bisa disebabkan oleh pakaian yang menyerap air keringat dari tubuh Anda. Hal ini biasanya terjadi pada seragam sekolah. Sepulang sekolah, badan Anda pasti berkeringat dan keringat tersebut akan diserap oleh kain seragam. Dan seragam tersebut bisa memicu timbulnya jamur jika dipakai lagi.

Bukan hanya itu saja, tapi panu juga bisa dipicu oleh kebiasaan berjemur di bawah terik matahari langsung. Paslanya kebiasaan tersebut bisa menimbulkan jamur. Kebiasaan lain yang juga bisa menjadi pemicu jamur adalah sering berganti handuk atau meminjam handuk dari orang lain. Usahakan Anda mempunyai handuk pribadi dan sering dicuci atau dijemur. Panu juga bisa ditimbulkan karena gesekan sesama kulit. Misalnya diantara paha orang-orang yang bertubuh gemuk.

Tips Supaya Terhindar Dari Panu yang Menyebalkan

Penyakit itu lebih baik dihindari atau dicegah, ketimbang diobati. Apakah Anda setuju? Setelah mengetahui beberapa macam obat panu tradisional dan penyebab-penyebab timbulnya panu, mulai sekarang Anda harus lebih waspada. Terutama mewaspadai berbagai macam penyebab timbulnya panu. Lalu bagaimana cara supaya bisa terhindar dari panu yang menyebalkan?

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah selalu mandi secara teratur. Minimal mandi 3 kali dalam sehari. Tujuannya adalah supaya tubuh Anda tetap bersih dari kuman, bakteri, kotoran, atau jamur-jamur yang menempel di permukaan kulit. Selain itu usahakan jangan terlalu lama berada di bawah sinar matahari langsung. Seperti yang tadi sudah kami sampaikan, hal itu bisa memicu timbulnya jamur penyebab panu. Selain itu jangan pakai baju yang terlalu ketat, tapi pilih baju yang bisa menyerap keringat. Jangan juga terlalu sering menggunakan handuk milik orang lain supaya terhindar dari risiko timbulnya panu.

Demikian penjelasan singkat yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana cara membuat obat panu tradisional dan cara menghindari panu. Semoga setelah ini tubuh Anda terbebas dari panu yang menyebalkan dan bisa menjaga kulit tubuh Anda supaya tetap sehat. Sekian dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *