invisible hit counter

Follow US

Ketahui Lebih Banyak Mengenai Obat Batuk Tradisional untuk Dewasa

Ketahui Lebih Banyak Mengenai Obat Batuk Tradisional untuk DewasaPengetahuan mengenai obat batuk tradisional untuk dewasa dapat menjadi bekal ilmu bagi kita semua, terutama karena penyakit ini sering mampir di kehidupan kita sehari – hari.

Mari Berkenalan dengan Penyakit Batuk

Meski terasa mengganggu, batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh yang penting. Tenggorokan dan saluran napas mutlak harus steril atau bebas dari kotoran apapun. Tanpa batuk, manusia rentan terkena infeksi saluran nafas bawah yang sangat berbahaya. Mekanisme batuk membantu kita mengeluarkan cairan alami yang dikeluarkan tenggorokan untuk memerangkap debu dan kotoran udara lainnya. Batuk juga merupakan suatu refleks normal manusia bila ia tersedak makanan, minuman atau benda asing lainnya.

Untuk mempermudah menentukan penyebab, biasanya durasi gejala batuk dibagi menjadi dua, yaitu batuk akut dan kronis. Pembagian akut dan kronis tidak merujuk pada tingkat keparahan penyakit, namun kepada berapa lama seseorang tersebut telah menderita batuk.

Batuk akut merupakan batuk yang terjadi kurang dari tiga minggu. Batuk yang akut paling sering disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri pada saluran nafas. Hal lain yang dapat menyebabkan batuk akut adalah ketika kita tersedak dan saat menghirup udara yang berpolusi seperti menghirup asap rokok.

Batuk kronis adalah batuk yang terjadi lebih dari delapan minggu. Batuk yang bersifat kronis dapat disebabkan oleh kondisi yang lebih berat, paling seringnya ialah penyakit jantung – paru. Misalnya gagal jantung, infeksi paru, penyakit paru karena merokok atau bisa juga karena keganasan paru. Penyakit tuberculosis atau TBC juga sering menyebabkan batuk kronis di Indonesia. Penyebab lebih ringan lainnya ialah asma, asam lambung yang naik ke kerongkongan, atau dapat pula disebabkan oleh obat darah tinggi yang mengandung captopril.

Dua Macam Batuk : Batuk Berdahak dan Batuk Kering

Gejala batuk dapat dibagi menjadi dua bentuk berdasarkan jenisnya, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering adalah batuk yang tidak menghasilkan dan tidak mengeluarkan dahak. Bila pun ada, cairan yang dikeluarkan sangat minimal. Batuk berdahak merupakan batuk yang menghasilkan atau mengeluarkan dahak. Dahak yang dikeluarkan dapat kental atau agak cair, berwarna bening atau kehijauan atau kekuningan.

Batuk berdahak biasa disebabkan infeksi saluran nafas. Infeksi ini dapat terjadi karena virus atau juga bakteri. Biasanya penyakit ini tidak terlalu berbahaya dan dapat sembuh sendiri, terutama bila batuk tersebut disebabkan oleh virus.

Batuk kering dapat disebabkan oleh infeksi saluran nafas bagian. Dapat juga terjadi karena variasi individu, maksudnya orang tersebut lebih sensitif terhadap udara kotor sehingga lebih sering batuk dibandingkan orang lainnya. Obat anti hipertensi yang mengandung captopril juga dapat menyebabkan batuk kering.

Tanda bahaya batuk berdahak adalah bila dahak yang dikeluarkan cukup kental, berwarna kuning abu, berbau agak busuk dan bercampur darah. Untuk batuk kering, Anda perlu berhati – hati bila batuk dalam waktu yang lama disertai penurunan berat badan. Bila menemui salah satu dari tanda di atas, maka lupakan obat batuk tradisional dan segera periksakan diri Anda ke dokter.

Obat batuk berdahak tradisional Alami yang Dapat Anda Buat Sendiri

Dibawah ini tercantum beberapa resep obat batuk tradisional untuk dewasa, terutama untuk mengatasi batuk berdahak yang dapat Anda coba buat sendiri di rumah

  • Jahe dan Madu

Untuk dahak yang sangat kental dapat dicoba ramuan ini. Caranya ialah jahe dijus lalu diambil satu cangkir, kemudian tambah 30 ml madu ke dalamnya, aduk sampai rata. Minum jus jahe tersebut.

  • Belimbing Wuluh

Ambil satu genggam bunga belimbing wuluh, campurkan dengan beberapa butir adas manis lalu tambahkan gula untuk menetralisir asam, berikan lagi satu cangkir air putih dan di tim. Setelah selesai, tiriskan ramuan, saring dan minum.

  • Asam Jawa dan Gula Merah

Cara pembuatan ramuan ini cukup mudah yaitu siapkan 10 gram daging buah asam jawa, gula merah secukupnya dan air panas satu gelas. Seduhlah daging asam jawa dengan air panas tadi dan masukkan juga gula merah secukupnya. Minum ramuan selagi panas.

  • Kencur

Ambil kencur secukupnya, kupas dan bersihkan. Lalu parut kencur sampai airnya keluar. Campurkan sari kencur tersebut dengan air dan garam, aduk hingga merata. Minum ramuan ini sebelum tidur dan setelah sarapan. Khasiat kencur sudah terkenal sejak dahulu untuk mengatasi batuk.

  • Air Garam

Campurkan 1 sendok makan air garam ke satu gelas air putih. Air garam ini bukan untuk diminum melainkan dipakai untuk berkumur. Kumurlah air garam tersebut di tenggorokan Anda. Air garam akan menarik keluar dahak kental yang mengganggu dan sulit dikeluarkan.

Obat batuk kering tradisional yang Dapat Anda Buat Sendiri

Berikut adalah daftar obat batuk tradisional untuk dewasa yang dapat dipakai untuk mengatasi batuk kering.

  • Kemangi

Caranya cukup mudah, perlu 2- 3 daun kemangi dan 1 – 2 gelas air putih. Masukkan daun kemangi ke dalam gelas tersebut lalu rebus. Setelah mendidih, tiriskan ramuan, tunggu sampai suhu menjadi hangat lalu minum.

  • Kunyit

Bahan yang diperlukan adalah kunyit yang telah ditumbuk, madu dan susu. Ambil setengah sendok teh kunyit tumbuk, masukkan ke dalam segelas susu dan tambahkan pula madu secukupnya. Aduk hingga merata, lalu diminum.

  • Daun Sirih

Ambill lima lembar daun sirih, lalu tambahkan cengkeh, kemukus, kayu manis dan kapulaga. Rebus bahan – bahan tadi dengan dua gelas air. Teruslah merebus hingga air rebusan menjadi satu setengah gelas. Angkat rebusan lalu saring. Ramuan ini diminum tiga kali sehari sebanyak satu sendok makan perkalinya.

  • Serai

Sediakan beberapa gram akar serai, cuci sampai bersih. Rebus akar serai tersebut dengan segelas air hingga 15 menit. Setelah selesai, tiriskan ramuan. Minum ramuan ini sebanyak satu gelas perhari.

  • Jeruk Nipis

Dibutuhkan setidaknya 2 butir jeruk nipis, boleh lebih. Peras jeruk nipis hingga didapatkan sarinya kurang lebih satu sendok makan. Campurkan jeruk nipis tersebut dengan madu dan air putih. Minum satu sendok teh dua kali sehari. Madu dapat diganti oleh kecap. Ramuan dapat juga diminum bila Anda hanya ingin menggunakan jeruk nipis tanpa madu atau kecap.

Obat batuk tradisional untuk dewasa dapat membantu menyembuhkan gejala batuk, namun penting pula untuk mencari penyebab batuk itu sendiri. Terutama batuk yang disebabkan oleh faktor yang dapat dihindari. Bila Anda batuk karena merokok atau menghirup asap rokok, hentikanlah kebiasaan tersebut. Bila Anda batuk karena meminum obat darah tinggi yang mengandung captopril, konsultasikan ke dokter Anda untuk mengganti jenis obat.

Penting juga diingat bila Anda batuk lebih dari delapan minggu dan tidak kunjung membaik dengan mengkonsumsi obat batuk tradisional untuk dewasa, maka berobatlah ke dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *