invisible hit counter

Follow US

Ketahui Banyak Manfaat Beras Merah untuk Diet

Ketahui Banyak Manfaat Beras Merah untuk DietSukeskan program Anda untuk mengadopsi gaya hidup sehat dengan mengenal lebih banyak manfaat beras merah untuk diet. Ya, beras merah cukup terkenal di kalangan masyarakat sebagai pengganti nasi putih untuk menu diet. Meski demikian, masih banyak yang tetap menyajikan nasi putih sebagai menu utama makanan mereka. Alasannya beragam, entah tidak suka dengan rasa beras merah, tidak tau cara memasaknya atau pun mungkin juga belum mengetahui manfaat beras merah secara keseluruhan.

Manfaat Beras Merah untuk Diet Terutama Sebagai Pengganti Nasi Putih

Beras merah merupakan makanan yang mengandung banyak manfaat. Banyak saran dari para ahli yang mengatakan bahwa beras merah merupakan alternatif yang baik untuk mengganti nasi putih yang biasa dikonsumsi sehari – hari. Saran ini terutama dapat diadopsi dalam usaha Anda untuk mencapai berat badan ideal. Pernyataan ini tidak salah karena beras merah memang merupakan makanan yang cocok untuk diet.

Beberapa manfaat beras merah untuk diet dan membantu menjaga berat badan ideal:

  • Serat

Manfaat beras merah untuk diet terutama karena beras merah mengandung banyak sekali serat. Dalam pengolahannya, kulit ari yang membungkus beras tidak dibuang sehingga ini akan menyumbang kandungan serat pada beras merah. Keadaan ini membuat beras merah menjadi alternatif yang lebih baik daripada nasi putih yang kulitnya sudah dibuang. Serat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, mencegah kanker usus besar serta menstabilkan kadar gula darah sehabis makan. Kalori yang diperlukan untuk mencerna serat pun lebih banyak sehingga baik untuk diet.

  • Efek Mengenyangkan

Kandungan serat dalam beras merah yang cukup tinggi membuat makanan ini mempunyai efek mengenyangkan yang lebih lama. Serat merupakan suatu karbohidrat kompleks dimana dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Karena alasan tersebut, beras merah lebih lama berada di lambung dan saluran pencernaan sehingga akan menimbulkan efek mengenyangkan yang lebih lama ketimbang nasi putih. Penelitian di Inggris menyebutkan bahwa manfaat beras merah untuk diet adalah membuat tubuh merasa kenyang lebih lama bahkan hingga berjam-jam. Efek mengenyangkan ini dapat membantu Anda yang sedang diet untuk tetap menjaga nafsu makan.

  • Kalori Beras Merah

Hal yang penting untuk diet adalah mengetahui jumlah kalori yang Anda konsumsi. Kalori yang lebih sedikit tentu akan sangat membantu program diet Anda. Beras merah yang telah dimasak mengandung 110 kalori per 100 gramnya. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan kalori nasi putih sebesar 129 kalori per 100 gramnya. Selisih ini memang tidak terllihat banyak dalam 100 gram, namun bila digandakan, perbedaan kalori antara nasi putih dan beras merah menjadi cukup signifikan. Maka kalori yang lebih sedikit merupakan manfaat beras merah untuk diet yang penting.

  • Indeks Glikemik

Indkes glikemik merupakan suatu indeks kecepatan pemecahan makanan dalam tubuh dan gulanya diserap oleh tubuh. Beras merah merupakan makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Ini berarti dibutuhkan waktu yang lebih lama bagi gula yang terkandung di beras merah untuk diserap oleh usus dan beredar di peredaran darah. Keadaan ini akan membuat gula darah tetap stabil sehingga perut tidak akan cepat merasa lapar. Sebaliknya, makanan dengan indeks glikemik yang tinggi akan membuat tubuh cepat kenyang namun cepat lapar kembali dan dapat menaikkan kadar gula dalam darah dengan cepat.

  • Kolesterol

Serat yang terkandung di dalam beras merah dapat membantu tubuh menurunkan kolesterol dalam darah. Beras merah juga mengandung suatu kandungan minyak yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Sebaliknya, konsumsi nasi putih yang terlalu banyak dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Maka konsumsi beras merah sangat dianjurkan untuk diet dan pola hidup yang lebih sehat.

  • Vitamin dan Mineral

Beras merah mengandung banyak sekali nutrisi di dalamnya. Zat berguna yang terkandung di dalamnya adalah zat besi, zinc, selenium dan polifenol. Zat besi merupakan suatu zat yang berguna untuk pembentukan darah merah, melindungi tubuh dari radikal bebas dan membantu tubuh memakai energi dengan optimal. Zinc pun berguna sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain mineral, beras merah juga mengandung niasin, thiamin dan vitamin B6 yang berguna untuk saraf, enzim dalam tubuh dan produksi sel. Vitamin yang terkandung di beras merah juga membantu meregulasi hormon sehingga membuat tubuh merasa lebih puas sehingga dapat menekan nafsu makan.

  • Antioksidan

Radikal bebas tercipta di dalam tubuh karena berbagai alasan, termasuk bila tubuh melakukan olahraga yang keras. Tubuh yang dipenuhi oleh radikal bebas merupakan tubuh yang rentan terhadap berbagai penyakit misalnya kanker dan penyakit imunitas. Beras merah mempunyai banyak kandungan antioksidan yang bertujuan melindungi tubuh dari efek langsung yang ditimbulkan oleh radikal bebas tersebut.

Pelajari Cara Memasak Beras Merah untuk Diet

Salah satu alasan nasi putih tetap menjadi konsumsi utama masyarakat Indonesia adalah sulitnya memasak beras merah menjadi enak dan pulen. Memasak beras merah dan nasi putih memang merupakan 2 hal yang berbeda namun bila mengetahui caranya, rasa dan tekstur beras merah dapat seenak nasi putih.

Cara pertama memasak beras merah untuk diet adalah dengan memakai dandang. Pertama, cuci beras merah hingga bersih. Beras merah yang telah dicuci direndam di air bersih selama 15 – 20 menit. Selagi menunggu proses perendaman, panaskan sejumlah air hingga mendidih. Masukkan beras merah yang telah direndam ke air mendidih, masak hingga air habis lalu matikan api. Siapkan dandang di atas kompor, lalu masukkan beras merah yang setengah matang tadi. Bila perlu dapat menaburkan sedikit garam. Masak hingga matang. Cara memasak dengan dandang memang lebih ribet namun akan menghasilkan rasa yang paling enak.

Cara kedua memasak beras merah untuk diet adalah dengan memakai rice cooker. Metode ini terbilang lebih mudah dibandingkan memasak dengan dandang namun tetap dapat memberikan hasil akhir yang memuaskan. Cuci beras merah dengan air mengalir. Setelah bersih, tambahkan air dengan perbandingan air dan beras 3:1. Masukkan ke dalam rice cooker yang menyala selama 30 menit. Setelah hangat, tambah sedikit garam lalu aduk – aduk. Terakhir, barulah Anda menekan tombol ‘cook’ dan tunggu beras merah hingga matang.

 

Nasi putih merupakan makanan yang penting bagi orang Indonesia, tak terkecuali bagi mereka yang berupaya mencapai berat badan ideal. Namun setelah melihat banyak manfat beras merah untuk diet, tentunya Anda kini tergoda mengganti nasi putih dalam keseharian Anda dengan beras merah. Cobalah mengkonsumsi beras merah sebagai pengganti makanan pokok Anda dan rasakan manfaatnya dalam kehidupan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *