invisible hit counter

Follow US

Ketahui Lebih Banyak Apa Saja Penyebab Sering Sakit Kepala

Ketahui Lebih Banyak Apa Saja Penyebab Sering Sakit KepalaPenyebab sering sakit kepala merupakan hal yang banyak dipertanyakan masyarakat. Hal ini tidak heran mengingat bahwa sakit kepala merupakan hal yang sering dan selalu hampir pernah menghampiri kehidupan kita sehari-hari. Sakit kepala merupakan sensasi yang mengganggu dan dapat menghambat aktivitas harian kita. Banyak sekali penyebab sakit kepala, namun tidak semuanya merupakan kondisi yang berbahaya.

Latar Belakang Munculnya Sakit di Kepala

Sakit kepala atau nyeri kepala merupakan perasaan nyeri yang paling banyak diderita masyarakat. Sejatinya, nyeri merupakan suatu keadaan yang diciptakan oleh tubuh untuk memberitahu kita bahwa ada yang salah dengan tubuh kita. Lalu, apakah semua sakit kepala merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang terjadi pada kepala kita?

Jawabannya adalah tidak selalu. Perlu diketahui bahwa penyebab sakit kepala secara umum dapat dibagi menjadi tiga, yaitu sakit kepala yang timbul tanpa kelainan di kepala dan di anggota tubuh lainnya, sakit kepala yang timbul karena adanya kelainan di dalam kepala dan sakit kepala karena penyakit lainnya.

Penyebab Sering Sakit Kepala

Berikut akan dipaparkan beberapa penyebab sering sakit kepala di masyarakat umum

  • Sakit kepala akibat ketegangan

Bahasa Inggris dari penyakit ini ialah Tension Type headache. Penyakit ini merupakan penyebab sering sakit kepala yang paling utama. Nyeri seperti diikat, terasa seperti ditarik dan tidak berdenyut. Lokasi nyeri biasanya terjadi di seluruh kepala, namun dapat juga hanya melibatkan setengah bagian kepala. Skala nyeri biasanya ringan sampai sedang. Lama nyeri dapat 30 menit sampai 7 hari.

Sakit kepala akibat ketegangan dapat terjadi karena kelelahan dan kekakuan otot leher, pundak dan punggung atas. Nyeri pun dapat timbul karena mengikat rambut yang terlalu kencang. Keadaan stress juga dapat mencetuskan nyeri kepala. Biasanya orang yang depresi, khawatir dan cemas sering merasa sakit seperti ini.

  • Migrain

Migrain terkenal dengan istilah nyeri kepala sebelah. Nyeri biasanya memang hanya melibatkan setengah bagian kepala meski dapat juga melibatkan seluruh kepala. Sifat nyeri biasanya berdenyut. Skala nyeri biasanya sedang sampai berat. Nyeri dapat berlangsung 4 sampai 24 jam. Keluhan juga dapat disertai mual dan muntah.

Migrain dapat dicetuskan oleh cahaya terang yang biasanya berkedip – kedip, suara bising, dan alkohol. Makanan lainnya seperti keju, cokelat dan anggur merah juga dapat mencetuskan migrain. Penderita akan lebih nyaman di tempat yang sepi dan gelap.

  • Hormon

Penyebab ini secara eksklusif menyerang perempuan. Sakit kepala paling sering timbul saat menstruasi dan beberapa hari sebelum menstruasi. Nyeri timbul karena kadar hormon estrogen yang menurun pada saat menstruasi. Penelitian menunjukkan bahwa selain faktor hormonal, faktor tidur juga berperan dalam sakit kepala ini. Bagi Anda yang sering sakit kepala pada periode ini disarankan untuk memiliki waktu tidur yang cukup.

  • Sakit kepala akibat penyakit pada struktur wajah

Penyebab sering sakit kepala lainnya ialah adanya penyakit pada struktur wajah. Contoh penyakit yang paling sering ialah sakit gigi, infeksi pada sinus atau sinusitis dan gangguan pada tulang leher. Bila Anda selalu nyeri kepala dan tidak kunjung sembuh, ada baiknya bila Anda konsultasikan gigi Anda ke dokter gigi. Karena sakit kepala terjadi akibat penyakit lain, cara mengobatinya ialah mengobati penyebab dasarnya.

  • Sakit kepala akibat tekanan darah tinggi

Pemikiran mengenai hubungan antara nyeri kepala dengan tekanan darah yang tinggi sangat terkenal di masyarakat. Bahkan tak jarang orang dengan penyakit darah tinggi yang meminum obatnya hanya pada saat ia merasa sakit kepala. Namun apakah kepercayaan ini benar adanya?

Dunia kesehatan sendiri belum mengakui sepenuhnya bahwa sakit kepala dapat timbul karena tekanan darah yang tinggi. Namun pada batas tertentu, tekanan darah memang dapat menyebabkan nyeri kepala. Jadi tetap kontrol tekanan darah Anda dengan rutin.

  • Kurang tidur

Keadaan kurang tidur yang termasuk di sini ialah yang disadari dan tidak disadari. Banyaknya pekerjaan dan kebiasaan tidur malam namun harus bangun pagi dapat memicu nyeri kepala pada keesokan harinya. Mengorok keras pada saat tidur merupakan salah satu tanda bahwa Anda bisa saja kurang tidur meski Anda merasa jam tidur Anda cukup.

Mungin Anda tidak mengetahui bahwa Anda mengorok, namun teman tidur Anda lah yang biasanya menyadarinya. Biasanya mengorok disertai perasaan bangun tidur yang tidak puas, mengantuk berlebihan pada siang hari dan diikuti nyeri kepala yang terutama timbul pada pagi hari.

Perbaiki pola tidur Anda, dan bagi Anda yang mengorok berobatlah ke dokter Anda untuk mengobati kondisi tersebut.

  • Makanan dan zat yang Anda hirup

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa makanan seperti keju, cokelat dan anggur merah dapat menimbulkan nyeri kepala bagi mereka yang menderita migrain. Makanan dan minuman yang mengandung kafein menyebabkan sakit kepala terutama bagi mereka yang sensitif. Contohnya ialah kopi, teh dan cokelat pekat. Rokok juga dapat memicu timbulnya sakit kepala karena nikotin yang terkandung didalamnya. Minuman beralkohol dapat mempengaruhi pembuluh darah di otak sehingga dapat menicu nyeri kepala.

Tanda Bahaya Nyeri Kepala yang Wajib Diwaspadai

Selain penyebab sering sakit kepala di atas, ada beberapa sebab sakit kepala yang lebih berbahaya, yaitu sakit kepala yang penyebabnya lebih berbahaya bagi tubuh Anda. Penyakit yang berbahaya misalnya adalah tumor otak, perdarahan pembuluh darah otak, infeksi pada struktur otak dan gangguan elektrolit dan metabolit.

Sakit kepala menjadi wajib diwaspadai dan sebaiknya dibawa berobat ke dokter bila nyeri kepala disertai salah satu gejala di bawah ini.

  • Termasuk demam yang sangat tinggi dan riwayat demam lama yang berulang meski suhu tidak terlalu tinggi.
  • Penurunan berat badan yang cukup besar
  • Muntah yang tiba-tiba tanpa diikuti rasa mual
  • Pandangan kabur / buram
  • Pandangan ganda (melihat 1 objek sebagai 2 objek)
  • Adanya lemas tubuh sebelah kanan atau kiri
  • Merasa kesemutan atau tidak dapat merasakan sentuhan di sebelah kanan atau kiri tubuh
  • Menurunnya kesadaran, misalnya bicara kacau, tidak sadarkan diri dan terlihat selalu mengantuk
  • Sakit kepala hebat yang pertama kali dirasakan saat usia 40-an
  • Nyeri kepala yang tidak hilang saat dibawa tidur
  • Nyeri kepala yang bertambah hebat saat mengedan atau batuk
  • Nyeri kepala yang tidak hilang setelah meminum obat anti nyeri
  • Sakit kepala hebat pada ibu hamil

Kini setelah mengetahui penyebab sering sakit kepala, Anda dapat mengenali faktor yang menyebabkan sakit kepala dan menghindari hal tersebut . Bila perlu, Anda dapat mencoba mengobati sendiri dengan obat apotek seperti parasetamol atau obat anti nyeri lainnya, tentu saja dengan dosis yang sesuai dengan saran pemakaian. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah ilmu kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *