invisible hit counter

Follow US

Ketahui Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi dan Cara Mengatasinya

Ketahui Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi dan Cara MengatasinyaTimbunan kolesterol yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan penyakit berbahaya, sehingga penting diketahui bagaimana ciri-ciri kolesterol tinggi serta cara mengatasinya. Kolesterol merupakan zat jenis lemak yang diproduksi oleh hati dan masuk dalam pembuluh darah. Zat ini dalam batas normal sebenarnya berfungsi bagi tubuh karena berperan dalam proses metabolisme khususnya dalam pengangkutan protein dan melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan. Namun jika jumlahnya berlebih justru zat ini sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menimbulkan penyakit mematikan, seperti penyakit jantung dan stroke. Kolesterol yang tinggi dapat mengakibatkan timbulnya penebalan plak pada lumen pembuluh darah.

Plak yang dibentuk oleh tumpukan kolesterol tersebut, lama kelamaan akan terus menebal sehingga membuat lumen pembuluh darah semakin sempit. Selain mempersempit pembuluh darah, plak juga dapat menghambat aliran darah sepenuhnya, atau dapat juga pecah sehingga semakin menyumbat aliran darah ke suatu organ tubuh. Sumbatan tersebut jika terjadi pada pembuluh darah menuju jatung maka akan menimbulkan penyakit jantung dan jika terjadi pada pembuluh darah otak maka terjadilah stroke. Kadar kolesterol total dalam tubuh normalnya adalah kurang dari 200 mg/dL. Jika melebihi batas normal maka tubuh akan memberikan sinyal berupa gejala atau ciri-ciri tertentu.

Mengenali Ciri-Ciri Kolesterol Tinggi

Anda perlu waspada jika mengalami ciri-ciri kolesterol tinggi seperti berikut ini:

  1. Sering sakit kepala

Sakit kepala merupakan ciri-ciri kolesterol tinggi yang paling sering dialami. Kadar kolesterol yang tinggi dalam pembuluh darah membuat aliran darah ke berbagai organ tubuh menjadi terganggu, termasuk menuju ke otak. Gangguan aliran darah menuju ke otak ini mengakibatkan orang yang mempunyai kolesterol tinggi sering merasa pusing.

  1. Pegal pada tengkuk dan pundak

Pegal pada tengkuk dan pundak juga merupakan ciri-ciri kolesterol tinggi yang sangat khas. Terjadinya hambatan pada sistem pembuluh darah mudah dirasakan dampaknya yaitu rasa tidak nyaman pada area tengkuk dan pundak. Tengkuk biasanya akan terasa tegang/kencang, dan pundak terasa pegal. Pada aktifitas yang ringan pun biasanya gejala tersebut sudah sering terasa. Apalagi jika ditambah melakukan aktifitas yang cukup berat maupun ketika makan makanan yang berlemak tinggi, maka gejala yang dialami dapat bertambah berat.

  1. Mudah capek dan mengantuk

Ciri-ciri kolesterol tinggi berikutnya yaitu mudah capek dan mengantuk. Orang yang kadar kolesterol dalam darahnya tinggi biasanya sering merasa lemah, letih, dan lesu. Terhambatnya aliran darah yang membawa pasokan nutrisi ke seluruh tubuh, membuat kinerja berbagai jaringan dan organ tubuh menjadi kurang optimal, sehingga badan akan terasa mudah capek. Dan kadar kolesterol yang tinggi juga dapat menghambat oksigen yang dibawa oleh darah menuju ke otak yang membuat seseorang menjadi mudah mengantuk. Keadaan ini tentunya dapat menurunkan semangat dan produktifitas kerja penderitanya.

  1. Kaki sering kesemutan

Mungkin Anda sering merasakan kaki Anda terasa kebas atau kesemutan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini jangan dianggap remeh, sebab bisa jadi merupakan ciri-ciri kolesterol tinggi. Pada penderita kolesterol tinggi, kaki merupakan area yang paling sering mengalami kesemutan sebab letaknya yang paling jauh dengan pusat pemompa darah/jantung sehingga cepat merasakan dampaknya jika aliran darahnya terhambat akibat kolesterol. Ditambah lagi kaki merupakan anggota tubuh yang menyokong berat seluruh badan. Rasa kesemutan ini mudah dirasakan sehabis duduk maupun pada waktu bangun tidur.

  1. Jantung berdebar

Jantung yang berdebar juga merupakan salah satu dari ciri-ciri kolesterol tinggi. Adanya sumbatan pada pembuluh darah, sudah pasti akan memberatkan kinerja jantung. Jantung yang susah payah memompa darah ini akan menimbulkan manifestasi berupa detak yang lebih cepat dan keras atau berdebar-debar. Kadar kolesterol yang tinggi sangat berbahaya bagi jantung. Kasus yang paling sering terjadi yaitu penyumbatan pada arteri koronaria yang menuju ke jantung atau sering disebut dengan istilah jantung koroner.

Penyakit jantung koroner merupakan pembunuh nomor satu di Indonesia. Selain penyakit jantung koroner, kerja jantung yang berat akibat terhambat oleh timbunan kolesterol lama kelamaan dapat mengakibatkan jantung menjadi kepayahan/kelelahan sehingga berakibat pada terjadinya gagal jantung. Gejala jantung berdebar ini sering dirasakan terutama ketika melakukan aktifitas yang cukup berat maupun ketika seseorang memiliki beban pikiran yang berat.

Berbagai Cara Menurunkan Kolesterol

Setelah Anda mengetahui ciri-ciri kolesterol tinggi seperti yang telah dipaparkan di atas, maka Anda dapat melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut ini merupakan cara menurunkan kolesterol yang aman bagi kesehatan:

  1. Mengkonsumsi makanan alami penurun kolesterol

Dari berbagai penelitian, ada banyak makanan yang dapat Anda konsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Makanan yang berkhasiat sebagai penurun kolesterol tersebut antara lain yaitu jeruk lemon, bawang putih, tomat, anggur merah, kacang panjang, kacang almond, teh hitam, alpukat, buah zaitun, brokoli, dan buah kersen.

  1. Mengurangi makanan berlemak

Makanan berlemak merupakan sumber utama dari penumpukan kolesterol dalam darah. Oleh karena itu Anda harus mengurangi makanan yang banyak mengandung lemak, seperti daging-dagingan, makanan yang digoreng, jerohan, makanan bersantan, maupun makanan cepat saji.

  1. Olahraga secara teratur

Latihan fisik atau olahraga merupakan cara menurunkan kolesterol yang sangat efektif. Anda dapat memilih berbagai olahraga yang cocok dengan selera Anda, seperti jalan kaki, joging, renang, bersepeda, senam, dan sebagainya. Luangkan waktu sekitar 30 menit per hari untuk melakukan olahraga walaupun Anda disibukkan oleh aktifitas rutin harian yang padat. Sesuaikan olahraga dengan kemampuan dan kesenangan Anda, sehingga aktifitas olahraga menjadi sesuatu yang enjoy tanpa ada rasa terbebani untuk melakukannya.

  1. Banyak makan buah dan sayur

Banyak makan buah-buahan dan sayur juga dapat berperan untuk menurunkan kolesterol. Buah dan sayur mempunyai fungsi memperlancar metabolisme tubuh dan memiliki kandungan serat yang tinggi. Dengan makan buah dan sayur juga akan memperlancar peredaran darah dan tubuh akan selalu segar. Buah dan sayur juga merupakan makanan yang lebih mudah dicerna oleh tubuh daripada makanan yang bersumber dari hewani. Bahkan jika Anda ingin bebas dari ancaman kolesterol tinggi, Anda dapat menjadi seorang vegetarian di mana menjadikan makanan bersumber dari nabati sebagai makanan pokok keseharian Anda.

  1. Hindari stres dan istirahat yang cukup

Kenaikan kolesterol juga dapat dipicu oleh stres. Sebab stres akan mengakibatkan peredaran darah tidak lancar dan metabolisme tubuh terhambat. Apalagi ditambah dengan aktifitas kerja yang menumpuk yang seakan tiada habisnya. Oleh karena itu buatlah pikiran Anda senyaman mungkin dan lakukan istirahat/tidur yang cukup.

  1. Berkonsultasi ke dokter

Jika Anda mengalami gejala atau ciri-ciri kolesterol tinggi, akan lebih aman dan terhindar dari komplikasi yang lebih parah, Anda dapat berkonsultasi ke dokter atau fasilitas layanan kesehatan terdekat. Jika dalam pemeriksaan mengarah kepada kolesterol tinggi, dokter biasanya akan memastikan kadar kolesterol dalam darah Anda, baik kolesterol total, HDL, LDL, maupun trigliserid, serta memberikan resep obat sesuai dosis yang ditentukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *