invisible hit counter

Follow US

Jenis Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda dan Beberapa Pantangannya

Jenis Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda dan Beberapa PantangannyaSaat baru saja mengandung, makanan yang baik untuk ibu hamil muda menjadi salah satu asupan utama yang tidak boleh diabaikan. Paslanya ketika seorang wanita sedang hamil, maka asupan yang harus dipenuhi setiap harinya bukan hanya untuk satu orang saja. Akan tetapi nutrisi dan gizi yang masuk ke dalam tubuh juga harus memenuhi asupan janin yang ada dalam kandungan. Selain itu selama trimester pertama kehamilan atau saat usia kehamilan masih 1-3 bulan, banyak sekali gejala-gejala yang dirasakan oleh sang ibu.

Oleh karena itu diperlukan makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan untuk bisa mengatasi berbagai gejala kehamilan yang mengganggu. Misalnya gejala morning sickness, atau gejala mual dan hamil yang biasa terjadi di pagi hari. Bahkan gejala tersebut bisa terjadi sepanjang hari. Jika demikian, pasti aktivitas sehari-hari ibu hamil akan sangat terganggu. Oleh karena itu diperlukan makanan-makanan tertentu yang bisa mengatasi gejala tersebut. Lalu makanan apa saja yang cocok untuk ibu yang sedang hamil muda?

Panduan Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda di Trimester Pertama

Pada masa trimester pertama kehamilan, seorang wanita hamil membutuhkan asupan vitamin dan gizi yang cukup. Tujuannya adalah supaya janin bisa berkembang dengan baik dan kesehatan sang ibu pun tetap terjaga. Banyak orang yang mengatakan bahwa seorang ibu hamil harus mengonsumsi makanan lebih dari biasanya, karena sedang “berbadan dua”. Akan tetapi bukan seperti itulah teori yang benar. Memang benar harus lebih banyak, akan tetapi yang diperbanyak adalah gizi dan nutrisinya, bukan porsinya. Dan berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang baik untuk ibu hamil muda.

  1. Sereal

Makanan sehat yang pertama untuk ibu hamil muda adalah sereal. Bagi seorang ibu hamil muda, pagi hari adalah waktu yang paling rawan mengalami mual, muntah bahkan kehilangan napsu makan. Oleh karena itu Anda bisa mencoba sereal sebagai menu sarapan Anda. Di mana sereal merupakan makanan yang memiliki kandungan mineral, vitamin B, karbohidrat, kalsium yang tinggi. Nutrisi dan gizi tersebut sangat penting bagi pertumbuhan janin dan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian ibu hamil.

  1. Produk Olahan Susu

Susu merupakan salah satu makanan penting bagi ibu hamil, apalagi saat usia kehamilannya masih dalam trimester pertama. Makanan yang baik untuk ibu hamil muda ini berfungsi untuk mendukung pertumbuhan janin di dalam kandungan. Susu merupakan salah satu sumber protein, mineral dan vitamin D yang tinggi. Kandungan yang ada di dalam susu tersebut berkhasiat untuk menunjang tumbuh kembang janin dan untuk menjaga kondisi sang ibu selama hamil. Anda bisa mengonsumsi susu atau produk olahan susu lainnya seperti keju, yogurt, dan sebagainya.

  1. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran juga tidak kalah pentingnya dikonsumsi oleh ibu hamil. Saat sedang mengandung, seorang ibu membutuhkan makanan yang baik untuk ibu hamil muda, terutama yang tinggi akan vitamin C. Anda bisa mengonsumsi berbagai macam buah yang mengandung vitamin C dalam bentuk jus. Zat besi yang terkandung dalam sayuran hijau pun juga sangat penting bagi ibu hamil. Fungsinya adalha untuk meningkatkan produksi HB dan memberikan energi tambahan bagi sang ibu.

  1. Ikan

Makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan lainnya adalah ikan. Apakah semua ikan? Seorang ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi ikan karena mengandung protein tinggi dan asam lemak omega 3. Kandungan tersebut bermanfaat dalam perkembangan otak janin. Namun ternyata beberapa jenis ikan juga bisa mengganggu masa kehamilan. Anda juga harus menghindari konsumsi ikan mentah, misalnya seperti makanan-makanan khas Jepang.

  1. Kacang-Kacangan

Menu makanan yang baik untuk ibu hamil muda selanjutnya adalah kacang-kacangan. Jenis makanan yang diketahui mengandung asam folat dan vitamin B yang cukup tingi. Asam folat sendiri sangat bermanfaat oleh perkembangan janin, terutama dalam perkembangan sistem sarafnya. Bukan hanya untuk itu, karena sang ibu pun akan merasakan khasiat positifnya. Asam folat dan vitamin B bisa menjaga sistem kekebalan tubuh ibu selama hamil muda. Contoh kacang-kacangan yang baik adalah seperti kacang hijau.

  1. Air Putih

Selama masa kehamilan muda, Usahakan supaya Anda selalu mengonsumsi air putih secara cukup. Orang yang sedang tidak hamil pun selalu disarankan untuk minum air putih secukupnya. Apalagi bagi seorang ibu hamil? Makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan memang penting, tetapi bukan berarti minumannya bisa sembarangan. Mengonsumsi air putih sangat berkhasiat untuk melancarkan sistem metabolisme di dalam tubuh. Namun ingat, minumlah air putih tanpa tambahan gula, sari buah, sirup, dan sejenisnya.

Pantangan Makanan untuk Ibu yang Sedang Hamil Muda

Selain beberapa jenis makanan yang baik untuk ibu hamil muda tadi, ada juga beberapa makanan yang sebaiknya jangan dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Pasalnya memang ada beberapa jenis kandungan dalam makanan yang bisa memberikan dampak negatif pada ibu hamil apabila tetap dikonsumsi. Jenis makanan apa sajakah itu?

Yang paling penting untuk tidak dikonsumsi oleh ibu hamil muda adalah makanan mentah atau yang setengah matang. Jenis makanan seperti itu ternyata mengandung risiko untuk sang ibu dan kandungannya. Bahan pangan yang mentah atau belum matang sepenuhnya berpotensi tercemar kuman penyebab penyakit. Boleh saja mengonsumsi daging, seperti daging sapi, unggas ataupun ikan, namun saat dimasak usahakan dimasak sampai benar-benar matang. Contoh makanan yang tidak matang misalnya sushi, sashimi, kerang mentah, daging setengah matang, mayonnaise segar yang terbuat dari telur mentah, dan sebagainya. Meskipun nikmat, tapi usahakan lebih utamakan kesehatan Anda dan janin di dalam kandungan.

Pantangan selanjutnya untuk para ibu hamil muda adalah seafood. Ada apa dengan seafood atau makanan laut? Bukankah jenis ikan-ikanan atau seafood merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil muda karena kandungan nutrisinya? Benar, akan tetapi Anda harus berhati-hati dengan jenis seafood yang mengandung logam merkuri berkadar tinggi. Pasalnya kandungan logam merkuri tersebut justru bisa menghambat pertumbuhan janin di kandungan. Jika Anda ingin mengonsumsi seafood, cobalah makan ikan salmon segar, udang, ikan kakap yang dimasak secara matang. Selain itu Anda juga dianjurkan mengonsumsi ikan dengan jumlah maksimal 340 gram per minggu.

Itu tadi adalah beberapa contoh makanan yang baik untuk ibu hamil muda dan beberapa jenis makanan lain yang memang menjadi pantangan. Dan ketika sedang hamil, usahakan untuk selalu mengatur pola makan Anda. Mulai dari sarapan di pagi hari, makan siang dan makan malam. Kesimpulannya, selama masa kehamilan terutama saat hamil muda, seorang wanita disarankan untuk meningkatkan asupan nutrisi dan gizi harian. Demikian artikel kali ini, semoga menambah wawasan dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *