invisible hit counter

Follow US

Macam-Macam Gejala Hamil Minggu Pertama dan Cara Memastikannya

Macam-Macam Gejala Hamil Minggu Pertama dan Cara MemastikannyaBagi Anda yang ingin mengetahui gejala hamil minggu pertama, sebenarnya ada banyak faktor yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Mungkin sebagian besar orang beranggapan pertanda mual-mual setelah melakukan hubungan badan dengan pasangan bisa dikatakan sebagai gejala hamil. Padahal tidak selalu pertanda seperti itu mengindikasikan bahwa seorang wanita sedang hamil. Oleh karena itu dibutuhkan pengetahuan tambahan supaya Anda bisa lebih memahami yang mana gejala hamil dan yang mana gejala penyakit biasa.

Secara umum ada beberapa tanda awal kehamilan minggu pertama yang bisa Anda ketahui baik secara medis ataupun secara non medis. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak Anda memahami berbagai gejala kehamilan di minggu-minggu pertama secara non medis dan bagaimana cara memastikan kehamilan Anda secara medis. Pengetahuan dasar ini cukup penting untuk Anda pelajari terutama bagi Anda yang ingin segera menjadi seorang ibu. Pasalnya kehamilan memang menjadi masa yang paling ditunggu oleh semua pasangan di dunia. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan singkat yang telah kami rangkum berikut ini.

Berbagai Gejala Hamil Minggu Pertama Secara Non Medis

Yang kami maksudkan sebagai gejala hamil secara non medis adalah tanda-tanda yang bisa diperkirakan tanpa harus melakukan pemeriksaan medis terlebih dahulu. Seperti misalnya gejala mual dan muntah yang mungkin memang ada penjelasan medisnya. Namun demikian tanda kehamilan tersebut bisa dideteksi tanpa harus melakukan pemeriksaan medis terlebih dahulu. Akan tetapi yang perlu Anda perhatikan adalah tidak semua gejala non medis bisa akurat 100 persen menandakan bahwa seorang wanita sedang hamil. Maka dari itu perlu dilakukan pemastian dengan cara medis terlebih dahulu supaya Anda bisa lebih yakin bahwa tanda awal kehamilan minggu pertama itu benar adanya.

Lalu bagaimana gejala hamil seminggu yang biasa dialami oleh wanita? Pertama, biasanya justru bukan pertanda muntah dan mual atau telat haid. Melainkan adanya bercak darah atau pendarahan ringan. Hal ini umumnya terjadi karena pada rahim sedang terjadi implantasi janin. Pendarahan ringan ini disebut dengan implantation bleeding, di mana gejala ini bisa terjadi selama proses implantasi calon janin pada dinding rahim. Sama halnya seperti haid, hanya saja darah yang keluar hanya berupa bercak saja.

Implantasi calon janin pada dinding rahim juga bisa menyebabkan gejala hamil minggu pertama berupa kram perut atau sakit perut. Jika Anda sering merasakan kram perut seminggu atau beberapa waktu setelah Anda dan pasangan Anda melakukan hubungan badan, bisa jadi gejala tersebut merupakan gejala hamil. Namun Anda tidak perlu khawatir karena hal ini memang sudah cukup wajar terjadi pada wanita yang baru saja hamil. Setelah beberapa waktu mengalami kondisi tersebut, bisa jadi gejala selanjutnya adalah terlambat datang bulan atau haid.

Bagi seorang ibu hamil muda, gejala telat datang bulan ini diakibatkan oleh ovarium yang sudah terbuahi. Dengan demikian tidak akan ada lagi ovarium yang dikeluarkan dari tubuh. Hal itulah yang membuat wanita hamil akan mengalami terlambat haid atau menstruasi. Namun jika Anda tidak mengalami pendarahan implantasi atau kram perut, ada kemungkinan juga bahwa kondisi telat datang bulan tersebut adalah gejala masalah lain. Pasalnya siklus haid wanita juga bisa dipengaruhi oleh berbagai masalah lain, salah satunya adalah kondisi psikologis. Akan tetapi tidak ada salahnya juga jika Anda melakukan pemeriksaan medis lebih lanjut untuk memastikan kehamilan Anda. Yang paling sederhana adalah dengan menggunakan test pack kehamilan. Bagaimana cara menggunakannya? Nanti akan kami bahas pada poin berikutnya.

Secara fisik, gejala hamil minggu pertama yang dialami oleh wanita biasanya adalah perubahan bentuk dan ukuran payudara. Biasanya payudara wanita yang baru saja hamil akan menjadi lebih besar dan lebih sensitif. Bahkan jika Anda raba, maka Anda bisa merasakan bahwa payudara Anda terasa lebih lembut dan empuk. Namun demikian apabila tersentuh akan menjadi lebih sensitif atau tidak nyaman. Ukuran puting payudara juga akan membesar seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini dikarenakan terjadinya perubahan hormon yang ada pada tubuh seorang wanita hamil.

Selain itu gejala morning sickness atau mual-mual yang terjadi pada pagi hari juga bisa menjadi salah satu indikasi kehamilan di minggu-minggu pertama. Meskipun dinamakan morning sickness, namun terkadang kondisi ini bisa terjadi sepanjang hari dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal lain yang juga bisa mengganggu aktivitas Anda adalah frekuensi buang air kecil yang meningkat. Hal ini dikarenakan kandung kemih yang mulai tertekan oleh rahim karena ukuran rahim mulai membesar. Kondisi ini biasanya terjadi pada awal masa kehamilan selama 1 minggu pertama sampai minggu ke-12. Namun biasanya berlanjut lagi pada minggu-minggu ke-28. Jika Anda mulaai merasakan gejala hamil minggu pertama seperti itu, sebaiknya Anda perbanyak istirahat karena kondisi fisik Anda juga akan lebih mudah lelah.

Tips Menggunakan Test Pack Kehamilan

Setelah tadi Anda memahami tentang apa saja tanda awal kehamilan minggu pertama yang sering dialami oleh wanita, Anda juga harus tahu bagaimana cara memastikan gejala tersebut. Bisa saja gejala-gejala yang Anda alami hanyalah indikasi adanya penyakit ringan, bukan kehamilan. Oleh karena itu pemeriksaan lebih lanjut sangat dibutuhkan supaya Anda bisa tahu apakah Anda sedang benar-benar hamil atau tidak. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan test pack. Sebuah alat untuk memeriksa kehamilan menggunakan media urine.

Oleh karena itu alat ini digunakan untuk pengecekan pribadi. Jadi Anda tidak perlu repot melakukan tes kehamilan di rumah sakit atau dokter kandungan. Bahkan dokter kandungan pun masih menggunakan test pack sebagai alat untuk memastikan kehamilan. Lagipula alat ini juga sangat mudah didapatkan di apotek-apotek terdekat. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Sebelum Anda menggunakan test pack, sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu apakah alat tersebut sudah kadaluarsa atau belum. Setelah itu baca petunjuknya dengan teliti supaya Anda tidak salah mengartikan tanda-tandanya. Sebelumnya terlebih dahulu minum sedikit air putih. Jangan lupa cuci tangan Anda dengan sabun, lalu ambil test pack kehamilan dari bungkusnya. Untuk memeriksa gejala hamil minggu pertama, celupkan alat tersebut pada urin yang sudah Anda tampung pada wadah. Celupkan selama 10 detik lalu angkat dan tunggu hasilnya. Jika yang muncul adalah satu garis, maka Anda negatif hamil. Sedangkan jika muncul dua garis, maka Anda positif hamil. Yang perlu menjadi perhatian Anda adalah, sebaiknya gunakan urine Anda yang keluar di pagi hari.

Itu tadi adalah sedikit pengetahuan mengenai gejala hamil minggu pertama yang perlu Anda pahami terutama bagi para calon ibu. Jadi mulai sekarang tidak ada kesalahpahaman lagi mengenai tanda-tanda kehamilan. Demikian informasi singkat yang bisa kami sampaikan, semoga bisa menambah wawasan dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *