invisible hit counter

Follow US

Lebih Jauh Mengenai Kadar Gula Darah Normal dalam Tubuh Manusia

Lebih Jauh Mengenai Kadar Gula Darah Normal dalam Tubuh ManusiaBanyak orang bertanya tentang berapakah kadar gula darah normal dalam tubuh manusia dan apakah pentingnya kadar gula ini bagi kesehatan kita? Kadar gula darah memang merupakan salah satu indikator laboratorium yang sering diperiksa guna mengecek tingkat glukosa (hasil metabolisme karbohidrat) di dalam darah. Kadar glukosa atau gula dalam darah ini memang memiliki nilai yang berbeda tergantung pada saat apa pemeriksaannya dilakukan. Karena merupakan hasil metabolisme karbohidrat yang kita konsumsi dari makanan, tentu saja kadar gula darah normal manusia akan lebih tinggi setelah makan dibanding saat kita berpuasa.

Kadar gula darah sendiri memegang peranan penting dalam diagnosis penyakit diabetes mellitus atau kencing manis, yang mana pada penyakit tersebut terdapat gangguan penggunaan glukosa oleh sel yang disebabkan karena glukosa tersebut tidak dapat masuk ke dalam sel. Di dalam artikel ini kita akan bersama-sama membahas kadar gula darah normal dan bagaimana prosedur pemeriksaannya.

Tahukah Anda Berapa Kadar Gula Darah Normal?

Kadar gula normal sendiri ditentukan melalui hasil pemeriksaan darah dan kemudian dibandingkan dengan acuan yang diambil dari badan kesehatan dunia yakni WHO. Peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh kita dapat mengacu kepada kelainan metabolisme terutama penyakit kencing manis. Di bawah ini adalah nilai ukuran kadar gula darah normal berdasarkan jenis pemeriksaan darah yang dilakukan.

  • Kadar gula darah sewaktu

Kadar gula darah sewaktu yang normal menurut WHO adalah di bawah 200 mg/dL, akan tetapi kadar gula darah ini kurang memberi arti bermakna karena prosedurnya yang tidak memperhatikan waktu makan. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan pada kondisi gawat darurat untuk melihat adakah pengaruh kadar gula darah pada pasien yang tiba-tiba mengalami gangguan kesadaran.

  • Kadar gula darah puasa

Pemeriksaan gula darah inilah yang paling sering digunakan untuk menghitung kadar gula darah normal pada seorang pasien. Menurut WHO kadar gula darah puasa normal pada seseorang adalah kurang dari 100 mg/dL, dimana jika hasil pemeriksaan gula darah puasa anda berada di antara 100-126 mg/dL maka anda dapat digolongkan kepada pasien pre-diabetes.

Selain itu, kelainan pre-diabetes ini juga dikenal dengan istilah GDPT (Gula Darah Puasa Terganggu) yang dapat ditegakkan dengan melihat hasil pemeriksaan gula darah dimana hasil gula darah 2 jam setelah makan berada di bawah 140 mg/dL dengan hasil pemeriksaan gula darah puasa diantara 100-126 mg/dL. Pasien pre-diabetes ini sendiri diminta untuk melakukan perubahan gaya hidup dan pola makan yang sehat guna mencegah terjadi diabetes di kemudian hari. Jika dari pemeriksaan darah hasil gula darah puasa anda berada di atas 126 mg/dL maka bisa dipastikan anda mengalami penyakit diabetes mellitus dan memerlukan terapi obat-obatan.

  • Kadar gula darah 2 jam setelah makan (2JPP)

Selain dua jenis kadar gula darah di atas, terdapat satu lagi pemeriksaan kadar gula darah yang sering diperiksa oleh dokter yakni pemeriksaan gula darah 2 jam setelah makan (2JPP). Kadar gula darah normal manusia dari pemeriksaan gula darah 2JPP ini adalah di bawah 140 mg/dL. WHO menentukan bahwa penegakkan diagnosis diabetes mellitus akan sangat mungkin terjadi jika hasil pemeriksaan gula darah 2 jam setelah makan lebih dari 200 mg/dL.

Selain itu di dalam dunia medis terdapat kondisi pre-diabetes yang dikenal dengan istilah TGT (Toleransi Glukosa Terganggu) yang ditegakkan jika hasil pemeriksaan gula darah 2 jam setelah makan berada di antara 140-199 mg/dL. Pasien yang mengalami Toleransi Glukosa Terganggu ini juga memerlukan edukasi baik dalam perubahan gaya hidup maupun pola makan sehingga tidak jatuh ke dalam diabetes mellitus.

Bagaimana Cara Menghitung Kadar Gula Darah Normal?

Setelah membahas nilai normal kadar gula darah di dalam tubuh, sekarang kita akan membahas mengenai pemeriksaannya. Seperti sudah dibahas sebelumnya, pemeriksaan kadar gula darah normal ini dilakukan melalui pemeriksaan darah. Pemeriksaannya terdiri dari 3 jenis pemeriksaan yang berbeda prosedurnya sesuai dengan nilai acuan yang diberikan oleh WHO di atas.

  • Pemeriksaan gula darah sewaktu

Pemeriksaan ini adalah pemeriksaan yang paling mudah dilakukan dimana saja asalkan anda memiliki alat yang dibutuhkan, bahkan beberapa pabrik alat kesehatan sudah mempromosikan alat kesehatan untuk mengukur kadar gula darah sewaktu di rumah. Selain itu, pemeriksaan ini tidak membutuhkan waktu yang lama.

Akan tetapi seperti sudah dibahas di atas, bahwa pemeriksaan ini kurang bermakna dikarenakan prosedurnya yang dilakukan sewaktu. Kapan saja bisa dilakukan tanpa mempedulikan waktu makan terakhir, sehingga hasilnya sangat mudah dipengaruhi oleh berbagai hal.

  • Pemeriksaan gula darah puasa

Tentu dari namanya saja, kita bisa mengetahui bahwa pemeriksaan ini dilakukan setelah seseorang berpuasa. Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan kadar gula darah normal yang paling dipercaya karena hasilnya yang tidak dipengaruhi oleh asupan makanan. Pada pemeriksaan ini, prosedur pemeriksaan dilakukan setelah pasien berpuasa selama 8 jam.

  • Pemeriksaan gula darah 2 jam setelah makan

Prosedur pemeriksaan gula darah 2 jam setelah makan ini juga dilakukan setelah seorang pasien berpuasa selama 8 jam, akan tetapi yang membedakannya dari pemeriksaan gula darah puasa adalah setelah berpuasa 8 jam anda akan diberi minuman dengan kandungan gula tertentu di dalamnya. Setelah minum minuman tersebut, anda diminta untuk berpuasa kembali selama 2 jam lalu diperiksa kadar gula darahnya.

Pentingkah Mempertahankan Kadar Gula Darah?

Gula merupakan bahan yang dibutuhkan oleh setiap sel di dalam tubuh kita untuk hidup, terutama otak. Otak menggunakan glukosa atau gula sebagai satu-satunya sumber energi, sehingga anda pasti pernah merasa pusing atau nyeri kepala jika belum mengkonsumsi makanan dalam kurun waktu yang cukup lama. Oleh karena itu kita perlu mempertahankan kadar glukosa yang optimal untuk mempertahankan semua proses metabolisme sel terutama kerja otak kita.

Untuk mempertahankan kadar gula darah bagi kita yang tidak mengalami penyakit diabetes mellitus, sangatlah mudah. Tentu saja, kita hanya perlu makan ataupun minum minuman manis jika kita belum mengkonsumsi makanan dalam jangka waktu yang cukup lama. Selain itu kita tidak perlu khawatir karena tubuh kita memiliki gudang penyimpanan makanan yang bisa sewaktu-waktu dipakai jika asupan dari luar sangat kurang.

Berbeda dengan kita, pasien-pasien diabetes mellitus memiliki aturan tersendiri untuk mempertahankan gula darah normal di dalam tubuhnya. Hal yang pertama harus dilakukan adalah teratur mengkonsumsi obat yang diberikan. Konsumsi obat ini berguna untuk menurunkan kadar gula darah yang tinggi pada pasien diabetes mellitus. Selain minum obat teratur, berolahraga yang sesuai dan menjaga pola makan sesuai dengan pola makan pasien diabetes akan sangat membantu menjaga gula darah tetap stabil.

Demikianlah artikel mengenai kadar gula darah yang normal pada manusia ini ditulis, semoga bermanfaat bagi kita semua!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *