invisible hit counter

Follow US

Macam-Macam Buah Penambah Darah untuk Mencegah Anemia

Macam-Macam Buah Penambah Darah untuk Mencegah AnemiaSalah satu cara untuk mengatasi kekurangan sel darah merah atau hemoglobin adalah dengan mengonsumsi buah penambah darah. Jenis buah-buahan tersebut diketahui bisa mengatasi masalah anemia atau kekurangan sel darah merah. Masalah ini tidak bisa dianggap sepele, pasalnya sel darah merah atua hemoglobin berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Apabila jumlah sel darah tidak mampu memenuhi kebutuhan tubuh, akibatnya banyak gejala-gejala yang akan dialami oleh penderitanya.

Mungkin selama ini memang banyak dijual obat-obatan kimia penambah darah. Harganya pun terjangkau dan mudah didapatkan di apotek atau di toko-toko. Namun demikian kalau ada yang alami, mengapa harus menggunakan obat-obatan kimia? Buah buahan penambah darah juga bukan hanya bisa menambah darah saja. Namun kandungan-kandungannya juga bisa ikut menjaga kesehatan tubuh. Bukan hanya untuk mengatasi, tapi juga Anda juga mencegah anemia dengan rajin mengonsumsi buah. Apalagi mengingat anemia bisa berisiko menyebabkan penyakit jantung. Berbahaya sekali, bukan? Lalu jenis buah-buahan apa saja yang disarankan untuk mencegah anemia? Berikut penjelasan selengkapnya.

Mencegah Anemia Secara Alami dengan Mengonsumsi Buah Penambah Darah

Bagi Anda yang ingin mengetahui apakah Anda dikategorikan kekurangan darah atau tidak, Anda harus mengukur hemoglobin Anda sendiri. Bagi laki-laki, anemia ditandakan dengan hemoglobin kurang dari 13,5 g/dl dan hematrokit kurang dari 40%. Sedangkan bagi perempuan, anemia ditandai dengan hemoglbin kurang dari 11,5 g/dl dan hematrokit kurang dari 36 %. Kondisi ini harus segera diatasi, yakni dengan mengasup protein dan zat besi. Bisa saja Anda mengonsumsi obat-obatan penambah darah. Namun lebih disarankan untuk melakukan dengan cara yang alami, yaitu dengan mengonsumsi buah buahan penambah darah seperti berikut ini.

  1. Apel

Buah penambah darah yang pertama adalah apel, salah satu buah terfavorit kebanyakan orang yang kaya akan zat besi. Seperti yang tadi sudah kami sampaikan, anemia bisa diatasi dengan mengonsumsi zat besi. Oleh karena itu saat Anda mulai mengalami gejala-gejala anemia, rajin-rajinlah mengonsumsi buah yang mengandung zat besi, salah satunya adalah buah apel. Bukan hanya mengandung zat besi, tapi apel juga mengandung banyak vitamin yang cocok untuk menjaga kesehatan tubuh.

  1. Melon

Buah dengan daging berwarna hijau keputihan ini rasanya manis dan menyegarkan karena memiliki kandungan air hingga 90%. Bukan hanya menyegarkan di tenggorokan, tapi mengonsumsi buah melon bisa menenangkan perut. Melon ini punya kandungan vitamin A yang tinggi. Di mana fungsi vitamin A di dalam tubuh adalah untuk mengoptimalkan kinerja zat besi supaya bisa memproduksi hemoglobin. Kandungan vitamin A yang tinggi juga bisa Anda dapatkan dari buah penambah darah lainnya seperti semangka, mangga atau aprikot.

  1. Kurma

Siapa bilang kurma hanya bagus sebagai menu berbuka puasa saja. Faktanya, kurma juga bagus dikonsumsi secara rutin untuk berbagai macam manfaat. Kurma diketahui memiliki kandungan vitamin B kompleks yang cukup tinggi. Di mana vitamin B kompleks juga akan membantu memproduksi kadar sel darah merah di dalam tubuh. Diantara jenis buah buahan penambah darah lain, kurma juga punya kandungan gula sederhana yang bisa menambah energi untuk tubuh.

  1. Jeruk

Jeruk mungkin memang dikenal sebagai buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Tapi ternyata jeruk juga menjadi buah penambah darah yang mengandung zat besi cukup tinggi. Vitamin C akan membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh, ditambah dengan zat besi yang akan membuat produksi hemoglobin atau sel darah merah semakin lancar. Selain jeruk, Anda juga bisa menemukan kandungan vitmain C dan zat besi pada buah strawberry.

  1. Alpukat

Buah alpukat ini sangat cocok dikonsumsi oleh para penderita anemia ataupun hipotensi. Pasalnya selain banyak mengandung nutrisi penting untuk tubuh, buah penambah darah yang satu ini juga merupakan sumber zat besi yang baik. Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang juga bisa membantu menjaga kondisi kesehatan tubuh. Anda bisa mengonsumsi buah alpukat secara langsung, dibuat jus atau dengan cara lain yang Anda suka.

  1. Pisang

Buah buahan penambah darah berikutnya adalah pisang, buah yang kaya akan vitamin dan mineral penting untuk tubuh. Termasuk kandungan zat besi yang akan membantu mengoptimalkan produksi hemoglobin di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi satu buah pisang per hari secara rutin, bukan hanya bisa mengatasi dan mencegah anemia saja, tapi Anda juga bisa menikmati manfaat kesehatan buah pisang yang lainnya.

  1. Delima

Selanjutnya ada buah delima, buah yang satu ini diketahui memiliki kandungan zat besi, protein dan kalsium yang tinggi. Sesekali Anda bisa mengonsumsi buah delima untuk mencegah terjadinya anemia. Bukan hanya tiga kandungan itu saja, namun masih banyak vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah delima. Maka dari itu jangan heran kalau delima menjadi salah satu jenis buah penambah darah ini cukup direkomendasikan untuk para penderita anemia dan hipotensi.

Faktor Penyebab dan Gejala Anemia yang Perlu Diwaspadai

Mengonsumsi buah sebenarnya bukan perkara yang sulit atau berat untuk dilakukan. Tapi banyak sekali orang yang menyepelekan hal ini sehingga terjadi berbagai masalah kesehatan di dalam tubuhnya, termasuk anemia. Anemia atau kekurangan sel darah merah bisa terjadi karena beberapa hal. Pertama dan yang paling sering terjadi, anemia terjadi karena kurangnya asupan gizi terutama zat besi. Gaya makan yang sembarangan bisa menyebabkan Anda sangat berisiko mengalami anemia.

Bukan hanya itu saja, karena ada juga beberapa masalah lain yang memicu anemia. Diantarnaya adalah menstruasi, kehamilan, gangguan kesehatan pada usus kecil, atau bahkan penyakit kronis seperti gagal ginjal, gagal hati ataupun kanker. Bahkan anemia ini juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan. Jadi kalau dalam silsilah keluarga Anda ada yang menderia anemia, Anda pun berisiko terkena anemia meskipun terkadang prosentasenya tidak besar. Tapi yang terpenting adalah Anda selalu menjaga kesehatan Anda dengan cara mengonsumsi buah penambah darah seperti yang tadi sudah kami jelaskan.

Anda juga harus mulai waspada jika Anda mulai merasa mudah lelah, sering mual, kelopak mata terlihat pucat, sering sakit kepala, denyut jantung tidak teratur, sesak napas, wajah pucat, bahkan hingga ujung-ujung jari pun terlihat pucat. Bisa jadi itu adalah gejala awal kekurangan darah atau anemia. Sebagai pertolongan pertama, Anda bisa mengonsumsi buah buahan penambah darah. Namun jika kondisi Anda semakin parah dan membuat Anda tidak nyaman, lebih baik segera periksakan kesehatan Anda ke dokter supaya mendapat penanganan medis lebih lanjut.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa mengonsumsi buah itu penting. Bukan hanya karena rasanya, tapi karena di dalam buah terdapat banyak kandungan nutrisi dan vitamin penting yang bagi tubuh, termasuk beberapa jenis buah penambah darah tadi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *