invisible hit counter

Follow US

Kenali Ciri-Ciri Radang Tenggorokan dan Berbagai Faktor Penyebabnya

Kenali Ciri-Ciri Radang Tenggorokan dan Berbagai Faktor PenyebabnyaMengenali ciri-ciri radang tenggorokan pastinya lebih mudah ketimbang mengenali gejala penyakit kanker. Dengan mengenali gejala atau ciri-cirinya sejak dini, Anda dapat segera melakukan pengobatan sebelum bertambah parah dan semakin mengganggu. Radang tenggorokan termasuk penyakit yang tidak berbahaya, namun tentunya akan mengganggu bila dibiarkan berlarut-larut. Penyakit ini kadang juga akan sembuh dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan. Radang tenggorokan yang tidak sembuh-sembuh biasanya berhubungan dengan penyakit lain, seperti asam lambung naik, alergi, cedera pada tenggorokan, daya tahan tubuh menurun, dan bisa juga karena kualitas udara pernafasan yang buruk. Radang tenggorokan yang tidak segera sembuh perlu diwaspadai, karena selain bisa merupakan gejala suatu penyakit lain, radang biasa pun jika dibiarkan terus-menerus dapat memicu munculnya penyakit lain.

Ciri-Ciri Radang Tenggorokan yang Mudah Dikenali

Jika Anda bisa mengenali ciri radang tenggorokan sejak awal, tentunya Anda bisa melakukan perawatan sejak dini, misalnya dengan mengonsumsi obat herbal atau dengan beristirahat yang cukup. Mengenali ciri-ciri radang tenggorokan cukup mudah, inilah beberapa diantaranya, urut dari ciri-ciri paling ringan.

  1. Tenggorokan kering, gatal, dan pedih

Inilah ciri-ciri pertama yang muncul, gejalanya cukup ringan. Pada tahap awal ini radang tenggorokan biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Jika radang tenggorokan berlanjut, rasa kering, gatal, dan pedih ini akan semakin terasa. Mungkin Anda bisa mengatasinya dengan minum air putih, tapi beberapa saat kemudian Anda biasanya akan kembali merasakan tenggorokan kering. Selain itu tenggorokan juga terasa agak nyeri. Coba minum air putih hangat untuk meredakan peradangan sementara. Setelah itu konsumsi makanan bernutrisi dan juga suplemen kesehatan untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

  1. Sakit Saat Menelan

Ciri-ciri radang tenggorokan berikutnya adalah sakit saat menelan, baik saat makan ataupun minum. Bahkan yang sangat menyebalkan untuk menelan ludah pun rasanya sakit. Ini adalah gejala awal yang biasanya mulai dirasakan beberapa hari atau beberapa jam menjelang radang tenggorokan semakin parah. Maka dari itu jika Anda sudah mulai merasakan gejala yang satu ini hendaknya sakit tenggorokan Anda tidak dianggap sebagai masalah sepele lagi.

  1. Kelenjar Getah bening Membengkak

Secara fisik, Anda juga bisa mengenali ciri-ciri radang tenggorokan dengan mudah. Baik pada orang dewasa ataupun pada anak, saat mulai terkena infeksi penyebab radang, kelenjar getah bening biasanya akan membengkak. Posisi kelenjar getah bening ini ada di bagian pangkal atas leher. Anda bisa merasakannya sendiri gejala ini dengan jari-jari Anda. Sentuh bagian pangkal atas leher Anda di kanan dan kiri. Jika agak membengkak dan tenggorokan Anda terasa tidak nyaman, itu mengindikasikan Anda mengalami radang.

  1. Pangkal Tenggorokan Memerah

Selain kelenjar getah bening yang membengkak, ciri fisik lain yang bisa Anda lihat adalah pangkal tenggorokan yang memerah. Cara melihatnya adalah dengan membuka mulut Anda lebar-lebar, dan lihat bagian pangkal tenggorokan Anda. Bukan hanya memerah, tapi biasanya akan muncul bercak-bercak putih yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Gejala ini biasanya juga terlihat di area amandel. Kondisi seperti itu mengindikasikan ciri-ciri radang tenggorokan. Untuk ciri yang ini mungkin agak sulit dikenali oleh orang awam karena tidak terbiasa.

Di atas telah dibahas beberapa ciri-ciri radang tenggorokan, di halaman 2 masih ada lagi ciri-ciri yang muncul saat radang ini telah bertambah parah. Ketahui juga apa saja penyebab radang tenggorokan ini di halaman 2.

1 2Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *